12 Tempat Wisata di Brebes yang Bagus Untuk Menghabiskan Liburan

Google Adsense Here

12 Tempat Wisata di Brebes yang Bagus Untuk Menghabiskan Liburan, – Kabupaten Brebes yaitu salah satu kabupaten yang terdapat di jawa Tengah dan berbatasan pribadi dengan Kabupaten Cirebon Jawa Barat. Karena lokasinya yang berdekatan dengan Jawa Barat ada beberapa orang yang menggunakan bahasa Sunda sebagai bahasa sehari hari disamping Bahasa Jawa tentunya. Bahasa Jawa di Brebes memiliki dialek yang khas dimana biasanya orang menyebutnya dengan bahasa ngapak. Memang ini yaitu salah satu kekayaan budaya kita yang mesti kita lestarikan bersama.

Bicara mengenai Kabupaten Brebes maka tidak akan mampu dilepaskan dari dua produk unggulan masakan brebes mereka yaitu telur asin dan Bawang Merah. Ya, Brebes terkenal dengan produksi Telur asinnya. Jika anda melintasi Kota Brebes maka disepanjang jalan akan banyak ditemui penjaja buah tangan khas Brebes yang pastinya ada telur asin. Namun di sektor pariwisata, Kabupaten Brebes juga memiliki banyak sekali macam tempat wisata yang tak kalah menarik dari daerah lain. Tempat wisata di brebes dan sekitarnya selalu menarik hatipara traveller untuk berkunjung dan menikmati keindahannya. Dalam artikel ini akan kita bahas 12 Tempat Wisata di Brebes yang Bagus Untuk Menghabiskan Liburan.

Google Adsense Here

12 Wisata Brebes Jawa Tengah Paling Bagus

1. Kebun Teh Kaligua


Tempat wisata di Brebes yang akan kita bahas pertama kali yaitu Kebun Teh Kaligua. Kebun Teh Kaligua merupakan sebuah perkebunan teh yang dikelola oleh salah satu BUMN yaitu PT Perkebunan Nusantara IX. Obyek wisata brebes Kebun teh di Kaligua ini memiliki pemandangan yang mengagumkan yaitu berupa hamparan kebun teh yang hijau serta udara yang segar sebab berada di daerah pegunungan. Melihat potensi Kebun Teh Kaligua sebagai tempat wisata ini maka PTPN mengembangkannya secara serius menjadi tujuan wisata. Pengembangan ini berupa dibangunnya banyak sekali sarana ibarat area outbond, lapangan olahraga, kafe, mushola dll. Jika anda berminat, anda dapat mendatangi Kebun Teh Kaligua di alamat Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes Jawa Tengah.

2. Curug Putri


Wisata alam di Kabupaten Brebes juga tak kalah indahya dengan daerah lainnya. Sala satu wisata alam yang ada di Brebes yaitu Curug Putri. Curug Putri memiliki pemandangan yang mengagumkan yaitu sebuah gerojokan setinggi 35 meter dimana di sekitar gerojokan terdapat tebing yang seakan-akan terdapat gesekan dipermukaannya. Untuk menuju lokasi wisata Brebes ini masih terbilang sulit sebab anda harus berjalan kaki dahulu sebelum hingga di lokasi wisata Curug Putri ini. Alamat Curug Putri sendiri ada di Dukuh Padanama, Desa Mandala, Kec. Sirampog, Kab. Brebes

3. Ciblon Waterboom


Seperti sudah terlihat dari namanya, Ciblon Waterboom merupakan sebuah waterboom unggulan di Kabupaten Brebes. Wisata keluarga di Brebes ini sangat cocok untuk didatangi bersama keluarga terutama ketika liburan tiba. Di waterboom ini anda dapat menikmati suasana bak renang yang mengasyikkan dengan luncuran setinggi 12 meter. Terdapat pula permainan baskom tumpah yang akan menambah semaraknya bak renang ini. Lokasi Ciblon Waterboom ini sendiri ada di Jalan Yos Sudarso, Kota Brebes

4. Pantai Randusanga


Kondisi geografis Kabupaten Brebes yang berhadapan dengan Laut maka menimbulkan adanya pantai yang terdapat di Kabupaten Brebes ini. Salah satu obyek wisata pantai di Brebes yaitu Pantai Randuanga. Pantai ini relatif erat dengan jalur Pantura sebab hanya berjarak sekitar 7 km. Pemandangan yang paling menarik dari Pantai Randusanga ini yaitu sunset nya yang menawan. Oleh sebab itu pantai Randusanga banyak dikunjungi wisatawan terutama pada sore hari. Selain menikmati pemandangan indahnya Pantai Randusanya, anda juga dapat menikmati banyak sekali macam kemudahan ibarat mainan anak, panggung gembira, arena balap motor, camping ground, kafe dan rumah makan.

5. Waduk Malahayu


Di Kabupaten Brebes juga terdapat sebuah waduk yang diberi nama Waduk Malahayu. Seperti pada waduk pada umumnya, Wisata Brebes Waduk Malahayu ini juga memiliki fungsi sebagai tempat menampung air yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk irigasi di persawahan. Namun sebab pemandangan di tempat ini yang indah, banyak warga masyarakat yang mendatangi tempat ini untuk menikmati pemandangan di sekitar waduk. Pada sore hari terutama pada waktu liburan banyak pengunjung yang berada di waduk ini.

