12 Tempat Wisata di Kota Semarang yang Menarik Untuk Dikunjungi

Google Adsense Here

12 Tempat Wisata di Kota Semarang yang Menarik Untuk Dikunjungi, – Pernah berkunjung ke Kota Semarang ? Kota Semarang yakni ibu kota dari Provinsi Jawa Tengah. Kota Semarang termasuk dalam salah satu kota besar di Indonesia. Kota Semarang terkenal dengan Simpang Limanya, dimana tempat ini sudah menjadi ikon Kota Semarang. Dalam dunia pendidikan Kota Semarang juga cukup diperhitungkan yaitu dengan eksistensi Universitas Diponegoro yang menjadi tujuan kuliah masyarakat di seluruh Indonesia.

Dalam dunia pariwisata sendiri Kota Semarang memiliki banyak sekali macam tempat wisata yang layak anda coba apabila sedang berkunjung ke Kota Semarang. Diantara Tempat wisata yang ada di Kota Semarang ini ada yag berupa wisata alam, wisata religi, wisata sejarah dan lainnya. Dalam pembahasan ini akan kami sampaikan 12 tempat wisata yang khusus berada di Kota Semarang. Sedangkan tempat wisata di Kabupaten Semarang kami bahas pada artikel tersendiri. Berikut yakni 12 Tempat Wisata di Kota Semarang yang Menarik Untuk Dikunjungi.

Google Adsense Here

12 Wisata Kota Semarang Jawa Tengah Unggulan

1. Lawang Sewu


Wisata Semarang Lawang Sewu yakni Ikon Wisata di Kota Semarang yang sangat bersejarah. Dinamakan Lawang Sewu sebab bangunan kuno ini memiliki pintu dan jendela yang sangat banyak, sehingga masyarakat menyebutnya dengan Lawang Sewu, meskipun faktanya pintu di Lawang Sewu jumlahnya tidak mencapai seribu buah. Bangunan Lawang Sewu sempat masuk dalam sebuah program misteri di sebuah televisi nasional, sehingg hal itu menambah ketenaran dari tempat wisata lawang sewu. Bangunan Lawang Sewu sendiri gotong royong yakni kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS yang selesai dibangun pada tahun 1907. Setelah Indonesia Merdeka, bangunan ini difungsikan pemerintah RI sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau sekarang PT Kereta Api Indonesia. Bangunan ini sempat terlantar, namun kemudian berhasil dipugar dan ketika ini menjadi museum yang dikelola oleh PT. Kereta Api Indonesia.
( Baca : Banyak Misteri di Lawang Sewu Semarang )

2. Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)


Tempat wisata di Semarang ini tergolong unik, meskipun bangunan ini gotong royong berupa masjid untuk ibadah, namun juga dapat dijadikan sebagai tempat wisata. Hal itu sebab di area ini pengunjung dapat melihat sebuah masjid yang megah dengan arsitektur yang sangat menawan. Luas area Masjid Agung Jawa Tengah yakni 10 hektar dimana luas bangunan inti yang berupa masjid yakni seluas 7669 meter persegi. Arsitektur masjid sendiri merupakan perpaduan antara gaya Jawa, dan Yunani. Jika anda berkunjung ke Masjid Agung Jawa Tengah ini maka selain dapat beribadah, anda dapat mengunjungi Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah yang terdapat di Tower Asmaul Husna. Di tower ini juga terdapat resto di lantai 18 dimana dari dalam resto ini anda dapat melihat keindahan Kota Semarang dari atas. Jika menginginkan menginap, anda juga dapat menginap di Hotel Graha Agung yang letaknya masih dalam satu daerah dengan Masjid Agung Jawa Tengah.

3. Water Blaster Bukit Candi Golf


Destinasi wisata Water Blaster Bukit Candi Golf atau sering disebut dengan Water Blaster Semarang merupakan sebuah tempat wisata air yang banyak diminati untuk berwisata bersama keluarga. Di tempat ini menyediakan banyak sekali macam wahana permainan air yang tentunya sangat menyenangkan. Wahana permainan air yang terdapat di Water Blaster Semarang yakni sejumlah 8 unit. Salah satu wahana yang menjadi favorite disini yakni jalur meluncur sepanjang 230 meter dengan jalur memutar dan berkelok-kelok sehingga dapat memacu adrenalin. Tidak hanya permainan air saja yang disediakan di Water Blaster Semarang, namun juga tersedia flying fox dengan ketinggian 23 meter dan panjang 105 meter. Lokasi Water Blaster Semarang sendiri yakni di Jalan Bukit Candi Golf No. 1 Semarang.

