12 Tempat Wisata di Grobogan yang Terkenal Unik

Google Adsense Here

12 Tempat Wisata di Grobogan yang Terkenal Unik, – Kabupaten Grobogan merupakan nama sebuah kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Grobogan beribukota di Kota Purwodadi. Nama Purwodadi sendiri lebih terkenal dibandingkan dengan Kabupaten Grobogan, sehingga banyak yang menerka Purwodadi ini nama Kabupaten, padahal hanya nama sebuah kota. Purwodadi terkenal dengan wsata kulinernya yang sangat unik yaitu swike kodok. Hmm, jangan coba-coba kalau tidak suka ya, alasannya bagi sebagian orang makanan yang berbahan kodok merupakan sesuatu yang haram. Jika anda tidak ingin menikmati swike kodok, anda dapat memesan swike dengan materi lainnya menyerupai ayam, tinggal pesan saja kepada penjualnya.

12 Tempat Wisata di Grobogan yang Terkenal Unik

Di sektor pariwisata, Kabupaten Grobogan memiliki sejumlah tempat wisata yang sangat populer di kalangan wisatawan khususnya di wilayah Kabupaten Grobogan sendiri dan sekitarnya. Dalam goresan pena ini akan kita bahas 12 Tempat Wisata di Grobogan yang Terkenal Unik sebagai berikut.

Google Adsense Here

1. Waduk Kedung Ombo


Waduk Kedung Ombo merupakan sebuah waduk yang terdapat di Kabupaten Grobogan. Sebenarnya eksistensi waduk ini tidak hanya berada di Kabupaten Grobogan namun juga mencakup wilayah Kabupaten Sragen dan Boyolali. Luas Waduk Kedung Ombo sendiri sekitar 6576 hektar dimana dengan luas waduk itu dapat digunakan untuk mengairi sawah di Kabupaten robogan, Sragen, Boyolali, Pati, dan Demak. Saat ini selain digunakan sebagai sarana riasi, Waduk Kedung Ombo jua digunakan sebagai tempat wsiata yan sangat potensial. Untuk menuju Waduk Kedun Ombo anda dapat mencari alamatnya di Desa Rambat, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan atau sekitar 29 km dari Kota Purwodadi ke arah selatan. Di Waduk Kedung Ombo ini anda dapat menikmati pemandangan yang indah, serta dapat juga menikmati masakan ikan air tawar yang dijajakan sejumah warung makan di lokasi waduk. Selain itu juga disediakan kapal motor yang dapat mengangkut pengunjung mengeliingi waduk yang sangat mengagumkan ini.
(Baca : Megahnya Waduk Kedung Ombo Grobogan)

2. Bledug Kuwu


Bleduk Kuwu ialah salah satu tempat wisata yang unik di Kabupaten Grobogan. Di loksi ini anda dapat melihat sebuah kawah lumpur yang terus meletup secara terencana setiap antara 2-3 menit. Letupan ini kalau ditinjau dari ilmu geologi merupakan sebuah acara pelepasan gas dari dalam teras bumi. as yang keluar ini mengandun metana. Dari letupan ini juga menandung garam dan sejumlah mineral. Oleh masyarakat setempat kandungan mneral ini dimanfaatkan untuk membuatgaram bleng secara tradisional. Unik bukan ? Jika anda berminat mengunjuni tempat wisata Bleduk Kuwu ini anda dapat menunjunginya di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan.

3.  Api Abadi Mrapen


Api Abadi Mrapen merupakan obyek wisata yang unik lainnya yang ada di Kabupaten Grobogan. Dinamakan api awet alasannya di tempat ini terdapat sebuah api yang menyala terus dan tak pernah padam meskipun diguyur dengan hujan. Api awet Mrapen ini pada dasarnya merupakan sebuah fenomena alam dimana di tempat tersebut terdapat sebuah lubang yang mengeluarkan gas alam dan kemudian terbakar di udara. Sumber api awet Mrapen ini merupakan sumber api yang bersejarah alasannya sering digunakan sebagai sumber api bagi beberapa event nasional, menyerupai Pesta Olahraga Internasional Ganefo tahun 1963, Pekan Olah Raga Nasional atau PON, POR PWI tahun 1983 dll. Selain event olahraga, Sumber Api Mrapen juga digunakan sebagai sumber api dalam perayaan Hari Waisak. Lokasi Api awet Mrapen sendiri terdapat di Desa Manggarmas, Kecamatan odong Kabupaten robogan Jawa Tengah. Lokasi ini terdapat di tepi jalan Purwodadi-Semarang.

