12 Tempat Wisata Daerah Jawa Barat Yang Perlu Dikunjungi

Google Adsense Here

12 Tempat Wisata Daerah Jawa Barat Yang Perlu Dikunjungi, – Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang terletak di Pulau Jawa bab barat dan beribu kota di Bandung. Nama Provinsi Jawa Barat sempat diusulkan untuk diganti menjadi “Provinsi Pasundan” oleh Soeria Kartalegawa pada tahun 1947. Nama Pasundan merujuk pada banyaknya penduduk asli yang dari Suku Sunda di Jawa Barat. Namun ihwal penggantian ini mendapat penolakan terutama dari tokoh daerah di Cirebon, karena di Jawa Barat tidak hanya Suku Sunda, namun juga ada suku lainnya ibarat Suku Betawi dan Cirebon. Jawa Barat memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat cantik dan sangat layak untuk dikunjungi. Lokasi Provinsi Jawa Barat akrab dengan DKI Jakarta, sehingga pada isu terkini liburan tiba banyak warga Jakarta yang melaksanakan perjalanan menuju Jawa Barat untuk tujuan wisata.

12 Wisata Jawa Barat Unggulan

Berikut kami tampilkan 12 Tempat Wisata Daerah Jawa Barat yang perlu dikunjungi anda bersama keluarga.

Google Adsense Here

1. Pantai Pangandaran


Pernah ke Pantai Pangandaran di Jawa Barat ? Kalau anda belum pernah ke tempat wisata Pantai Pangandaran, maka anda perlu untuk pergi kesana. Panti ini memiliki pemandangan yang sangat bagus. Dengan hamparan pantai yang panjang, ada banyak sekali jenis pemandangan yang ada, dari mulai hamparan pasir putih yang indah, deretan hotel yang bagus, penjual-penjual di sepanjang pantai hingga aktifitas para nelayan yang sedang melaut dapat anda saksikan di Pantai Pangandaran. Alamat lengkap Pantai Pangandaran yaitu di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Dimana Kabupaten Pangandaran merupakan kabupaten gres hasilpemekaran wilayah di Provinsi Jawa Barat.

2. Gunung Tangkuban Perahu


Gunung Tangkuban Perahu sangat identik dengan Kota Bandung Jawa Barat. Gunung Tangkuban Perahu yaitu salah satu gunung yang masih aktif di Indonesia. Saat ini Gunung Tangkuban Perahu menjadi salah satu tujuan tempat wisata yang cantik di Jawa Barat. Di Gunung Tangkuban Perahu pengunjung dapat melihat kawah yang jumlahnya ada 10 buah. Namun diantara kawah Gunung Tangkuban Perahu tersebut ada 3 yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas dan Kawah Domas. Untuk menginjungi kawah tersebut pengunjung dapat menyewa kuda untuk ditunggangi.

3. Kawah Putih


yang ketiga yang ada di jawa Barat yaitu kawah Putih yangada di Gunung Patuha. Kawah Putih memiliki warna yang berubah-ubah apabila terkena sinar matahari. Hal itu menjadi keunikan tersendiri dari tempat wisata ini. Secara umum kawah putih merupakan sebuah kawah berwarna kehijauan dan diselimuti kabut asap tipis serta mengandung sulfur yang sangat kuat. Saking kuatnya kandungan sulfur ini, hingga tidak ada burung yang berpengaruh melintas di atasnya. Dengan keindahan alamnya Tempat Wisata Kawah Putih dijadikan tempat pengambilan gambar Foto Prewedding dan beberapa episode film.