6. Waduk Penjalin


Selain Waduk Malahayu, Kabupaten Brebes juga memiliki destinasi wisata waduk lain yaitu Waduk Penjalin. Waduk Penjalin memiliki luas sekitar 1,5 km persegi yang dibuat pada masa Pemerintahan Belanda atau sekitar tahun 1930. Waduk Penjalin terletak di Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Saat ini belum banyak wisatawan dari luar daerah yang berkunjung ke tempat wisata murah di Brebes ini. Pengunjung paling banyak masih dari warga sekitar waduk.

7. Ranto Canyon


Mau berpetualang di Kabupaten Brebes ? Sangat mampu lho. Di Brebes episode selatan terdapat sebuah tempat wsiata adventure dengan pemandangan yang sangat bagus. Tempat ini namanya Ranto Canyon. Ranto Canyon ini berupa sungai yang memiliki tebing-tebing tinggi dan curam yang sangat menantang untuk dilalui. Bagi anda yang tidak suka ketinggian sangat tidak disarankan untuk berwisata ke Ranto Canyon ini. Sungai yang dijadikan obyek wisata in awalnya berjulukan Leuwih Ranto, gres kemudian oleh para pengunjung dinama Ranto Canyon sebab memiliki pemandangan yang ibarat dengan Green Canyon di Pangandaran. Penasaran bukan ? Jika anda berkunjung ke Ranto Canyon anda dapat melaksanakan Kegiatan antara lain berenang, cliff diving dan juga bodyrafting dengan trek sepanjang 750 meter.

8. Agrowisata Besaran


Di Kabupaten Brebes terdapat sebuah Pabrik Gula berjulukan PG Jatibarang yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX. Selain memiliki bidang usaha penggilingan tebu menjadi gula putih, PG Jatibarang juga melaksanakan perluasan bidang usaha yaitu membuat sebuah agrowisata. Lokasi agrowisata sendiri yaitu di bekas rumah dinas administratur atau sering di sebut dengan Mbesaran. Oleh sebab itu agrowisata yang dibuat ini dinamai Agrowisata Mbesaran. Dengan biaya masuk yang cukup murah, hanya 3000 rupiah anda dan keluarga dapat bersenang-senang menikmati kemudahan ibarat kereta wisata, bak terapi ikan, flying fox, bak renang dan perahu ontel.

9. Pemandian Air Panas Tirta Husada


Tempat Wisata di Brebes selanjutnya yaitu adalah Pemandian Air Panas Tirta Husada. Pemandian ini berada di Desa Kedungoleng, Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes. Di tempat ini tentu saja terdapat sumber air panas alami yang kemudian dibangun menjadi pemandian umum. Pengunjung dapat mencicipi sensasi berendam di bak air panas yang dipercaya dapat menyembuhkan banyak sekali macam penyakit. Pemandian Air Panas Tirta Husada ini sudah dibangun banyak sekali macam kemudahan ibarat bak renang anak, kamar mandi dan kamar mandi VIP, dan ada juga ada Cafe dan family karaoke.

10. Pemandian Air Panas Cipanas Buaran


Satu lagi Wisata Brebes berpa pemandian air panas yaitu Pemandian Air Panas Cipanas Buaran. Pemandian ini berada di Desa Pengebatan Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes. Pemandangan di pemandian Cipanas Buaran ini cukup mengagumkan sebab lokasinya di sekitar perbukitan yang terdapat pepohonan pinus disekitarnya. Udara di sekitar pemandian juga sangat sejik sehingga menambah suasana pegunungan yang khas.

11. Candi Pangkuan


Selain terkenal dengan wisata alamnya, Kabupaten Brebes juga terdapat wisata sejarahnya yaitu Candi Pangkuan. Candi Pangkuan ini terdapat di Desa Cilibur, kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Candi Pangkuan pertama kali ditemukan oleh warga sekitar tahun 1965. Sampai sekarang belum terang perihal sejarah Candi Pangkuan ini sebab tidak ada prasasti atau catatan sejarah yang menjelaskan eksistensi caandi ini. Menurut warga sekitar candi ini merupakan peninggalan masyarakat terdahulu yang digunakan sebagai tempat pemujaan.

12. Desa Wisata Ciseureuh


Kabupaten Brebes merupakan kabupaten yang masih melestarikan banyak sekali macam adat-istiadat tradisionalnya. Jika anda ingin mempelajari dengan serius adat-istiadat dari warga masyarakat Brebes anda dapat berkunjung ke Desa Wisata Ciseureuh. Salah satu program budbahasa yang masih sering dilaksanakan di desa ini yaitu Upacara Ngasa yang dilaksanakan setiap hari Selasa Kliwon . Upacara Ngasa ini merupakan sebuah wujud syukur kepada Yang Mahakuasa Yang Maha Esa atas segala karunia yang telah diberikan kepada warga masyarakat. Desa wisata Ciseureuh sendiri berada di Padukuhan Jalwastu, Desa Ciseureuh, Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes.

Demikian tadi 12 Tempat Wisata di Brebes yang Bagus Untuk Menghabiskan Liburan. Sekali lagi kami ingatkan bahwa produk lokal asli dari Kabupaten Brebes yaitu telur asin. Oleh sebab itu setelah berkeliling menikmati tempat wisata unggulan di Brebes jangan lupa untuk membawa buah tangan dari Brebes terutama telur asin yang banyak dijajakan di pusat-pusat buah tangan khas Brebes yang terdapat di sepanjang jalan Pantura Brebes Jawa Tengah.

Baca juga gosip wisata di sekitar Brebes
12 Tempat Wisata Populer di Tegal
12 Destinasi Wisata di Pemalang yang Wajib Dikunjungi

Google Adsense Here