4. Gua Macan dan Gua Lowo


Wisata alam yang terdapat di Kabupaten Grobogan lainnya ialah berupa Goa. Kita tahu bahwa di wilayah Kabupaten Grobogan terdapat pegunungan kapur yang cukup besar, sehingga ada beberapa goa yang terbentuk secara alami. Goa yang terdapat di Kabupaten Grobogan ini diantaranya ialah Goa Macan dan Goa Lowo. Kedua goa ini terletak berdekatan. Nama kedua goa ini dinamakan dengan nama binatang yang dahulu sering menghuni goa ini. Namun dikala ini sudah tidak ada macan yang terdapat di goa macan, tinggal namanya saja. Letak Goa macan dan Goa Lawa sendiri terdapat di Dusun Watu Song Desa Sedayu Kecamatan Sedayu Kabupaten Grobogan. Di kedua goa ini dapat anda lihat pemandangan alam yang mengagumkan berupa goa di tengah rimbunnya pohon dan didalamnya terdapat banyak stalaktid dan stalagmit.

5. Gua Urang


Goa yang terdapat di Kabupaten Grobogan selain Goa Macan dan Goa Lawa ialah Goa Urang. Goa ini dinamakan Goa urang alasannya di tempat ini dahulu banyak ditemukan udang (dalam bahasa jawa disebut urang). Goa ini malah sering dikunjungi peneliti dari luar daerah, namun utnuk wisatawan belum banyak yang datang alasannya saluran ke tempat ini cukup sulit alasannya harus melewati persawahan penduduk. Pemerintah Kabupaten Grobogan sepertinya belum banyak melaksanakan pengembangan terhadap obyek wisata yang cukup potensial ini. Lokasi Goa URang sendiri terdapat di Dusun Guwo, Desa Kemadohbatur, di Kec. Tawangharjo Kabupaten Grobogan.

6. Air Terjun Widuri


Satu lagi tempat wisata yang tersembunyi di Kabupaten Grobogan, yaitu Air Terjun Widuri. Air Terjun Widuri ini merupakan satu-satunya jeram yang ada di Kabpaten Grobogan. Air Terjun Widuri memang belum banyak didatangi para wisatawan alasannya lokasinya yang agak tersembunyi, namun sebetulnya jeram ini memiliki pemandangan alam yang sangat asri dan indah. Air Terjun WIduri ini dipercara oleh masyarakat sekitar sebagai lokasi tempat kejadian pertemuan antara Joko Tarub dan Dewi Nawangwulan yang merupakan seorang bidadari. Dalam dongeng rakyat ini Dewi Nawangwulan bersama dengan bidadari lain yang berjumlah tujuh, sedang mandi di sungai Air Terjun Widuri ini. Joko Tarub kemudian mengambil selendang Dewi Nawangwulan supaya tidak mampu kembali ke kayangan dan kemudian menikahinya. Jika anda berminat untuk datang ke wisata air Terjun Widuri ini anda dapat mendatanginya di alamat Desa Batur kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan Jawa Tengah.

7. Sendang Coyo


Tempat wisata selanjutnya yang ada di Kabupaten Grobogan ialah Sendang Coyo. Sendang Coyo merupakan salah satu sendang pujian warga Grobogan. Sendang ini terus saja ada airnya meskipun pada animo kemarau. Menurut kepercayaan warga setempat, Sendang Coyo merupakan sendang peninggalan dari sunan Kalijaga. Sendang ini muncul dari bekas tanah yang ditancapkan tongkat dia ketika sedang dalam perjalanan mengembangkan Islam di Tanah jawa. Sendang Coyo dipercaya dapat membuat siapa saja yang mandi di dalamnya menjadi awet muda. Namun mandinya harus dilakukan pada malam 1 Suro. Tentu saja ini hanya kepercayaan penduduk setempat, semua risikonya kembali pada kepercayaan anda masing-masing. Untuk lokasi Sendang Coyo ini terdapat di Desa Mlowokarangtalun Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan kurang lebih 20 KM sebelah tenggara kota Purwodadi.

