10 Pantai Eksotis di Jawa Timur Yang Banyak Dikunjungi Wisatawan

Google Adsense Here

10 Pantai Eksotis di Jawa Timur Yang Banyak Dikunjungi Wisatawan, – Jawa Timur merupakan sebuah provinsi yang memliki destinasi wisata yang tak kalah dengan provinsi yang lainnya. Tiap tahun wisata Jawa Timur banyak dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Jawa Timur terkenal mulai dari keindahan Gunung Bromo yang sudah mendunia, Ranu Kumbolo, Jatim Park, Museum Angkut, dan masih banyak tempat wisata lainnya yang mampu ditemukan di sini. Tidak heran kini Jawa Timur banyak menarik perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara.

 10 Pantai di Jawa Timur Paling Indah dan Eksotis

Jawa Timur juga memiliki pantai-pantai yang eksotis dan menyegarkan mata. Pantai-pantai tersebut tersebar di kota Malang, Jember, Banyuwangi, dan kota lainnya di Jawa Timur. Diantara pantai-pantai ini masih ada pantai di jawa timur yang belum terjamah sehingga jarang dikunjungi wisatawan. Anda diperlukan tidak mencemari lingkungan dengan tidak membuang sampah secara sembarangan ataupun juga tidak merusak ekosistem yang ada di pantai tersebut. Berikut ialah 10 Pantai Eksotis di Jawa Timur Yang Banyak Dikunjungi Wisatawan.

Google Adsense Here

1.    Pulau Merah di Banyuwangi



Wisata Pantai Pulau Merah terletak di desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Waktu yang Anda butuhkan untuk menuju pantai ini sekitar tiga jam dari sentra kota Banyuwangi. Pemandangan ketika matahari mulai terbenam dan langit berkembang menjadi jingga tidak boleh Anda lewatkan. Pantai Pulau Merah dijuluki sebagai Kuta-nya Jawa Timur dan banyak yang berpendapat jikalau pantai ini memiliki ciri mirip kebanyakan pantai di Brazil.

Anda mampu duduk bersantai menikmati pemandangan pantai. Selain itu, Anda juga mampu berselancar alasannya ialah pantai ini telah menjadi tempat untuk tujuan selancar yang berkelas dunia di Jawa. Kondisi ombak di pantai ini mencapai ketinggian 4 hingga 5 meter yang sangat cocok bagi peselancar dari banyak sekali tingkatan. Anda hanya cukup membayar 25.000 – 50.000 rupiah untuk menyewa papan selancar yang sudah disediakan pihak pengelola.

2.    Teluk Ijo (Green Bay) di Banyuwangi

Lokasi pantai yang lebih dikenal sebagai Green Bay-nya Banyuwangi ini tepatnya di desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Anda mampu mengambil jalur ke arah selatan sejauh kurang lebih 90 km dari sentra kota Banyuwangi. Pantai ini semakin istimewa dengan lembut pasirnya yang putih, air laut jernih berwarna toska dan ada juga penderasan yang tingginya mencapai 8 meter.
Anda harus tracking menyusuri jalan setapak kurang lebih sejauh 2 km untuk hingga ke pantai ini. Di beberapa bab jalan telah disediakan tali tambang yang memudahkan pengunjung untuk meniti jalan. Anda disarankan untuk berkemping semalam di sini alasannya ialah karena perjalanannya cukup melelahkan. Disana, Anda mampu bersantai menikmati jernihnya air, berbasah-basah di penderasan ataupun memancing ikan dan udang.

3.    Pantai G Land di Banyuwangi

Pantai Plengkung ialah nama Jawa dari G Land ini yang merupakan pantai tersohor di kota Banyuwangi. Wisata Pantai G Land atau Pantai Plengkung ini sering disebut dengan nama The Seven Giant Waves Wonder. Hal ini dikarenakan ketinggian ombak di G Land mencapai 4 hingga 6 meter sepanjang 2 km dengan formasi gelombang bersusun. Keindahan dan keganasan ombak dikatakan sekelas Hawai yang membuat para surfer dari seluruh dunia tertarik dan berbondong-bondong datang ke pantai ini.

