12 Tempat Wisata di Pati Jawa Tengah Paling Menarik

Google Adsense Here

12 Tempat Wisata di pati Jawa Tengah Paling Menarik, Tempat Wista Terindah – Kabupaten Pati merupakan salah satu kabuaten yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Pati termasuk dalam deretan kabupaten yang terdapat di pantura timur Jawa Tengah. Kabupaten ini terkenal dengan julukan Bumi Mina Tani. Akhir-akhir ini Kabupaten Pati sedikit terkenal di televisi nasional, alasannya yakni ada salah satu artis yang lahir di Pati dapat sukses di pertelevisian nasional, yaitu Soimah.

Di dunia pariwisata memang Kabupaten Pati belum banyak dikenal memiliki obyek wisata yang ramai dikunjungi, namun bergotong-royong apabila kita mau mengeksplore alam di Pati, akan ada banyak tempat wisata dengan pemandangan yang bagus namun belum banyak dikembangkan oleh Pemerintah Daerah setempat. Diantara wisata Pati ini ada yang berupa wisata alam, wisata keluarga wisata religi dll. Berikut ini yakni 12 Tempat Wisata di Pati Jawa Tengah Paling Menarik yang sangat cocok anda kunjungi pada waktu liburan sekolah.

Google Adsense Here

12 Tempat Wisata di Pati Jawa Tengah Paling Menarik

1. Juwana Water Fantasy (JWF)


Tempat wisata pertama di Kabupaten Pati yang akan kita bahas yakni Juwana Water Fantasy. Juwana Water Fantasy bergotong-royong merupakan wisata pati yang masih baru, alasannya yakni gres dilaunching pada tanggal 7 Juni 2012. Namun melihat pengembangan yang dilakukan oleh pengelola serta antusiasme dari pengunjung nampaknya JWF layak kami tempatkan pada urutan pertama daftar tempat wisata di Pati. Juwana Water Fantasy merupakan sebuah tempat rekreasi bagi keluarga yang terdapat banyak sekali wahana permainan baik permainan darat maupun air. Saat ini ada 35 wahana yang sudah dibangun dan kemungkinan akan terus bertambah. Untuk datang ke JWF anda dapat mengunjungi di alamat Jl. Juwana – Rembang Km.8 Ds. Bumimulyo (Mujil) Kec. Batangan Kab. Pati,, Juwana, Jawa Tengah, Indonesia 59186.
( Baca : Liburan Seru di JWF Pati Jawa Tengah )

2. Waduk Gunung Rowo


Waduk Gunung Rowo merupakan sebuah waduk yang terletak di lereng Guung Muria sebelah timur yang masih dalam wilayah Kabupaten Pati. Sama ibarat waduk pada umumnya, Waduk Gunung Rowo memiliki fungsi untuk sarana irigasi bagi sawah-sawah di sekitarnya. Namun alasannya yakni keindahannya, waduk ini banyak dikunjungi warga masyarakat Pati sebagai tempat wisata yang menarik. Pengunjung banyak berdatangan ke Waduk Gunung Rowo terutama pada Hari Minggu da hari libur lainnya. Di lokasi wisata ini pengunjung dapat menikmati keindahan Waduk Gunung Rowo yang disekitarnya dikelilingi hutan dari gazebo-gazebo yang telah disediakan. Jika lapar, pengunjung dapat menikmati sajian masakan khas ikan air tawar yang banyak dijajakan warung-warung makan disekitar Waduk Gunung Rowo.

3. Waduk seloromo


Selain Waduk Gunung Rowo, ada satu lagi waduk yang terdapat di Kabupaten Pati yakni Waduk Seloromo. Waduk Seloromo ini terletak tidak jauh dari Waduk Gunung Rowo. Jika anda dari Kota Pati anda dapat menjangkau Waduk Seloromo dengan mengambil jurusan Gembong. Waduk Seloromo juga memiliki pemandangan yang tak kalah menarik dibanding Waduk Gunung Rowo. Maka tak heran apabila di tempat ini sering dijadikan sebagai obyek bagi penggemar dunia fotografi.

4. Makam Syeh Jangkung Saridin


Nah kalau yang ini yakni salah satu wisata religi yang ada di Kabupaten Pati, yaitu Makam Syeh Jangkung atau yang memiliki nama kecil Saridin. Tokoh Saridin ini sudah sangat terkenal di wilayah Pati dan sering dijadikan sebagai dongeng dalam pertunjukan Kethoprak. Tentang siapa bergotong-royong tokoh Saridin ini bergotong-royong masih menjadi perdebatan di kalangan masyarakat. Namun pendapat yang paling banyak dipercaya yakni bahwa Saridin ini merupakan putra dari Sunan Muria dari istri berjulukan Dewi Samaran. Saridin ini sudah memiliki kesaktian semenjak kecil, bahkan kesaktiannya ini sudah muncul dikala mencar ilmu kepada Sunan Kudus, yang kesannya membuat Sunan Kudus geram dan mengusirnya dari Pesantren.