8. Waduk Klambu


Selain Waduk KEdung Ombo, Kabupaten Grobogan juga memiliki waduk lainnya yaitu Waduk Klambu. Waduk Klambu memang tidak setenar Waduk Kedung Ombo, namun keberadaannya sudah banyak diketahui warga Grobogan. Waduk ini juga difungsikan sebagai sarana irigasi, dimana air didalamnya didapat dengan cara membendung 2 anutan sungai yaitu Sungai Lusi dan Sungai Serang. Tidak hanya untuk mengairi sawah di Grobogan, Waduk Klambu juga digunakan untuk mengairi sawah di wilayah Kabupaten Kudu dan Pati. Selain untuk irigasi Waduk Klambu juga banyak dikunjungi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam waduk Kelambu, meskipun pengunjung tersebut hanya berasal dari Warga Grobogan sendiri. Lokasi Waduk Klambu ialah di Desa Klambu, Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan.

9. Jatipohon


Obyek wisata selanjutnya yang ada di sekitar Purwodadi Groboga ialah Jatipohon. Jika anda sering melewati jalur Pati-Purwodadi maka anda pasti sangat familiar dengan wilayah Jatipohon. Wilayah Jatipohon ini merupakan wilayah pegunungan yang terletak di Utara Kota Purwodadi dan berbatasan pribadi dengan Kecamatan Sukolilo Pati. Karena berada di atas perbukitan, maka suasana disni terasa sejuk dan asri. Ada beberapa tempat wisata yanga ada di Jatipohon ini, diantaranya ialah sumber mata air Jatipohon, gardu pandang untuk melihat keindahan Kota Purwodadi dari atas bukit, Langen Sari Indah dimana didalamnya terdapat kolam renang, pondok lesehan, bumi perkemahan, penginapan dll.

10. Kolam Renang Ayodya


Kolam Renang Ayodya merupakan sebuah wisata keluarga gres yang terdapat di Kota Purwodadi Grobogan, bahkan ada juga yeng menyebutnya dengan ikon wisata gres bagi Kabupaten Grobogan. Hal itu tidaklah mengherankan alasannya Kolam Renang Ayodya tidak sekedar menyediakan kolam renang namun juga menyampaikan sebuah wahana permainan anak yang sangat digemari seluruh anggota keluarga. Nama resmi dari Kolam Renang Ayodya ini sebetulnya ialah Ayodya Bloombang Water Park namun banyak yang menyebutnya dengan Kolam Renang Ayodya. bagaimana tidak lengkap, di Kolam Renang Ayodya ini sudah terdapat 2 buah kolam besar dengan banyak sekali sarana permainan air menyerupai twin slide, family slide, splash bucket serta sebuah jacuzzi dengan atraksi utama sebuah tower slider dengan tinggi 7 meter untuk memicu adrenalin. Makara yang pengen liburan seru bersama keluarga, datang saja ke Ayodya Bloombang Water Park di Kota Purwodadi Grobogan.

11. Cindelaras


Obyek Wisata Cindelaras ini terdapat di Desa Bandungharjo, kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan. Di Area wisata Cindelaras ini menyampaikan keindahan alam berupa waduk yang dikelilingi hutan yang dikelola oleh Perum Perhutani. Dahulu tempat ini sering iunakan sebagai tempat kemah bagi siswa-siswi di sekitar Kota Purwodadi. Namun sayangnya waduk yang ada di Cindelaras ini tidak selalu terdapat air, apabila animo kemarau airnya sering kering kerontang.

12. Masjid K.H. Burham


Masjid K.H. Burham merupakan salah satu masjid yang bersejarah terutama bagi perkembangan Agama Islam di Kabupaten Grobogan. Masjid ini terletak di Jenglong, Purwodadi. Masjid K.H Burham ini dibangun oleh K.H Konawi pada tahun 1752. KH.Konawi ini ialah ayah dari KH. Burham. KH Konawi meninggal dunia ketika perjalanan pulang dari tanah suci Mekah untuk menunaikan ibadah haji. Jasad dia dimakamkan di Pulau Saylon atau searang dikenal dengan Srilangka. KH. Burham kemudian meneruskan perjuangan ayahnya untuk mengembangkan Agama Islam di Grobogan. Ada keunikan tersendiri dari Masjid ini yaitu terdapat sebuah bedug yang merupakan bedug terbesar di Kabupaten Grobogan. Bedug ini terbuat dari kayu tanpa sambungan.

Demikian tadi sekilas wacana tempat wisata yang ada di Kabupaten Grobogan dengan banyak sekali macam keunikannya. Semoga dengan goresan pena ini dapat menambah wawasan anda wacana tempat-tempat wisata terutama yang ada di Kota Purwodadi dan sekitarnya. (Baca : di Pati dan Tempat wisata Blora )

Google Adsense Here