4. Kebun Binatang Mangkang


Obyek wisata di Semarang yang satu ini juga menjadi salah satu unggulan pariwisata di Kota Semarang. Kebun Binatang Mangkang memilki banyak sekali macam nama, untuk nama resminya sendiri yakni Taman Marga Satwa Semarang, namun masyarakat lebih familiar dengan Kebun Binatang Semarang, Kebun Binatang Mangkang atau Bonbin Mangkang sebab lokasinya di daerah Mangkang. Pada tahun 2014, Taman Marga Satwa Semarang tercatat memiliki 52 jenis satwa. Berwisata ke Kebun BInatang Mangkang ini menjadi salah satu alternatif wisata yang sangat baik sebab kita dapat berekreasi sambil dapat menyampaikan edukasi kepada belum dewasa kita perihal macam-macam binatang dan pentingnya menjaga kelestarian binatag-binatang tersebut.

5. PRPP


PRPP yakni kependekan dari Pekan Raya dan Promosi Pembangunan merupakan sebuah areal yang dibangun sebagai sarana untuk menunjukkan banyak sekali macam hasil pencapaian Pembangunan Provinsi Jawa Tengah. Di lokasi PRPP ini juga terdapat Puri Maerokoco, dimana Puri Maerokoco ini merupakan salah satu wisata edukasi yang sangat bagus untuk belum dewasa usia sekolah. Di Puri Maerokoco ini pengunjung dapat menyaksikan banyak sekali macam anjungan dari banyak sekali kabupaten di Jawa Tengah. Tiap anjungan menampilkan kekhasan dari kabupaten masing-masing. Selain untuk rekreasi, PRPP juga dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan Event-event festival baik skala daerah, nasional ataupun internasional, Acara penting perusahaan (perayaan), Resepsi Perkawinan dll.

6. Wonderia


Wisata Semarang selanjutnya yang akan kita bahas yakni Taman rekreasi Wonderia Semarang. Wonderia Semarang memperlihatkan sebuah wisata keluarga dengan banyak sekali macam permainan yang sangat cocok untuk ana-anak, menyerupai Merry Go Round, Kiddy Boat, Super Rally, Boom Boom Car, Space Gyro, Ghost House, dan Typhoon Coaster dll. Pada ketika isu terkini liburan pastinya banyak keluarga dan rombongan yang mendatangi tempat ini sebab selain harga tiketnya murah, juga permainan yang disediakan sangat menyenangkan. Apabila anda berminat untuk datang ke Wonderia Semarang ini, anda dapat datang ke alamat Taman Rekreasi Wonderia di Jalan Sriwijaya 29, Kota Semarang.

7. Pantai Maron


Kota Semarang merupakan salah satu kota yang terletak di tepi pantai Laut Jawa, yang menimbulkan kota ini memiliki beberapa pantai yang dapat dimanfaatkan sebagai rekreasi bagi warga masyarakat sekitar. Salah satu pantai yang ada di Kota Semarang yakni Pantai Maron Pantai ini berdekatan dengan Bandara Ahmad Yani. Untuk mencapainya anda harus ekstra hati-hati sebab di jalan menuju lokas wisata ini masih berupa tanah yang dipadatkan dan bergelombang. Hal ini menyebabkan kesulitan bagi pengunjung yang membawa kendaraan beroda empat pribadi. Kaprikornus saran kami apabila ingin berkunjung ke tempat ini mending menggunakan sepeda motor atau sepeda. Banyak dari warga Semarang yang pada hari libur bersepeda dan kemudian menikmati keindahan Pantai Maron di Kota Semarang ini.
(Baca : Wisata Pantai Marina Semarang yang Indah )

8. Pantai Marina


Wisata Pantai di Semarang lainnya yakni Pantai Marina. Kalau Pantai Maron berdekatan dengan Bandara Ahmad Yani, Pantai Marina berdekatan dengan Kompleks PRPP. Selain menikmati keindahan alamnya, pengunjung juga dapat naik perahu mengelilingi area sekitar Pantai Marina serta dapat juga memancing ikan. Tempat WIsata Pantai Marina juga termasuk dalam salah satu alternatif wisata bagi warga Kota Semarang dan sekitarnya.

