13 Wisata curug atau riam di Purworejo

Google Adsense Here

Purworejo merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah dan berbatasan pribadi dengan Provinsi Yogyakarta . Kota ini merupakan kota yang sedang berkembang, wilayah Purworejo sendiri hampir 70 % terdiri dari pegunungan dan 30% lainnya merupakan dataran. Kaprikornus pastinya banyak potensi alam yang dapat dijadikan sebagai objek wisata, menyerupai yang akan saya ekplor berikut beberapa curug atau teladas yang ada di Kota Purworejo

1. Curug Muncar
Curug Muncar ini merupakan salah satu objek wisata di purowrejo yang masih alami dan pastinya asri. Air terjun tersebut berada di pegunungan dengan ketinggian 900 . Namun untuk menuju ke loaksi wisata tersebut di butuhkan sedikit perjuangan melewati lembah dengan berjalan kaki. Tapi semua akan terbayarkan jikalau kita sudah hingga di curug muncar alasannya ialah kita akan disuguhkan dengan derasnnya air dari atas pegunungan dan tentunnya pemandangan nan elok, sayangnnya tempat ini belum terlalu banyak akomodasi pendukung jadi sangat disayangkan sekali. Tapi buat para pecinta traveler curug ini sangat direkomendasikan. Wisata ini berada di Kecamatan Bruno, Purworejo.

Google Adsense Here
curug Muncar (Ig @abdaurizki)

2. Curug Silangit 
Purworejo Curug Silangit merupakan tempat wisata di Purworejo yang menjadi aset wisata kota Purworejo. Dinamakan Curug Silangit alasannya ialah ketinggian curug ini mencapai 50 meter yang dibagi atas 3 tingkatan curug. Pada curug paling atas setinggi 30meter, curug kedua dan ketiga memiliki tinggi yang sama yaitu 10 meter. Tapi jikalau anda bermain air di sekitar curug ini sebaiknya hati-hati alasannya ialah jikalau anda tidak mampu berenang sebaiknya anda bermain di tepian saja. Curug ini dikenal memiliki kedalaman kedung yang sangat dalam. Akses ke Curug Silangit dapat ditempuh dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi dan letaknya pun mudah dijangkau alasannya ialah lokasinya berada di Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo.

 
Curug Silangit (telusurindonesia.com)

3. Curug Gunung Putri 
Air terjun atau dalam bahasa Jawa lebih dikenal dengan “curug” memang selalu menggoda untuk dinikmati. Terlebih kalau air terjunnya dipadukan dengan rerumputan dan pepohonan hijau yang nampak memukau mata. Curug Gunung Putri ialah salah satunya. Wisata alam tersembunyi ini terletak di Kecamatan Bruno, tepatnya di desa Cipedak. Jalur menuju curug ini memang agak susah diakses alasannya ialah letaknya yang kurang lebih 20 km dari sentra kota Purworejo. Curung Gunung Putri ialah objek wisata teladas yang berlokasi di tengah lebatnya hutan pinus. Rasa lelahmu atas perjalanan menuju teladas ini, dijamin akan segera lunas terbayar setelah menikmati indahnya alam di Curug Gunung Putri ini.

Curug Gunung Putri (cepedaknews.com)

4. Curug Abang Purworejo 
Curug Abang ini merupakan salah satu curug atau teladas yang berada di Desa Wonosuko, Kecamatan Kemiri. Kalo teladas yang satu ini lokasinya sangat mudah dijangkau oleh pengunjung alasannya ialah letaknya dengan jalan raya hanya sekitar 200meter saja. Keindahan teladas ini terdapat dalam ornamen dinding atau tebing disekitar teladas yang berwarna merah sehingga namanya menjadi curug Abang atau merah. Dan disekitar lokasi terdapat banyak hutan pinus yang indah, jadi sangat disayangkan jikalau sedang ke Purworejo tidak mengnjungi tempat yang satu ini.

Curug abang (harianpurworejo.com)

 
5. Curug Nabag 
Curug ini masih sangat sepi pengunjung hal ini sangat disayangkan sekali kebanyakan alam yang ada di Purworejo ini tidak terlalu didukung oleh Pemerintah Daerah sehingga tidak dapat dimanfaatkan dengan baik, padahal teladas ini sangat prospek sekali untuk menjadi salah satu destinasi wisata di Purworejo selain wisata pantai. Air terjun yang masih asri ini memang memerlukan perjuangan untuk hingga disana tetapi rasa capek kalian akan dibayar lunas oleh pemandangan eksotis yang ditawarkan sepanjang jalan ke curug nabag. Curug nabag ini berlokasi di Desa Benowo, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo.

Curug Nabag (backpakerjakarta.com)

 
6. Curug Purbayan kemiri
Wisata Curug Purbayan di Kemiri Purworejo Jawa Tengah ialah salah satu tempat wisata teladas yang cukup diminati oleh para pengunjung dan juga sudah cukup terekspos oleh para traveler sehingga teladas ini jikalau hari libur tiba atau hari-hari biasa banyak wisatawan yang menikmati indahnya teladas atau curug purbayan ini. Wisata Curug Purbayan memiliki pesona keindahan yang sangat menarik. Sangat di sayangkan jikalau anda berada di kota purworejo tidak mengunjungi wisata alam yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut. Lokasi curug purbayan berada di desa kemiri, Kecamatan purworejo, Kabupaten purworejo, Provinsi jawa tengah.

