12 Tempat Wisata di Kabupaten Wonosobo Selain Dieng Plateau

Google Adsense Here

12 Tempat Wisata di Kabupaten Wonosobo Selain Dieng Plateau, – Kabupaten Wonosobo merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki wilayah yang didominasi perbukitan. Hal itu alasannya yakni wilayah ini dikelilingi beberapa Gunung Besar, yaitu Gunung Sindoro, Sumbing dan Dataran Tinggi Dieng. Wilayah Kabupaten Wonosobo berbatasan eksklusif dengan Kabupaten Temanggung dan Magelang di Timur, Kabupaten Purworejo di Selatan, Kabupaten Kebumen dan Banjarnegara di barat dan juga Kabupaten Batang dan Kendal di utara.
Bicara mengenai wisata di Kabupaten Wonosobo, maka tidak akan dapat dilepaskan dari Kawasan Wisata Dieng Plateau atau dataran Tinggi Dieng. Wisata Dieng Wonosobo Jawa Tengah sendiri bersama-sama terbagi menjadi dua Kabupaten yaitu Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo. Dalam artikel ini kami tidak akan membahas wacana pariwisata di Dataran Tinggi Dieng namun akan membahas potensi wisata lain di Wonosobo selain Dieng Plateau. Untuk daftar tempat wisata di dataran Tinggi Dieng dapat anda dapatkan di artikel berikut : 12 Tempat Wisata di Dataran Tinggi Dieng Paling Menarik.

 12 Tempat Wisata Wonosobo Selain Dieng Plateau

Berikut yakni 12 Tempat Wisata di Kabupaten Wonosobo Selain Dieng Plateau

Google Adsense Here

1. Kebun Teh Tambi


Mengingat kondisi geografisnya yang banyak terdapat perbukitan, maka wilayah Di Wonosobo sanat cocok untuk ditanami teh. Salah satu kebun teh yang ada di Wonosobo yakni Kebun Teh Tambi, yang terletak di Desa Tambi Kecamatan Kejajar Wonosobo. Lokasi wisata Wonosobo kebun teh ini berada di jalur Wonosobo-Dieng, sehingga bagi anda yang berniat berkunjung ke Dieng, dapat menyempatkan berkunjung ke Kebun Teh Tambi ini terlebih dahulu. Pemandangan yang disuguhkan di Kebun Teh Tambi ini yakni berupa perkebunan teh yang hijau dan sejuk serta pemandangan pegunungan yang mengagumkan disekitarnya. Luas Kebun Teh Tambi sendiri sekitar 800 ha. Di tempat ini pengunjung dapat melaksanakan acara Tea Walking di area perkebunan.

2. Telaga Menjer


Telaga Menjer merupakan sebuah telaga yang terdapat di Desa Menjer, Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo yang merupakan salah satu dari tempat wisata alam Wonosobo. Wisata Wonosobo Telaga Menjer berjarak sekitar 12 km dari Kota Wonosobo ke arah Dataran Tinggi Dieng. Telaga Menjer merupakan salah satu telaga yang terbentuk dari proses vulkanis dan terdapat pada ketinggian 1300 mdpl di lereng Gunung Pakuwaja. Luas Telaga Menjer sendiri yakni 70 hektar dan kedalaman mencapai 45 meter. Di sekitar telaga Menjer terdapat perbukitan dengan beberapa tumbuhan pinus yang tampak hijau sehingga menambah keindahan di Telaga Menjer Wonosobo ini.

3. Waduk Wadaslintang


Waduk Wadaslintang dibangun pada masa pemerintahan Orde Baru yang bertujuan sebagai sarana irigasi di Kabpaten Wonosobo, Kebumen dan sekitarnya. Selain dimanfaatkan sebagai sarana irigasi, Waduk Wadaslintang juga dimanfaatkan sebagai PLTA. Pada hari libur banyak wisatawan domestik yang berkunjung ke Waduk Wadaslintang ini, alasannya yakni pemandangannya memang sangat bagus. Selain untuk menikmati pemandangan ada juga yang memanfaatkan waduk sebagai tempat memancing. Lokasi Waduk Wadaslintang sendiri berada di perbatasan Kebumen dan Wonosobo, tepanya di Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo.