Bulan April hingga September merupakan waktu terbaik untuk melaksanakan surfing di pantai ini. Para pecinta olahraga surfing mampu menikmati surfing yang berlatar pemandangan alami dari hijaunya hutan. Hamparan pantai berpasir diselimuti daerah hutan yang masih sangat alami, dan tempat masih dalam wilayah Taman Nasional Alas Purwo, sehingga Anda akan mencicipi segarnya udara yang menyegarkan pikiran.

4.    Pantai Banyu Tibo di Pacitan

Pantai Banyu Tibo terletak di desa Widoro, kecamatan Donorojo. Wisata Pantai di Jawa Timur ini disebut sebagai Banyu Tibo yang diambil dari bahasa Jawa dan memiliki arti air yang jatuh. Dan penderasan yang terdapat di Pantai Banyu Tibo ini sumbernya ialah sungai kecil yang mengalir di atas tebing dan anutan air sungai inilah yang terjun ke laut sehingga menyatu dengan ombak di sebuah teluk kecil. Air sungai ini sangat jernih dan tidak pernah kering ketika demam isu kemarau.

5.    Pantai Klayar di Pacitan

Lokasi pantai Klayar kurang lebih sekitar 35 km perjalanan ke arah barat kota Pacitan dan tepatnya terletak di kecamatan Donorojo. Anda membutuhkan waktu perjalanan sekitar satu jam untuk hingga di pantai ini dengan melalui jalanan yang cukup sulit.

Pantai Klayar merupakan salah satu objek wisata unggulan di Pacitan. Warna pasirnya seputih susu dan yang istimewa di sini terdapat kerikil karang yang berbentuk mirip Spinx juga air mancur alami yang tingginya mencapai 10 meter. Anda akan jatuh cinta dengan gradasi warna air laut dari biru hingga hijau toska yang dipadukan dengan putihnya pasir pantai ini. Selain itu, kokohnya kerikil karang yang menjorok seakan membuatnya hampir sama dengan Tanah Lot Bali.

6.    Pantai Buyutan di Pacitan

Lokasi pantai Buyutan ini tidak jauh dari pantai Klayar dan tepatnya terletak di kecamatan Donorojo, Pacitan. Dari kota pacitan harus menempuh jarak sekitar 44 kilo meter dan ini hanya dapat dicapai menggunakan kendaraan langsung alasannya ialah belum tersedia angkutan umum yang beroperasi di sekitar pantai ini. Kondisi pantai Buyutan sangat bersih dan terlihat keindahan pasir pantai yang seputih susu, alasannya ialah belum banyak wisatawan yang berkunjung.

7.    Pulau Sempu di Malang

Pulau Sempu berada di bawah lindungan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA). Pulau kecil ini masih berada dalam satu lokasi dengan Pantai Sendang Biru, lebih tepat terletak di Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Kota Malang. Diresmikan semenjak tahun 1928 , Pulau Sempu telah dijadikan sebagai cagar alam yang mempunyai banyak sekali macam ekosistem mirip hutan pantai, hutan bakau, dan hutan tropis dataran rendah.

Banyak pecinta alam yang mengunjungi Pantai Sendang Biru untuk melaksanakan kamping di Pulau Sempu dengan menyeberanginya menggunakan perahu para nelayan. Pulau Sempu semakin istimewa alasannya ialah memiliki laguna Segara Anakan yang terdapat di dalam pulau dan Anda membutuhkan sekitar dua jam untuk mencapainya dengan harus melaksanakan tracking melalui hutan juga jalan yang curam.
Anda mampu melihat pasir putih yang berbalut birunya air laut sangat jernih disana dan tidak ketinggalan juga pemandangan karang yang melindungi Segara Anakan. Selain itu, Anda aman berenang disana alasannya ialah air lautnya sangat tenang. Pengunjung diperlukan tidak membuang sampang dan merusak ekosistem yang ada demi menjaga keindahan pulau ini.