9. Kampung wisata Taman Lele


Destinasi wisata lainnya di Kota Semarang yakni Kampung WIsata Taman Lele. Taman Lele sebelumnya yakni kebun binatang yang awalnya terletak di Tegalwareng. Pada tahun 1985 kebun binatang ini dipindahkan di 2 lokasi yang berbeda, yaitu di Taman wisata Tinjomoyo dan Taman Lele yang sekarang. Kebun binatang yang di Tinjomoyo sendiri kemudian dipindah lagi ke Kebun Binatang Mangkang. Dinamakan Taman Lele sebab pada zaman dahulu tempat tersebut terdapat sebuah pohon beringin yang sangat besar. Dibawah pohon ini terdapat mata air yang banyak ikan lelenya. Di lokasi Kampung Lele ini wisatawan dapat menikmati danau buatan yang dikelilingi dengan gazebo, bak renang, kebun binatang mini dll.

10. Pagoda Buddhagaya Watugong


Wisata Semarang yang satu ini merupakan salah satu wisata yang unik yang ada di Kota Semarang yaitu Vihara Buddhagaya Watugong. Pada ddasarnya Vihara ini yakni tempat beribadah umat agama Budha. Namun selain untuk ibadah vihara ini juga dibka untuk masyarakat umum apabila berkenan melihatnya. Di Vihara ini terdapat Pagoda Avalokitesvara yang sudah jadi ikon Vihara ini. Pagoda Avalokitesvara di Vihara Buddhagaya Watugong Semarang telah ditetapkan oleh MURI sebagai Pagoda tertinggi di Indonesia denagn tinggi 45 meter serta memiliki 7 tingkat. Di dalam pagoda terdapat beberapa patung menyerupai Patung Dewi Kwan Im, Patung sang Buddha dll.
(Baca : Kemegahan Pagoda Buddhagaya Watugong di Semarang )

11. Klenteng Sam poo kong


Kelenteng Sam Po Kong atau juga dikenal dengan Gedung Batu merupaka tempat yang bersejarah. Di tempat ini dipercaya sebagai tempat pendaratan Laksamana terkenal dari China yaitu Laksamana Cheng Ho ketika mengunjungi Pulau Jawa pada tahun 1400 an. Peristiwa pendaratan Laksamana Cheng Ho ini selain diabadikan dalam bentuk Klenteng Sam Poo Kong juga diadakan sebuah perayaan yang diadakan dengan mengadakan arak-arakan yang dimulai di Kuil Tay Kak Sie di Gan Lombok kemudian dilanjutkan mengarak Patung Sam Poo Kong ke Gedong Batu.

12. Kota Lama Semarang


Tempat wisata di Kota Semarang terakhir yang akan kita bahas disini yakni Kota Lama Semarang. Di daerah ini banyak sekali terdapat banyak sekali macam bangunan kuno peninggalan Pemerintah Kolonial Belanda. Keberadaan Kota Lama ini menunjukkan bahwa Kota Semarang semenjak dulu sudah menjadi pusat perekonomian dan pusat pemerintahan. Beberapa bangunan kuo yang hingga sekarang masih berdiri kokoh yakni Bank Mandiri, Asuransi Jiwa Sraya, Pabrik Rokok Praoe Lajar, Stasiun Tawang, Gereja Blenduk dan Polder Air tawang. Untuk lebih menambah sensasi menikmati eksotisme Kota Lama Semarang ini, sekarang sudah tersedia Bus pariwisata yang siap mengantarkan anda berkeliling menikmati Kota Lama Semarang. Bus Pariwisata ini diberi nama Semarjawi, yang merupakan kependekan dari Semarang Jalan-jalan Wisata. Bus ini di operasikan semenjak tanggal 28 Oktober 2014 oleh PT Telekomunikasi Selular dan telah diresmikan oleh Bapak Walikota Semarang Hendrar Prihadi.
(Baca : Kota Lama Semarang dengan Bangunan Kuno yang Unik )

Demikian tadi penjelasan singkat perihal tempat wisata yang ada di Kota Semarang. Kota Semarang yang memiliki sejarah yang panjang sangat layak untuk anda jadikan sebagai destinasi wisata anda bersama keluarga pada ketika liburan tiba. Di tempat ini akan anda temui banyak sekali bangunan-bangunan yang sangat bersejarah yang memiliki nilai historis dan eksotisme yang sangat tinggi. Oh ya selain berkeliling di Kota Semarang anda dapat juga berkeliling berwisata ke Tempat wisata yang ada di Kabupaten Semarang.
(Baca : 12 Tempat Wisata Pilihan di Jawa Tengah )

Google Adsense Here