Curug Purbayan (fajarbeve07.blogspot)

7. Curug Tawing 
Dalam bahasa setempat curug berarti teladas dan tawing ialah tebing. Curug Tawing merupakan teladas yang berasal dari tebing, begitulah kira-kira arti nama teladas cantik ini. Pada selesai pekan dan hari libur biasanya ada belum dewasa muda yang hobi traveling mengunjungi tempat ini untuk sekedar melepaskan kepenatan dengan acara sehari-hari yang cukup melelahkan. kealamian teladas ini masih sangat terjaga. Curug Tawing punya mitos yang menyebutkan siapa saja yang meminum atau mandi dengan airnya maka mampu infinit muda dan diberi kesehatan. Tidak jauh dari teladas traveler juga mampu mengunjungi Gua Anjani.

curug Tawing (imgrum.net) 

8. Curug Kiyaikate 
Curug Kyai Kate terletak di desa Gunung Condong, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Curug yang dikelilingi tebing dengan hutan pinus dan beberapa tumbuhan rimbun lainnya ini ialah curug yang cukup deras dengan fatwa sungai. Rute menuju lokasi cukup mudah tapi juga lumayan jauh, banyak hal yang bias kalian lakukan dicurug ini menyerupai bermain air dan berfotoria, dan curug Kyai Kate juga biasa digunakan sebagai spot memancing oleh, jadi untuk kalian yang hobi memancing mampu dicoba memancing sambil menikmati derasnya curug Kyai Kate.

curug Kiyaikate (travelingyuk.com)

9. Curug Kaliurip 
Curug Kaliurip sesuai namanya curug atau teladas ini terletak di Desa Kaliurip kecamatan kemiri. curug ini memamg tidak sederas curug lainnya tapi pemandangan disekitar curug atau teladas sangat asri dan menenangkan hati dan pikiran curug ini memiliki kontur fatwa sungai jadi teladas ini tidak cukup dalam, tapi cukup menarik untuk mengisi waktu libur selesai pekan atau untuk menenangkan jiwa.

Curug Kaliurip (fb : yogi wahyuutomo)

 
10. Curug Siklotok
Curug 3 tingkat ini berlokasi di Dusun Jeketro, Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Propinsi Jawa Tengah, atau sekitar 20 Km dari kota Purworejo. Wisata air terjun ini sudah dikelola dengan baik jadi Untuk masuk area curug sudah ada tiket masuk area sebesar Rp. 2.000,- per orang dan parkir motor sebesar Rp. 1.000,-, diarea wisata ini sudah terdapat beberapa akomodasi menyerupai kamar mandi, dan beberapa warung makan. Banyak hal yang kita bisalakukan di teladas ini menyerupai mandi, bermain air serta mengeksplor suasana disekitar curug. Curug diarea ini terdiri dari 3 tingkat curug jadi sangat menarik untuk menghabiskan hari libur ketempat-tempat bagus menyerupai ini.

 Curug Siklotok (spadepicni.wordpress.com)

11. Curug Kedung Gulo 
Purworejo memang dikenal menyimpan banyak objek wisata curug alasannya ialah memang kawasan dipurworejo 70% ialah pegunungan, salah satunya yaitu curug Kedung Gulo. A sekitar jadi untuk ketempat ini belum ada retribusi tiket bagi para pengunjung yang ingin menikmati pesona alam yang indah. Tempat ini sangat cocok untuk bermain air dan berenang tapi tetap berhati-hati dan selalu jaga keasrian dan keindahan alam jangan hingga merusak atau meningalkan jejak selain kenangan yang indah. Curug Kedung Gulo berada di Desa Kalitapas, Bener, Purworejo, Jawa Tengah.

Curug Kedung Gulo (fb : kosongtujuh ngagosari)

12. Curug Klanceng Sedayu 
Curug ini terletak di Desa Sedayu Kec.Loano Kab.Purworejo mungkin curug ini masih absurd di pendengaran anda alasannya ialah memang belum terlalu banyak di ekspos dan di perkenalkan oleh warga dan pemerintah. curug ini merupakan curug yang cukup bagus dan tentunya masih asri dengan mempunyai air yang bersumber dari pegunungan disekitar. Cocok banget buat mengisi hari libur deh.

Curug Klanceng Sedayu (indonesiapunyasegalanya.blogsport.com)

13. Curug Loning 
Curug loning merupakan curug yang berada di kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo. Curug ini memiliki teladas yang cukup deras dan memiliki kontur bertingkat sehingga membuat fatwa curug semakin indah. Anda mampu bermain air serta mandi di curug ini alasannya ialah curug ini dibilang cukup aman untuk hal-hal tersebut.

Curug Loning Kemiri (fb:Dion lon)

Google Adsense Here