12 Tempat Wisata di Sleman yang Paling Menarik

Google Adsense Here

12 Tempat Wisata di Sleman yang Paling Menarik, – Sleman merupakan nama sebuah Kabupaten yang terdapat di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY. Kabupaten Sleman memiliki potensi wisata yang sangat besar baik wisata alam, wisata sejarah, wisata keluarga dll. Wisata di Sleman ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan alasannya ialah banyak dijadikan sebagai paket wisata bersama obyek wsiata yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya. Beberapa obyek wisata di Sleman mungkin banyak orang menerka termasuk wilayah Yogyakarta. Memang wilayah Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman ini berimpitan sehingga banyak yang tidak tahu batas-batas wilayah kedua daerah tersebut. Berikut ialah 12 Tempat Wisata di Sleman yang Paling Menarik.

12 Wisata Sleman Yogyakarta Paling Menarik

1. Candi Prambanan


<a href=” https: / /tempatwisatadaerah.blogspot.com /2014 /06 /keindahan-wisata-candi-prambanan.html” rel=”nofollow”>Candi Prambanan banyak dikenal sebagai tempat wiata di Yogyakarta. Secara administratif wilayah wisata Candi Prambanan ini terletak di dua Provinsi yaitu Provinsi DIY dan Provinsi Jawa Tengah. Di Provinsi DIY masuk dalam Kabupaten Sleman. Tempat Wisata Candi Prambanan merupakan sebuah wisata berupa candi peninggalan Agama Hindu yang dibangun pada era ke 9. Candi Prambanan telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Selain alasannya ialah sejarahnya yang menarik untuk dipelajari, Candi Prambanan juga erat hubungannya dengan sebuah mitos wacana Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Tempat Wisata di Sleman ini dapat dikatakan sebagai wisata yang paling favorit alasannya ialah tiap hari ramai dengan pengunjung.

Google Adsense Here

2. Candi Boko


Lokasi tempat wisata Candi Boko terletak tidak jauh dari Candi Prambanan. Apabila anda berkunjung ke Candi Prambanan, tak lengkap rasanya apabila belum mengunjungi Candi Boko. Menurut mitos yang berkembang, Candi Boko ini ialah bekas kerajaan Ratu Boko, yang merupakan ayah dari Roro Jonggrang. Candi Boko berada di dua dukuh yaitu Dukuh Dawung, Desa Bokoharjo dan Dukuh Sumberwatu, Desa Sambireja, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Obyek wisata di Sleman Situs Ratu Boko ini sedang diajukan menjadi Situs Warisan Dunia.

3. Candi Kalasan


Candi Kalasan masih terbilang bersahabat dengan daerah Candi Prambanan. Namun eksistensi destinasi wisata Sleman Candi Kalasan ini kurang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Lokasi Candi Kalasan ialah di Jl. Raya Yogya Solo Km 14 Kalibening, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Kalasan ialah peninggalan Agama Budha dan merupakan candi tertua di Daerah IStimewa Yogyakarta.

4. Kaliurang


Kaliarang ialah daerah wisata di Sleman yang terletak di lereng Gunung Merapi. Kawasan ini terkenal dengan suasananya yang sejuk. Banyak warga Yogyakarta yang berlibur ke Kaliurang ketika trend liburan tiba. Ada beberapa spot wisata yang ada di Kawasan Kaliurang ini. Yang paling terkenal ialah gardu pandang Gunung Merapi. Disini anda dapat melihat puncak Gunung Merapi secara eksklusif menggunakan teropong. Selain itu ada juga taman bermain dan panggung hiburan. Kaliurang juga terkenal dengan Resot Kaliurang dan agrowisatanya. Tanaman yang banyak dibudidayakan ialah aneka buah da sayuran.

5. Sendratari Ramayana


Sendratari Ramatana ialah pertunjukan berupa seni drama dan tari yang mengisahkan dongeng Ramayana. Pertunjukan Seni Drama dan Tari Ramayana diadakan di panggung teater terbuka di bersahabat Kawasan Candi Prambanan. Jika cuaca tidak mendukung pertunjukan ini diadakan di dalam ruangan gedung Trimurti. Pertunjukan ini telah menjadi wisata di Sleman yang ramai dikunjungi baik oleh turis lokal maupun mancanegara.

6. Monumen Yogya Kembali


Wisata bersejarah di Sleman ini meskipun berada di dekata Kota Yogyakarta namun sebetulnya masih termasuk dalam wilayah Kabupaten Sleman. Monumen Yogya kembali sering disingkat dengan Monjali, dimana moumen ini dibangun sebagai pengingat akan jasa para hero yang gugur di medan perang Serangan Umum 1 Maret 1949 melawan penjajah Belanda. Dengan serangan ini kesannya pada 29 Juni 1949 Tentara Belanda ditarik dari Yogyakarta dan menandai kembalinya Yogyakarta ke dalam kekuasaan RI.

