12 Tempat Wisata di Pekalongan yang Banyak dikunjungi Wisatawan

Google Adsense Here

12 Tempat Wisata di Pekalongan yang Banyak dikunjungi Wisataan, – Pekalongan merupakan sebuah nama Kabupaten dan Kota yang berada di Jawa Tengah. Kota dan Kabupaten Pekalongan terletak berimpitan, Kota Pekalongan berada di sebelah utara sedangkan Kabupaten Pekalongan di sebelah selatan. Kabupaten Pekalongan berbatasan pribadi dengan Laut Jawa di sebelah utara, Kabupaten Batang di sebelah timur, Kabupaten Bajarnegara di sebelah selatan dan Kabupaten Pemalang di sebelah barat. Pekalongan menjadi salah satu pusat produsen batik yang cukup terkenal. Batik Pekalongan menjadi salah satu produk batik unggulan dari Jawa Tengah disamping Batik Solo. Batik Pekalongan sudah banyak dijual di banyak sekali wilayah di Indonesia, selain itu banyak juga pelancong dari luar daerah yang membawa buah tangan khas Pekalongan ini sebagai materi cinderamata. Selain terkenal dengan batiknya, Pekalongan juga terkenal dengan destinasi wisatanya yang terkenal. Dalam artikel ini kami akan membahas beberapa tempat wisata yang terletak baik di Kota Pekalongan ataupun yang masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Pekalongan. Berikut ialah 12 Tempat Wisata di Pekalongan yang Banyak dikunjungi Wisatawan.

12 Wisata Pekalongan Jawa Tengah Pilihan

Google Adsense Here

1. Pantai Pasir Kencana


Kota Pekalongan merupakan salah satu Kota Pelabuhan di jalur Pantura Pulau Jawa. Hal itu juga menjadikan di Kota Pekalongan ini memiliki beberapa obyek wisata pantai yang potensial untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Salah Satu Tempat Wisata Pantai yang terdapat di Kota Pekalongan ialah Pantai Pasir Kencana. Pantai ini terletak tidak jauh dari Kota Pekalongan, yaitu hanya berjarak sekitar 4 km dari pusat Kota Pekalongan. Pantai Pasir Kencana terlihat cukup rapi alasannya ialah terdapat kerikil pembatas yang sudah dibangun. Di kompleks Pantai Pasir Kencana ini juga dibuat miniatur seaword dimana didalamnya terdapat akuarium dan koleksi biota laut.

2. Pantai Slamaran


Wisata Pekalongan Pantai Slamaran terletak tidak jauh dari Pantai Pasir Kencana. Keduanya hanya dipisahkan oleh Pelabuhan. Pemandangan di Pantai Slamaran juga hampir menyerupai dengan di pantai Pasir Kencana alasannya ialah di Pantai Slamaran juga terdapat pembatas ombak yang dibangun dari batu. Namun perbedaannya di Pantai Slamaran tidak ada wisata maritim yang berupa miniatur Sea World nya. Di Pantai Slamaran terdapat kepercayaan dari masyarakat ihwal adanya “penunggu” Pantai yaitu Dewi Lanjar. Pada waktu-waktu tertentu anda mungkin akan menemukan pengunjung yang sedang melaksanakan ritual penghormatan kepada Dewi Lanjar ini.

3. Pantai Depok


Wisata pantai selanjutnya di Pekalongan ialah Pantai Depok. Pantai Depok menyampaikan pemandangan alam yang sangat eksotis berupa pantai yang masih alami dan di sekitarnya banyak ditmbuhi pohon nyiur. Ombak di Obyek wisata Pekalongan Pantai Depok ini sangat hening sehingga cocok apabila digunakan berenang bersama di pantai. Pantai Depok terdapat di sebuah desa berjulukan Desa Depok, Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan.

4. Pantai Wonokerto


Satu lagi tempat wisata pantai di Pekalongan yang layak untuk dikunjungi yaitu Pantai Wonokerto. Pantai Wonokerto memiliki keindahan tersendiri yaitu pemanangan sunset yang indah. Selain itu di daerah Pantai Wonokerto ini jugaterdapat sebuah pelelangan ikan. Makara jikalau anda beruntung anda dapat menemui banyak pedagang ikan yang menjajakan ikan hasil tangkapan pribadi dari nelayan setempat. Pada saat-saat tertentu di Pantai ini diselenggarakan program nyadran sebagai wujud rasa syukur para nelayan atas hasil melaut yang melimpah.

5. Curug Muncar


Ada banyak sekali curug yang terdapat di Pulau jawa ini. Beberapa diantaranya memiliki nama yang sama. Sebagai contohnya ialah di Kabupaten Pekalongan terdapat Curug berjulukan Curug Muncar. Destinasi wisata Pekalongan Curug Muncar ini memiliki kesamaan nama dengan Curug Muncar yang terdapat di Purworejo. Curug Muncar di Pekalongan terdapat di ketinggian 1.249 mdpl dimana di sekitarnya terdapat pemandangan yang snagat eksotis lereng Gunung Rogojembangan. Lokasi Curug Muncar ini tepatnya ialah di Desa Curug Muncar, Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan.

