16 Wisata Menarik di Purworejo

Google Adsense Here

Purworejo merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah dan berbatasan pribadi dengan Provinsi Yogyakarta, memang ketika ini sedang gencar-gencarnya untuk mempromosikan wisata yang ada di wilayahnya, tentunya untuk menambah pemasukan Daerah.berikut beberapa wisata yang ada di Purworejo.

1.Goa Sikantong
Wisata Goa Sikantong yakni salah satu destinasi wisata alam yang ada di Puworejo. Tempat wisata ini memang sudah cukup terkenal, ini bias dilihat dari jumlah wisatawan yang hadir setiap hari apalagi bila diakhir pekan atau hari libur maka wisatawan bias mencapai duakali lipat dibanding hari biasa. Wisata Goa Sikantong merupakan tempat yang sangat mengagumkan dan unik yang dapat menunjukkan sensasi yang berbeda dengan tempat wisata lain. Kaprikornus sangat di sayangkan bila anda berada di kota Purworejo tidak mengunjungi Wisata Goa Sikantong ini. lokasi Wisata Goa Sikantong terletak di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia.

Google Adsense Here
Gua Sikantong (imgrum.net)

2. Taman Sedandang
Taman sedandang merupakan suatu merupakan paket komplit untuk berwisata di Purworejo sebab tempat ini terdapat sebuah ajaran sungai yang sangat cocok untuk berendam. Tidak jarang para pengunjung bersenang-senang dengan bermain air dan sebagainya. Bagi pengunjung yang tidak mampu berenang, disana juga disediakan penyewaan alat bantu renang atau pelampung demi menjaga keselamatan. Selain itu, tersedia juga tersedia sarana outbond yang cukup menarik minat pengunjung untuk mencobanya. Pasalnya tidak hanya orang sampaumur yang boleh mencobanya, sebab tersedia juga sarana outbond khusus untuk anak-anak. Lokasi wisata ini terletak di desa Kedungrante, Kaligono, Kaligesing, Kaligono, Kaligesing, Kabupaten Purworejo

Taman Sedadang (Online-Istagram.com)

 3. Kedung Lesung
Wisata Sungai Kedung Lesung di Purworejo Jawa Tengah yakni salah satu tempat wisata yang berada di desa purworejo, kabupaten purworejo, provinsi jawa tengah. Wisata ini sudah dibilang cukup terkenal dikalangan traveler maka tak heran bila dihari libur maka banyak wisatawan yang datang ketempat ini untuk menikmati suasana alam dan kedung yang indah. Untuk mencapai lokasi Wisata Sungai Kedung Lesung di Purworejo Jawa Tengah ini anda akan dimudahkan sebab sudah banyak petunjuk arah untuk mencapai Wisata Sungai Kedung Lesung di Purworejo ini. Wisata ini berada di desa purworejo, kabupaten purworejo, provinsi jawa tengah.

Kedung Lesung (teluklove.com)

4. Benteng Pendem
Benteng Pendem ini merupakan salah satu wisata sejarah yang ada di Purworejo. Wilayah Purworejo sendiri memang pernah dijadikan sebagai pangkalan militer pada masa penjajahan Jepang. Salah satu buktinya yakni benteng kuno yang digunakan untuk menahan gempuran dari Pantai Selatan. Bagi kalian yang suka mempelajari sejarah atau ingin mengekplor wisata purworejo tempat ini sangat sesuai baget. Apalagi sebagai situs sejarah maka kita wajib mengetahui dan merawatnya biar tidak terlupakan oleh kaum peneruus kita. Benteng Pendem terletak di Perbukitan Dukuh Kaliwaru, Dusun Bapangsari. Lokasinya ada di ketinggian dua ratus meter di atas permukaan air laut.

Benteng Pendem (tourtoindonesia.com)

5. Geger Menjangan
Wisata Geger Menjangan merupakan wisata alam dan religi. Objek wisata memiliki keunikan yaitu letaknya yang berada diperbukitan sehingga pribadi menyuguhkan pemandagan kota Purworejo dan pantai selatan selain itu daerah ini juga memiliki sarana dan prasarana permainan yang cukup lengkap sepertikolam renang, taman permainan anak sampai meja biliar. Untuk kolam renang serta taman pemancingannya berada di pintu masuk dari daerah ini. Sementara meja biliar ada di puncak bukit. Untuk kaum muda tersedia arena minicross serta panjat tebing. Selain ada objek wisata alam juga terdapat wisata religi yaitu makam Kyai Imam Puro. Lokasi wisata Geger Menjangan ini ada di timur laut dari Kota Purworejo, tepatnya di Kelurahan Baledono.