4. Pantai Pelabuhan Ratu


Tempat Wisata Pantai Pelabuhan Ratu terdapat di Kabupaten Sukabumi, atau tepatnya 60 km arah selatan dari Kota Sukabumi. Pantai Pelabuhan Ratu menjadi salah satu daya tarik tempat wisata di Provinsi jawa Barat karena memiliki pemandangan laut yang sangat indah. Pantai Pelabuhan Ratu memiliki beberapa topografi dari mulai pantai yang curam hingga landai, tebing karang yang terjal, ombak laut yang sangat besar, dan dilengkapi dengan hutan cagar alam yang masih asli. Pantai ini memiliki ombak yang sangat besar, karena memang termasuk dalam deretan pantai selatan yang berbatasan pribadi dengan Samudera Hindia. Oleh karena itu bagi wisatawan sangat berbahaya apabila berenang di Pantai Pelabuhan Ratu ini. Ada sebuah mitos tetang Pantai Peabuhan Ratu di Jawa Barat ini, yaitu sebuah misteri yang bekerjasama dengan Ratu Selatan atau Nyi Roro Kidul atau Ratu Kidul. Konon Ratu Kidul ini menyukai warna hijau, sehingga apabila ada pengunjung Pantai Pelabuhan Ratu maka akan terseret ombak.

5. Situ Patengan


Situ Patengan merupakan sebuah tempat wisata yang berada di tempat Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat, Indonesia. Situ Patengan juga sering dikenal dengan nama Situ Patenggang. Situ Patengan ini berupa danau dengan luas sekitar 45.000 ha dan berada di ketinggian 1600 mdpl. Dengan ketinggian ini maka Situ Patengan memiliki udara yang sangat sejuk. Daya tarik dari Situ Patengan selain pemandangannya yang cantik yaitu pengunjung dapat naik ke perahu dan mengelilingi Situ. Pada ketika mengelilingi Situ ini pengunjung juga diajak berkunjung ke Pulau asmara dan kerikil cinta.

6. Taman Wisata Mekarsari


Taman Wisata Mekarsari merupakan sebuah tempat wisata keluarga yang berlokasi di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasi tempat wisata ini sangat mudah dijangkau karena berdekatan dengan Kota Jakarta, Bogor dan Bekasi. Taman Wisata Mekarsari merupakan salah satu tempat wisata andalan di Jawa Barat. Taman Mekarsari ini yaitu sentra pelstarian keanekaragaman hayati terutama buah-buahan tropika yang terbesar di dunia. Berbagai jenis tanaman buah yang ada dikumpulkan dari banyak sekali daerah di Indonesia.Selain sebagai tempat pelestarian, Mekarsari juga merupakan sebagai tempat penelitian budidaya, pemuliaan dan perbanyakan bibit yang kemudian disebarluaskan ke masyarakat. Pengunjung Taman Mekarsari dapat melihat pribadi banyak sekali jenis tanaman buah tropika dan dapat mencobanya secara pribadi di tempat itu.

7. Kebun Raya Bogor


Kebun Raya Bogor merupakan tempat wisata yang berupa kebun botani tempat melestarikan aneka ragam tumbuhan yang ada di Indonesia. Kebun Raya Bogor ini memiliki luas sekitar 87 ha dan memiliki koleksi pohon dan tumbuhan mencapat 15.000 jenis. Kalau Taman Mekarsari khusus menyimpan kolesi tanaman buah, di Kebun Raya ini lebih banyak berupa pohon dan banyak sekali tanaman di Indonesia. Kebun Raya Bogor ini sering dikunjungi para pengunjung terutaman pada ketika weekend. Selain karena sejarahnya, Kebun Raya Bogor juga memiliki daya tarik lain, yaitu adanya bunga bangkai atau Amorphophalus titanum. Pada ketika berkembang dan mekar bunganya, bunga ini menebarkan amis yang ibarat bangkai. Namun munculnya bunga ini tidak setiap hari, hanya waktu-waktu tertentu saja.

8. Trans Studio Bandung


Trans Studio Bandung menunjukkan banyak sekali macam wahana permainan yang dapat dinikmati oleh anggota keluarga kita. Trans Studio Bandung merupakan sebuah tempat wisata terpadu yang terletak di area Bandung Supermal. Trans Studio Bandung mejadi tempat hiburan terluas dan terlengkap di Bandung yaitu dengan luas sekitar 4,2 ha. Pengunjung dari Trans Studio Bandung ini dari wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara. Trans Studio Bandung telah didukung oleh banyak sekali akomodasi diantaranya : Trans Studio Theme Park: Pusat rekreasi indoor berkelas internasional,  Trans Studio Mall Bandung: Pusat perbelanjaan kelas dunia yang artistik dan nyaman, Mega Tower: Kantor sentra Bank Mega cabang Bandung, The Trans Luxury Hotel – Hotel bintang 6, Ibis Hotel Bandung – Hotel bintang 3 dll. Selain itu juga ada puluhan wahana permainan yang sangat sayang untuk dilewatkan.