6. Curug Bajing


Tak jauh dari Curug Muncar, masih di Kecamatan Petungkriyono, terdapat obyek wisata lain berupa curug yaitu Curug Bajing. Curug Bajing tepatnya berada di Desa Tlogopakis. Curug Bajing ini berada di ketinggian 1300 mdpl. Ketinggian curug sendiri ialah sekitar 70 meter, limayan tinggi bukan ? Namun memang lokasi wisata di Pekalongan ini masih terbilang alami, belum banyak dilakukan pembangunan di wisata ini, sehingga pengunjung juga belum banyak yang berdatangan. Hanya pengunjung lokal dari Pekalongan sendiri yang berdatangan.

7. Puncak Hanoman


Di Kabupaten Pekalongan terdapat sebuah Gunung yang berjulukan Gunung Kendalisodo. Gunung ini memiliki puncak berjulukan Punca Hanoman dengan ketinggian 1.697 mdpl. Memang tidak terlalu tinggi untuk ukuran gunung di Pulau Jawa, namun untuk mendaki Puncak Hanoman ini cukup menantang alasannya ialah anda harus melewati jalur yang terjal. Setiba di Punca hanman anda dapat menikmati pemandangan yang rupawan dilengkapi dengan udara yang sejuk.

8. Gunung Rogojembangan


Nah, bagi anda yang suka mendaki Gunung, selain Puncak Hanoman di Gunung Kendalisodo, anda juga dapat mendaki gunung linnya di Kabupaten Pekalongan yaitu Gunung Rogojembangan. Pendakian Gunung Rogojembangan dapat dimulai dari Desa Gumelem Kecamatan Patungkriyono, Kabupaten Pekalongan. Gunung Rogojembangan merupakan gunung yang terdapat di perbatasan Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Banjarnegara dimana puncak tertingginya mencapai 2.117 mdpl. Selai pemandangannya yang indah, di lereng Gunung Rogojembangan ini anda juga seklaian dapat mengunjungi Curug Muncar yang berada di lerengnya.

9. Kawasan Wisata Linggo Asri


Salah satu destinasi di Pekalongan yang juga sangat ternal sebagai wisata keluarga ialah daerah wisata di Linggo Asri. Ada banyak sekali macam pilihan wisata yang ditawarkan di daerah wisata ini menyerupai rafting atau arung jeram, flying fox, trekking, outbond, taman bermain, kebun binatang mini dll. Lokasi Linggo Asri yang berada di perbukitan menambah suasana menjadi sejuk dan asri. Kawasan wisata Linggo Asri berada di Desa Linggo Asri Kecamatan kajen Kabupaten Pekalongan, Banyak orang yang menyebt Linggo Asri dengan kependekan “LA”.

10. Desa Wisata Lolong


Tempat wisata di Pekalongan selanjutnya ialah Desa wisata Lolong. Desa Wisat ini dapat dikategorikan sebagai wisata adventure alasannya ialah yang menjadi unggulan di Desa Wisata Lolong ialah Arung Jeram di sungai Singkarang. Sungai Singkarang ialah sungai yang melintasi Desa Lolong ini, dimana sungai ini memiliki air yang jernih serta arus yang cukup deras. Saat ekspresi dominan durian, di Desa Lolong banyak sekali ditemukan durian alasannya ialah memang di Desa ini banyak penduduk yang membudidayakan durian. Jika anda tertarik, anda dapat mencoba datang di Desa Wisata Lolong, Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan.

11. Museum Batik


Seperti kami sampaikan di awal bahwa Pekalongan terkenal dengan Batik Khasnya yang diberi nama Batik Pekalongan. Batik Pekalongan merupakan sebuah warisan budaya yang sudha ada semenjak aman dahulu dan dibuat secara turun temurun hingga sekarang ini. Oleh alasannya ialah tu Kota Pekalongan diakui sebagai Kota Batik Internasional. Oleh alasannya ialah itu sangatlah beralasan apabila di Kota ini dibangun sebuah Museum Batik. Di dalam Museum Batik di Pekalongan ini disimpan koleksi sebanyak 1149 batik serta banyak sekali macam benda yang berafiliasi dengan batik termasuk alat membuat batik itu sendiri.

12. International Batik Center


Setelah melihat banyak sekali macam koleksi batik di Museum Batik, tak lengkap rasanya apabila tidak membawa batik sebagai buah tangan khas dari Pekalongan. Untuk memperolah barang yang bagus dengan banyak sekali macam pilihan, anda harus mencoba mengunjungi International Batik Center. Di International Batik Center ini dijual banyak sekali macam koleksi Batik yang tidak hanya ari Pekalongan sendiri namun juga koleksi batik dari daerah lain menyerupai Cirebon, Solo dll. Lokasi International Batik Center ialah di Jalan A Yani Nomor 573 Wiradesa, Kabupaten Pekalongan.

Demikian tadi berita seputar 12 Tempat Wisata di Pekalongan yang Banyak dikunjungi Wisatawan. Kami yakin potensi wisata yang ada di Kota dan Kabupaten Pekalongan tidak hanya 12 tempat wiata diatas. Namun pastinya banyak Wisata Pekalongan lain yang apabila dikembangkan dapat menjadi obyek wsiata yang ramai dikunjungi wisatawan.

Baca juga ya :
12 Tempat Wisata di Tegal paling Populer
12 Tempat wisata di Kabupaten Batang yang menjadi unggulan

Google Adsense Here