4. Arung Jeram Serayu


Sungai Serayu melintasi beberapa wilayah di Jawa Tengah, salah satunya yakni Kabupaten Wonosobo. Aliran Sungai Serayu yang sangat deras sangat cocok apabila digunakan sebagai lokasi arung jeram atau rafting. Oleh alasannya yakni itu di beberapa tempat di Wonosobo dijadikan sebagai lokasi beraktifitas rafting. Untuk dapat melaksanakan rafting di Sungai Serayu Wonosobo anda harus membentuk tim, alasannya yakni tidak mungkin hanya sendirian. Anda dapat memilih banyak sekali macam paket wisata adventur Rafting di Sungai Serayu Wonosobo ini dengan akomodasi yang berbeda. Lokasi start rafting biasanya dari Jembatan Krasak Wonosobo.

5. Air Terjun Sikarim


Air Terjun Sikarim dapat dikatakan sebagai tempat wisata yang masih tersembunyi di Kabupaten Wonosobo. Untuk mencapai lokasi Air Terjun Sikarim ini pengunjung harus melewati semak belukar terlebih dahulu. Namun sesampainya di lokasi anda akan disuguhi dengan pemandangan yang mengagumkan berupa penderasan dengan latar belakang bukit Sikunir. Air Terjun ini memiliki ketinggian 4 meter. Jika anda berminat anda dapat mengunjungi di Desa Mlandi, Kecamatan Garung, Wonosobo, Jawa Tengah.

6. Curug Winong


Satu lagi keindahan alam di Kabupaten Wonosobo yang masih perawan dan belum banyak terjamah manusia, yaitu Curug Winong. Memang nama curug ini masih kalah tenar dibandingkan sempurna wisata di Dieng, namun bersama-sama Curug Winong ini memiliki panorama yang tak kalah menarik. Wisata curug Wonosobo, Curug Winong merupakan sebuah curug di Kabupaten Wonosobo yang memiliki air yang jernih serta mengalir dlaam turunan yang curam berupa bebatuan berwarna hitam. Pemandangan di Curug ini sangat mengagumkan sehingga banyak pengunjung yang ingin berfoto ria di Curug ini. Lokasi Curug Winong sendiri terdapat di Desa Winongsari, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah.

7. Pemandian Air Panas Kalianget


Pemandian Air Panas Kalianget terletak di Jalan Raya Wonosobo – Dieng tepatnya di Km 3, Desa Kalianget, Kabupaten Wonosobo. Pemandian Air wisata kalianget wonosobo ini cukup mudah dikenali alasannya yakni berada di jalur menuju wisata Dieng Plateau. Kita tau bahwa di Kawasan Dieng Plateau ini banyak sekali fenomena yang berasal dari aktifitas vulkanis. Salah satu aktifitas vulkanis ini juga ditemui jauh dari Dieng Plateau sendiri yaitu tepatnya di Pemandian Air Panas Kalianget yang terdapat sumber mata air panas alami. Wisata air panas Wonosobo berupa Pemandian Air Panas Kalianget ini mengandung sulfur yang dipercaya dapat menyembyhkan banyak sekali macam penyakit kulit. Apabila anda berminat untuk datang ke lokais wisata ini, anda tidak perlu khawatir alasannya yakni tempat ini sudah dikembangkan dengan baik, bahkan tempat parkirnyapun sudah sangat luas.

8. Kolam Renang Mangli


Berenang dengan menggunakan sumber mata air yang alami akan menunjukkan kesan yang segar dan nyaman. Berbeda dengan apabila berenang dalam bak renang yang menggunakan air olahan, pastinya akan terganggu dengan busuk basi kaporit yang tidak enak. Berenang dengan mata air alami ini salah satunya dapat anda temui di Kolam Renang Mangli Kabupaten Wonosobo. Bagi warga Wonosobo pastinya Kolam Renang Mangli ini sudah tidak absurd lagi, alasannya yakni lokasinya yang masih dalam tempat Kota Wonosobo. Kolam ini pada hari Minggu dan libur banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang kebanyakan masih dari Wonosobo sendiri. Kolam Renang Mangli sangat cocok untuk menghabiskan liburan bersama keluarga tercinta anda.