9. Taman Bunga Nusantara


Sesuai dengan namanya, tempat wisata yang ada di Cianjur Jawa Barat ini sangat cocok untuk anda yang merupakan penggemar bunga. alamat obyek wisata ini yaitu di Jalan Mariwati Km 7 Desa Kawungluwuk Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur Jawa barat. Taman Bunga Nusantara ini menyimpan banyak sekali koleksi aneka ragam bungan yang didatangkan dari banyak sekali daerah termasuk juga banyak sekali bunga dari luar negeri. Pembangunan Taman Bunga Nusantara sudah dilakukan semenjak tahun 1992. Tempat ini menjadi tempat tujuan wisata yang cukup populer di Jawa Barat.

10. Goa Buniayu


Pernah dengar istilah caving ? Mungkin anda haris mencoba kegiatan yang satu ini. Caving merupakan istilah untuk kegiatan susur gua. Seperti kita ketahui bersama bahwa di Indonesia banyak sekali terdapat gua-gua alam yang didalamnya memiliki pamandangan yang sangat menakjubkan. Di Jawa Tengah ada obyek wisata Gua Gong dimana disana terdapat gua yang didalamnya terdapat stalagtit dan stalagmit yang membentuk gugusan yang sangat indah. Nah, di jawa Barat ternyata juga ada jenis gua ibarat ini. Tempat Wisata untuk menyusuri gua di Jawa Barat yaitu di Gua Buniayu. Gua Buniayu terdapat di Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten  Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Untuk menyusuri Gua Buniayu diharapkan waktu sekitar 4-5 jam. Setelah keluar gua masih harus menempuh perjalanan darat sekitar 26 km dan melewati jalan yang berbukit. Namun pastinya berwisata di Gua Buniayu dan  menyusuri gua pastinya akan meninggalkan kesan yang sangat mendalam.

11. Green Canyon


Tempat wisata Green Canyon yang dimaksud disini yaitu sebuah wisata yang terdapat di Pangandaran Jawa Barat. Di lokasi wisata ini pengunjung dapat melaksanakan rafting ke sungai dan melewati arus sungai yang cukup deras. Selain itu di sepanjang sungai dapat dilihat pemandangan berupa tebing-tebing tinggi yang sangat menawan. Tempat wisata Grand Canyon di Pangandaran ini sudah terkenal di jawa Barat sebagai tempat wisata yang menunjukkan aktifitas outdoor yang penuh dengan petualangan.

12. Pantai Ujung Genteng


Tempat Wisata Pantai Ujung Genteng berlokasi di Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Pantai ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Pantai Ujung Genteng ini mampu dikatakan sebuah tempat wisata yang masih asli dan belum terjamah oleh banyak orang. Namun karena masih belum dilakukan pengembangan, jalan masuk ke lokasi pantai Ujung Genteng masih boleh dikatakan buruk. Pengunjung yang datang pun masih sepi, belum seramai temmpat wisata lain. Namun demikian tak ada salahnya untuk berkunjung ke pantai ini, karena sebagian orang malah ingin menikmati pemandangan alam yang masih sepi, sehingga dapat lebih tenang. Di lokasi tempat wisata ini pengunjung selain menikmati pemandangan yang cantik dapat juga memancing dan melihat penyu hijau di penangkaran penyu di Pangumbahan.

Demikian tadi 12 Tempat Wisata Daerah Jawa Barat Yang Perlu Dikunjungi. Tak lengkap rasanya jikalau hanya mengunjungi 12 tempat wisata diatas, karena di Jawa Barat ini banyak sekali tempat wisata. Berikut ini kami tampilkan sekalian tempat wisata yang ada di Jawa Barat selain 12 tempat wisata diatas.