7. Museum Affandi


Affandi ialah maestro pelukis yang sangat terkenal di Indonesia. Karya-karya Affandi didokumentasikan dalam Museum Affandi ini yang terletak di pinggir sungai Gajah Wong, atau di Jalan Laksda Adisucipto Nomor 167 Yogyakarta. Para penikmat seni lukis dapat mengunjungi museum ini dan melihat ratusan lukisan karya besar pelukis Affandi. Museum Affandi merupakan wisata Sleman yang layak untuk dikunjungi terutama bagi anda pecinta seni.

8. Museum Gunung Merapi


Museum Gunung Merapi dibangun di Jln. Boyong, Dusun Banteng, Desa Harjobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasi ini berjarak sekitar 5 km dari daerah Kaliurang sehingga masih termasuk dalam lereng Gunung Merapi. Kita tahu bahwa Gunung Merapi ialah gunung teraktif di dunia. Setiap kali meletus akan mengakibatkan bencana yang luar biasa bagi penduduk di sekitar Gunung Merapi. Museum Gunung Merapi ini dibangun sebagai media pendidikan bagi masyarakat akan aspek teknis vulkanologi hingga duduk perkara sosial dan budaya dari Gunung Merapi ini.

9. Museum Dapur Tradisional


Museum Dapur Tradisional memiliki koleksi yang sangat unik yaitu berupa peralatan dapur tradisional semenjak zaman dahulu. Museum Dapur Tradisional ini terdapat di desa wisata Kembangarum, Turi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata museum di Sleman ini dapat dijadikan sebagai wisata pendidikan bagi putra-putri kita supaya dapat mengenal sejarah perkembangan peralatan rumah tangga dari yang masih kuno hingga yang modern.

10. Museum Dirgantara Mandala


Museum Dirgantara Mandala menyimpan diorama dan miniatur banyak sekali jenis pesawat, pesawat terbang yang bersejarah serta peralatan dan persenjataan pesawat terbang. Museum Dirgantara terdapat di bersahabat Kompleks Lanud Adisucipto. Wisata di Sleman ini sangat digemari oleh putra-putri kita dan dapat dijadikan sebagai ajang pengenalan pesawat terbang kepada mereka.

11. Kinahrejo


Kinahrejo merupakan dusun tempat tinggal Mbah Maridjan semasa masih hidup dulu. Kini dusun Kinahrejo sudah hancur total akhir letusan Gunung Merapi pada 26 Oktober 2015. Sisa sisa perkampungan di Kinahrejo ini sekarang menjadi obyek wisata Sleman yang sangat diminati oleh pengunjung. Alamat lengkap Kinahrejo ialah di Dusun Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Disini pengunjung dapat melihat sisa lava yang menumpuk, barang barang yang menjadi saksi keganasan lava Gunung Merapi dan disediakan juga banyak sekali macam souvenir hasil karya penduduk sekitar.

12. Goa Jepang


Ada dua buah Goa Jepang yang dapat dikunjungi di Kabupaten Sleman, yaitu Gua Jepang yang berada di Dusun Blambangan, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah serta Goa Jepang yang ada di sisi barat bukit Plawangan, Kaliurang. Kedua goa ini merupakan goa yang dijadikan sebagai bunker pertahanan semasa pendudukan Jepang.

Ada banyak cara untuk berwisata di Sleman, salah satunya ialah dengan menyewa kendaraan beroda empat di rental kendaraan beroda empat yang banyak terdapat di Sleman. Jika anda ingin menyewa kendaraan beroda empat untuk kebutuhan transportasi di Sleman dan sekitarnya anda dapat menyewa kendaraan beroda empat di Docar. Docar merupakan sebuah perusahaan jasa transportasi gres yanng menyediakan sewa kendaraan beroda empat dengan harga yang terjangkau. anda dapat eksklusif mengunjungi situs mereka di DOcar sewa kendaraan beroda empat Jogja.

Demikian tadi 12 Tempat Wisata di Sleman yang Paling Menarik pilihan dari kami tempatwisatadaerah.blogspot.com. Semoga dengan informasi tempat wisata diatas dapat menawarkan sedikit pencerahan bagi anda yang akan berkunjung ke Kabupaten Sleman. (Baca juga : Tempat Wisata di Yogyakarta Lengkap )

Google Adsense Here