9. Lobang Sewu


Wisata Wonosobo Lobang Sewu ini dikala ini sedang menjadi ekspresi dominan di masyarakat. Lobang sewu ini memiliki pemandangan menyerupai Grand Canon di Coloradi, Amerika Serikat. Namun perbedaannya bila di Wonosobo ini tebingnya asalnya dari kerikil kapur. Batuan kapur ini terdapat di Kawasan Waduk Wadaslintang. Gugusan tebing kapur ini membentuk lubang-lubang yang banyak sehingga masyarakat sekitar menamainya dengan Lobang Sewu. Karena keindahannya kesannya banyak pengunjung yang datang untuk melihat dan berfoto di tempat Lobang Sewu Wonosobo ini. Untuk lokasinya sendiri terdapat di Desa Erorejo, Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo yang merupakan salah satu wisata Wonosobo terbaru.

10. Kolam Renang Tirta Ria Tembelang


Saat liburan tiba jangan lupa untuk engajak putra-putri anda untuk berenang di Kolam Renang Tirta Ria Tembelang Wonosobo. Kolam Renang Tirta Ria Tembelang ini letaknya tidak jauh dari Kota Wonosobo ini mnawarkan bak renang yang sudah dilengkapi dengan banyak sekali macam wahana permainan air yang tentunya akan sangat menynangkan bagi putra-putri kita. Untuk lokasi dari Kolam renang Tirta Ria Tembelang ini yakni di Jalan Kertek-Wonosobo Desa Tembelang Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo Jateng.

11. Kebun Teh dan Kolam Renang Tanjungsari


Selain Kebun Teh Tambi, Wonosobo ternyata juga memiliki agro wisata wonosobo lain dengan pemandangan yang tak kalah mengagumkan dengan Kebun Teh Tambi yaitu Kebun Teh Tunjungsari. Kebun Teh Tunjungsari berada di Kecamatan Sapuran, yang mana untuk mencapai tempat ini dapat ditempuh melalui jalur Salaman Magelang menuju Wonosobo. Jika sudah hingga pasti anda akan mengetahui alasannya yakni lokasinya ada di pinggir jalan. Di ebun Teh Tunjungsari ini selain terdapat pemandangan kebun teh yang mengagumkan juga dibangun waterboom dan juga taman.

12. Pendakian Gunung Sindoro dan Sumbing


Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing merupakan dua gunung yang banyak dijadikan sebagai lokasi mendaki gunung bagi para pendaki dan pecinta alam. Gunung Sindoro dan Sumbing berada di perbatasan Kabupaten Temanggung dan Wonosobo. Dalam artikel ini akan kami bahas pedakian Gunung Sindoro dan Sumbing melalui jalur di Kabupaten Wonosobo. Untuk mendaki Gunung Sindoro, jalur yang banyak diambil yakni jalur via Kledung dan Sigedang. Jalur Sigedang ini terletak di Desa Sigedang, Kecamatan Tambi Kabupaten Wonosobo. Jalur Sigedang ini memiliki pemandangan yang sangat spesial alasannya yakni melewati kebun teh yang sangat indah. Untuk mencapai desa Sigedang dari arah Wonosobo mampu naik bus jurusan Dieng, turun di pertigaan Rejosari arah ke Tambi. Untuk pendakian GUnung Sumbing, para pendaki biasanya mengambil jalur di Garung Wonosobo, Cepit Temanggung dan Mangli Magelang. Jalur pendakian Garung mampu dibilang yang paling ramai. Untuk mendaki Gunung Sumbing via jalur ini anda harus menempuh jalur sekitar 7 km dan dapat ditempuh dalam waktu normal sekitar 7-8 jam. Yang perlu diingat bahwa mendaki gunung dimanapun berada, diharapkan keahlian khusus. Oleh alasannya yakni itu usahakan mendak gunung dengan membentuk rombongan dan harus ada yang berpengalan di gunung tersebut supaya tidak tersesat.

Demikian tadi 12 Tempat Wisata di Kabupaten Wonosobo Selain Dieng Plateau. Setelah berkeliling Kabupaten Wonosobo jangan lupa untuk mencicipi masakan khas Wonosobo yaitu Mi Ongklok dan Sate Sapi. Mi ongklok memiliki rasa yang enak apalagi disantap selagi masih hangat.

Google Adsense Here