    Gunung Galunggung
    Pantai Karang Hawu
    Air Terjun Curug Cimahi   
    Kebun Raya Cibodas
    Cibulan
    Situ Gede
    Curug Cimahi
    Curug Luhur
    Desa Sitonjul
    Telaga Remis
    Museum Prabu Geusan Ulun
    Observatorium Bosscha, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
    Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
    Talaga Warna, Puncak, Kabupaten Bogor
    Taman Safari Indonesia,Cisarua,Kabupaten Bogor
    Curug Cibeureum, Cipanas, Kabupaten Cianjur
    Puncak, Kabupaten Bogor – Kabupaten Cianjur
    Kebun Raya Cibodas, Kabupaten Cianjur
    Taman Wisata Gunung Gede Pangrango, Cipanas, Cianjur, Kabupaten Cianjur
    Waduk Cirata, Kabupaten Cianjur
    Keraton Kasepuhan, Kota Cirebon
    Keraton Kanoman, Kota Cirebon
    Keraton Kacirebonan,Kota Cirebon
    Keraton Kaprabonan, Kota Cirebon
    Taman Air Sunyaragi, Kota Cirebon
    Plangon, Kabupaten Cirebon
    Belawa, Kabupaten Cirebon
    Trusmi, Kabupaten Cirebon
    Wanawisata Ciwaringin, Kabupaten Cirebon
    Cikalahang, Kabupaten Cirebon
    Cipanas, Kabupaten Garut
    Bendungan Walahar, Klari, Kabupaten Karawang
    Curug Bandung, Tegal Waru, Kabupaten Karawang
    Curug Cigeuntis, Tegal Waru, Kabupaten Karawang
    Curug Cipanundaan, Tegal Waru, Kabupaten Karawang
    Pantai Muara Baru, Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang
    Pantai Pakis Jaya, Pakis Jaya, Kabupaten Karawang
    Pantai Samudera Baru, Pedes, Kabupaten Karawang
    Pantai Tanjung Baru, Tempuran, Kabupaten Karawang
    Pantai Tirtamaya, Juntinyuat, Kabupaten Indramayu
    Linggarjati, Kabupaten Kuningan
    Candi Jiwa, di Percandian Batujaya, Karawang
    Candi Blandongan di Percandian Batujaya, Karawang
    Waduk Darma, Kabupaten Kuningan
    Curug Putri, Kabupaten Kuningan
    Lembah Cilengkrang, Kabupaten Kuningan
    Liang Panas, Kabupaten Kuningan
    Sidomba, Kabupaten Kuningan
    Curug Landung, Kabupaten Kuningan
    Situ Cicerem, Kabupaten Kuningan
    Paseban, Kabupaten Kuningan
    Cigugur, Kabupaten Kuningan
    Hutan Kota, Kabupaten Kuningan
    Kebun Raya Kuningan, Kabupaten Kuningan
    Paniis, Kabupaten Kuningan
    Palutungan, Kabupaten Kuningan
    Curug Muara Jaya, Kabupaten Majalengka
    Situ Sangiang, Kabupaten Majalengka
    Taman Buana Marga, Kabupaten Majalengka
    Tirta Indah, Kabupaten Majalengka
    Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta
    Ciater, Kabupaten Subang
    Gunung Tangkuban Perahu, Kabupaten Subang
    Pantai Blanakan, Blanakan, Kabupaten Subang
    Pantai Pondok Bali, Legon Kulon, Kabupaten Subang
    Penangkaran Buaya, Blanakan, Kabupaten Subang
    Pantai Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi
    Pantai Ujung Genteng, Ciracap, Kabupaten Sukabumi
    Kampung Toga, Kabupaten Sumedang
    Museum Prabu Geusan Ulun, Kabupaten Sumedang
    Situ Gede, Kota Tasikmalaya
    Gunung Galunggung, Kabupaten Tasikmalaya
    Kampung Naga, Kabupaten Tasikmalaya
    Situ Bagendit, Kabupaten Garut
    Pantai Santolo, Kabupaten Garut
    Pantai Rancabuaya, Kabupaten Garut
    Curug Cimahi, Kabupaten Bandung Barat
    Situ Ciburuy, Kabupaten Bandung Barat
    Masjid Dian Al-Mahri, Kota Depok

Google Adsense Here