 
Geger Menjangan (fb: Asih Setya)

6. Masjid Agung Purworejo
Masjid Agung Purworejo digunakan sebagai tempat ibadah utama di Purworejo bagi masyarakat muslim. Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Agung Purworejo juga tempat wisata religi. Yang unik dari masjid agung ini anda arsitektur bangunannya dan juga sebuah bedug renta yang pembuatannya sekitar tahun 1800 an dan berdiameter 2 meter, akan terlihat sangat besar untuk ukuran sebuah bedug. Keistimewaaan bedug ini yakni bahwa bedug ini hanya digunakan pada ketika hari raya dan selama bulan ramadhan saja dan mrerupakan bedug terbesar di Indonesia dan dunia.

Masjid Agung Purworejo (reviensmedia.com)

7. Goa Seplawan
Goa seplawan memiliki bentuk yang berbeda dengan goa pada umumnya yaitu goa horizontal, selain itu mempunyai ciri – ciri ornamen unik yang terdapat di dalam dinding goa, diantaranya yaitu : stalakmit, stalaktit, flos stone, soda straw, gouwer dam dan juga dinding goa yang berornamen ibarat halnya bentuk ikan. Tak hanya Pemandangan didalam goa pemandagan di sekitaran goa pun tak kalah indahnya dengan view dinding – dinding gowa yang di tumbuhi lumut, paku – pakuan dan juga panorama hutan pinus yang membuat wisata ini begitu sempurna. Lokasi dari goa seplawan ini sangat mudah dijangkau oleh para wisatawan.

Gua Seplawan (fb :Berita)

8. Museumtosan Aji
Museum Tosan Aji atau dikenal dengan nama Museum Pusaka ini menjadi tempat wisata di Purworejo yang menyimpan benda – benda bersejarah yang bernilai seni tinggi.

Museun Tosan Aji (Antaranews.com)

Banyak peninggalan pusaka jaman kerajaan yang disimpan di Museum Tosan Aji. Museum ini menghadirkan suasana masa lampau dengan kelengkapan koleksi pusaka. Untuk anda yang ingin memiliki suasana berbeda dalam berliburan atau ingin mengenal jauh perihal nilai sejarah atau ingin memperkenalkan sejarah Indonesia khususnya Kota Purworejo kepada anak, murid atau generasi muda, tempat ini sangat cocok untuk masuk daftar wisata anda.

15. Hutan Kusumo Asri
Hutan kusumo aji merupakan salah satu destinasi wisata alam yang ada di Purworejo. Tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi sebab tempat ini menyajikan pemandagan yang mengagumkan serta suasana alam yang sejuk dan sebab terdapat banyak pohon pinus yang rindang. Selain itu dapat juga menikmati banyak sekali pohon langka. Wisata hutan kusumo aji ini terletak dibawah pengawasan dari LMDH Lestari Desa Mayungsari yang masuk hutan milik Perum Perhutani Indonesia.

Hutan Kusumo Aji (teluklove.com)

16. Goa Nguwik
Selain Goa Seplawan, Purworejo juga mempunyai objek wisata tersembunyi berupa goa. Wisata goa yang satu ini memang belum banyak diketahui oleh wisatawan sebab belum banyak dieksplor. Wisata yang mempunyai nama lengkap Goa Nguwik Sendang Selangsur ini ternyata kaya akan potensi alamnya. Di dalam tempat ini pengunjung disugukan dengan pemandagan ornament gua yang sangat unik dan mengagumkan yang menghiasi dinding goa. Selain itu Goa Nguwik ternyata sempat ditemukan sebuah fosil hewan purbakala. Kaprikornus objek wisata goa ini tidak kalah indahnya dengan Goa Seplawan, tetap sangat disayangkan kalau wisata seindah ini masih kurang perhatian dari pemerintah, maka peran kita semua untuk mengenalkan dan selalu mengesplor wisata nusantara khususnya di Purworejo. Wisata ini berlokasi di Dusun Katerban, Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing.

Goa Nguwik (ngadem.com)

Demikian beberapa tempat yang saya rekomendasikan bila anda ingin mengeksport Kota Purworejo, setiap tempat gres pasti juga akan membuat pengalaman gres juga buat kalian. Tapi intinya setiap anda mengekplor suatu tempat jangan pernah merusak keindahan dan jangan pernah meningalkan apapun itu kecuali kenangan yang indah.

Google Adsense Here