8.    Pantai Gua Cina di Malang

Pantai Gua Cina masih tergolong sabagai pantai yang alami dan berlokasi di desa Sitiarjo, kecamatan Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang. Anda harus membawa kendaraan langsung untuk hingga ke pantai ini dan cukup membayar 4.000 rupiah per orang untuk masuk ke tempat wisata pantai di Jawa Timur ini.

Pantai ini memiliki ciri yang sangat khas yaitu mempunyai tiga buah pulau yang terletak di tengah pantai, yaitu Pulau Bantengan, Pulau Gua Cina dan Pulau Nyonya. Faslitas yang ada disana meliputi warung makan, toilet, tempat mandi, dan mushola sudah tersedia. Anda diperlukan berhati-hati untuk mencapai bibir pantai alasannya ialah ombak eksotisnya cukup besar. Ketika air pantai telah surut, Anda mampu menyeberang ke satu dari beberapa pulau yang terletak di tengah-tengah pantai hanya dengan berjalan kaki. Anda juga mampu mencicipi sensasi tidur di pasir yang sangat putih dan lembut sambil menikmati keindahan birunya laut.

9.    Pantai Tiga Warna di Malang

Pantai Tiga Warna masih tergolong sebagai pantai gres di daerah Malang alasannya ialah gres diresmikan sebagai tempat wisata di pertengahan tahun 2014 . Lokasi pantai ini masih dalam satu daerah dengan pantai Sendang Biru dan tepatnya di desa Tambakrejo, Kabupaten Malang. Akses jalan dan transportasi umum terbilang belum sempurna, sehingga disarankan untuk membawa kendaraan pribadi. Anda hanya cukup membayar 6.000 rupiah per orang untuk menikmati keindahan pantai ini, tetapi harus menyewa guide untuk hingga kesana.

Snorkeling merupakan salah satu acara yang mampu dilakukan di pantai ini. Anda hanya membayar 15.000 rupiah saja per orang untuk menyewa peralatan snorkeling. Banyaknya terumbu karang alami masih mendiami laut pantai ini, alasannya ialah dijadikan lokasi konservasi terumbu karang.

10.    Pantai Papuma di Jember

Letak pantai Papuma tepatnya di desa Lojejer, masuk wilayah Kecamatan Wuluhan, Jember. Perjalanan yang harus ditempuh dari kota Jember mampu memakan waktu yang cukup lama untuk hingga ke pantai ini, sehingga disarankan untuk menginap semalam di sana. Anda tidak perlu khawatir alasannya ialah pihak pengelola telah menyediakan beberapa penginapan dan cottage yang harganya cukup terjangkau, sekitar 150.000 – 450.000 rupiah per malamnya. Harga tiket masuk ke pantai cukup membayar sekitar 5.000 hingga 7.000 rupiah.

Pantai ini sering dijadikan sebagai landscape oleh para fotografer dari banyak sekali kota ataupun lokasi foto prewedding.Pemandangan pantai Papuma sangat mengagumkan dan dilengkapi dengan perpaduan antara pasir putih serta kerikil karangnya yang menyebar di tepi pantai. Tujuh karang besar yang menjulang di pantai merupakan salah satu ciri khas dari Pantai Papuma. Ukuran karang-karangnya besar yang membuatnya terlihat mirip sebuah pulau. Ketujuh karang tersebut memiliki nama yang berbeda-beda. Anda mampu mencicipi sensasi terpaan ombak dari atas karang.

Demikian tadi 10 Pantai Eksotis di Jawa Timur Yang Banyak Dikunjungi Wisatawan. Tentunya masih banyak sekali tempat wisata pantai di Jawa Timur yang tidak mampu kami sebutkan satu-persatu.

Google Adsense Here