5. Pantai Banyutowo


Kabupaten Pati memang dikenal sebagai kabupaten yang memiliki wilayah yang berbatasan eksklusif dengan Laut Jawa. Hal ini kemudian menimbulkan Pati memiliki spot pantai yang indah. Salah satu tempat wisata berupa pantai yakni Pantai Banyutowo. Pantai Banyutowo terdapat di Desa Banyutowo, Tayu. Daerah ini berbatasan dengan Kabupaten jepara, serta berdekatan juga dengan beberapa obyek wisata di Jepara ibarat Benteng Portugis dan Pulau Mandalika.

6. Wisata Jolong


Wisata Jolong di Kabupaten Pati merupakan sebuah wisata terpadu yang banyak menarik minat para wisatawan lokal. Lokasi wisata Jolong ini yakni di lereng Gunung Muria sehingga memiliki suasana yang sejuk dan benyak ditumbuhi pepohonan yang besar. Terdapat beberapa obyek yang dapat dinikmati di daerah wisata ini ibarat Bumi Perkemahan, outbound, agrowisata, Air Terjun Grenjengan dll. Air Terjun Grenjengan ini menjadi salah satu favorite spot wisata di Agrowisata Jolong ini alasannya yakni air yang mengalir sangat jernih dan suasananya begitu menyejukkan. Di sekitar wisata ini dapat anda lihat perkebunan kopi yang dikelola oleh PTPN IX. Akses menuju wisata Jolong ini masih terbilang buruk, sehingga perlu banyak pembenahan dari pihak terkait semoga llebih banyak mendatangkan wisatawan dari luar daerah.

7. Gua Pancur


Nah berikutnya kita akan bahas sebuah tempat wisata alam lainnya yang ada di Kabupaten Pati Jawa Tengah, yaitu Goa Pancur. Goa Pancur yakni goa alam yang terletak di Desa Jimbaran Kecamatan Kayen Kabupaten Pati. Goa ini memiliki pemandangan yang sangat bagus yaitu berupa stalagtit dan stalagmit yang ada di sepanjang goa. Namun yang perlu anda ketahui bahwa di dalam goa ini juga terdapat anutan sungai yang kedalamannya mampu sepinggang orang dewasa. Oleh alasannya yakni itu apabila anda akan menyusuri goa ini anda harus berhati-hati. Anda dapat menggunakan jasa pemandu wisata lokal semoga dapat menunjukkan jalan yang aman serta dapat menceritakan banyak sekali hal yang ada seputar Goa Pancur ini.

8. Air terjun tadah hujan


Kabupaten Pati berbatasan eksklusif dengan Kabupaten Grobogan dimana batas wilayahnya terdapat Gunung Kendeng yang berupa pegunungan kapur. Di Gunung Kendeng ini terdapat sebuah tempat wisata yang masih tersembunyi di Kabupaten Pati yaitu air Terjun Tadah Hujan. Air terjun Tadah Hujan memiliki tinggi sekitar 75 meter. Karena kanal jalan yang belum begitu bagus maka temat wisata ini belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Namun kalau anda menginginkan suasana yang sunyi, dengan pemandangan alam yang elok, maka anda dapat berpetualang mencari eksistensi Air Terjun Tadah Hujan ini.

9. Pintu Gerbang Majapahit


Berikutnya kami akan membahas wisata Pati yang memiliki nilai sejarh yang sangat tinggi yaitu Pintu Gerbang Majapahit. Dinamakan demikian alasannya yakni memang pintu ini yakni peninggalan pemerintahan Kerajaan Majapahit. Pintu Gerbang Majapahit ini berbentuk pintu jati yang kemudian diberi naungan ibarat layaknya sebuah gapura. Bentuknya memang sangat sederhana namun pintu ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Bagaimana ceritanya kenapa pintu gerbang Majapahit ini mampu berada di Kabupaten Pati ? Menurut cerita, pintu itu dibawa oleh Raden Bambang Kebo Nyabrang dari Trowulan eksklusif yang merupakan sentra pemerintahan Majapahit kala itu. Raden Bambang Kebo Nyabrang melaksanakan ini semoga diakui oleh Sunan Muria sebagai anak kandungnya. Sebelum hingga di Muria, tepatnya di Pati, Raden Bambang Kebo Nyabrang dicegat oleh Raden Ronggo yang juga menginginkan Pintu Majapahit ini sebagai syarat mempersunting Roro Pujiwati. Raden Ronggo merupakan murid SUnan Ngerang dimana Sunan Ngerang ini juga Guru Sunan Muria. Keduanya kemudian bertempur habis-habisan, bahkan samai 35 hari lamanya. Pertempuran gres berhenti setelah keduanya dipisah oleh SUnan Muria sendiri, dan Raden Bambang Kebo Nyabarang diakui sebagai anak kandung Sunan Muria. Pintu Majapahit kemudian di biarkan ditempat pertempuran tersebut hingga sekarang. Wilayah tempat pertempuran itu kemudian dinamakan dengan Rendole, kependekan dari “Sak kloron padha bandhole” di mana artinya keduanya sama-sama sakti mandraguna.

10. Pulau Seprapat Juwana


Pulau Seprapat merupakan sebuah pulau yang terdapat berdekatan dengan Pelabuhan Juwana tepatnya di Desa Bendar Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Letak Pulau Seprapat yakni di muara Sungai Silugonggo, Juwana, Pati. Pulau ini berukuran kecil atau tepatnya sekitar 220 x 65 meter. Di pulau ini nuansa mistis sangat terasa, yaitu dengan adanya pepohonan yang tumbuh di sekitar pulau serta eksistensi sebuah makam yang merupakan makam seorang wali yaitu Ki Lodang Datuk Wali Joko. Banyak peziarah yang mengunjungi makam di Pulau Seprapat ini. Namun sayangnya diantara peziarah ini ada juga yang memiliki niat lain, yaitu berziarah dengan impian menerima berkah berupa kekayaan, atau sering disebut dengan pesugihan. Namun semua kita kembalikan kepada niat dari orangnya, bagi anda tidak kami sarankan untuk menmpuh cara-cara ibarat ini untuk menerima keinginan tertentu.

11. Bumi Perkemahan Regaloh


Wisata pati yang satu ini merupakan sebuah wisata alam yang dapat dinikmati seluruh anggota keluarga, yaitu Bumi Perkemahan Regaloh. Bumi Perkemahan Regaloh menawarkan suasana khas hutan dengan banyak pepohonan yang sangat asri. Di tempat ini serig digunakan sebagai lokasi kemah atau camping. Selain itu pada hari-hari biasa dapat digunakan sebagai tempat nongkrong khususnya bagi warga Pati sendiri yang ingin menikmati suasana hutan yang sejuk. Selain suasananya yang nyaman, Bumi Perkemahan Regaloh juga sudah dilengkapi dengan beberapa permainan ibarat flying fox, ayunan dan juga gazebo untuk duduk-duduk santai. Untuk mendatangi Bumi Perkemahan Regaloh ini anda dapat menempuh jalur arah Kecamatan Tlogowungu. Setelah melewati Pasar Tlogowungu anda tinggal belok ke kanan dan menempuh jalur sekitar 1 km jauhnya.

12. Alun-alun Kota Pati


Alun-alun Kota Pati memiliki keunikan tersendiri dibanding alun-alun di Kota lainnya. Di Alun-alun Kota Pati ini hampir setiap malamnya terdapat banyak sekali pedagang yang menjajakan dagangannya dari aneka masakan khas Pati hingga banyak sekali macam barang ibarat pakaian, accesories, mainan dll. Selain itu bai anak kecil juga dapat menikmati banyak sekali macam permainan ibarat kendaraan beroda empat mini, odong-odong, bianglala mini dll. Para pedagang ini berjualan mengitari alun-alun, dan juga di tepi jalan sekitar alun-alun. Sedangkan ditengah alun-alun sendiri banyak sekali pengunjung yang duduk-duduk menikmati indahnya malam di Kota Pati. Pengunjung tidak hanya datang dari Kota pati namun juga dari daerah di pinggiran Kabupaten Pati. Keramaian di Alun-alun Kota Pati ini sudah menjadi semacam pasar rakyat bagi warga masyarakat Pati. Oleh alasannya yakni itu kalau anda berkunjung ke Pati, jangan hingga lupa menikmati Alun-alun Kota Pati di malam hari sembari merasakan masakan khas ibarat soto kemiri, pempek Pati, nasi goreng, dll.

Tempat wisata Pati memang menarik untuk dikunjungi. Untuk lebih menambah asyiknya berkeliling wisata ke Pati anda dapat menyewa kendaraan beroda empat di rental kendaraan beroda empat yang ada di sekitar Pati. salah satu rental kendaraan beroda empat yang menyediakan jasa sewa kendaraan beroda empat dengan armada kendaraan yang bagus yakni di Docar.co.id. Jika berminat anda dapat eksklusif berkunjung ke situs mereka DOcar sewa kendaraan beroda empat Semarang

Demikian tadi sekilas perihal tempat wisata di Kabupaten Pati. Semoga berita perihal 12 Tempat Wisata di Pati Jawa Tengah Paling Menarik tadi dapat menambah wawasan anda perihal obyek wisata yang ada di Kabupaten Pati Jawa Tengah.
(Baca juga :
12 Tempat Wisata di Kabupaten Kudus
12 Tempat Wisata di Kabupaten Rembang Jawa Tengah )

Google Adsense Here