17 Tempat Wisata di Sragen Yang Wajib Kalian Kunjungi

Google Adsense Here

Kabupaten Sragen yaitu sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya sendiri terletak di Sragen, atau sekitar 30 km sebelah timur Kota Surakarta. Kabupaten Sragen juga dikenal dengan sebutan “Bumi Sukowati”, nama yang digunakan semenjak masa kekuasaan Kerajaan (Kasunanan) Surakarta. Nama Sragen dipakai alasannya yaitu sentra pemerintahan berada di Sragen.

Mungkin banyak dari kalian yang belum tau perihal apasaja kekayaan alam yang ada di kabupaten Sragen yang dapat dijadikan salah satu destinasi wisata yang menarik. Untuk itu mari kita simak artikel berikut, yang membahas perihal destinasi-destinasi wisata yang ada di Sragen.

Google Adsense Here

1. Kedung Grujug Miri Gemolong

Wisata Sragen – Wisata Kedung Grujug merupakan sebuah teladas atau curug yang memiliki sebuah kubangan yang mampu digunakan untuk mandi atau berrenang. Tempat wisata ini mampu dibilang memiliki keindahan alam yang begitu mempesona dan penuh warna. Lokasi dari wisata Kedung Grujug Miri Gemolong berada di Desa Pungkruk Sragen Jawa Tengah. Tak hanya keindahan airnya terjunnya saja yang kita bisa,tetapi kita juga mampu menikmati bebatuan yang ada disekelilingnya teladas yang mentakjubkan.

foto oleh Ig @saidburhanuddin

2. Museum Prasejarah Sangiran

Wisata Sragen – Kabupaten Sragen memang suda terkenal akan penemuan – penemuaan fosil insan purba, sehingga dibagunlah sebuah Museum atau tempat yang digunakan untuk menyimpan benda-benda peningalan zaman pra sejarah tersebut. Museum ini menyimpan beberapa penemuan fosil Meganthropus Palaeojavanicus ini dan hingga sekarang sudah memiliki banyak koleksi hingga mencapai 13.685. alasannya yaitu melihat dari banyaknya penemuan fosil di Wilayah Sragen , sehingga tempat ini ditetepkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia. Tempat wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi, alasannya yaitu mampu dijadikan sebagai sarana edukasi yang bagus untuk memahami perihal suatu perkembangan sejarah. Lokasi dari wisata museum prasejarah sangiran berada di Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen.

foto oleh Ig @reyyedwin_

3. Taman Dayu Alam Asri Sragen

Wisata Sragen – wisata Taman Dayu Alam Asri Sragen merupakan sebuah Taman rekreasi yang dibangun dengan konsep wisata edukasi. Sehingga wisata Taman Dayu Alam Asri memiliki banyak sekali kemudahan wisata yang menari-menarik untuk dikunjungi pastinya. Lokasi sendiri berada di Desa Dayu, Kabupaten Sragen.
Tempat wisata ini memiliki kemudahan yang menarik ibarat Kebun Binatang Mini yang memiliki koleksi satwa ibarat burung Elang, Burung Merak, Rusa, Ular dan Kangguru serta masih ada yang lain. Selain itu kemudahan menarik lainnya yang ada di tempat wisata ini yaitu Flying Fox, taman lalu lintas, area wisata agro atau pertanian, serta memiliki kolam renang yang cukup besar.
Jika di hari libur tempat wisata ini akan ramai dengan pengunjung yang datang, alasannya yaitu wisata ini cocok sekali untuk rekreasi bersama keluarga dan teman-teman.

foto oleh (wisatanesia.co)

4. Waduk Kedung Ombo

Wisata Sragen – Wisata Waduk Kedung Ombo teletak di Desa Ombo, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan, tetapi masih dalam perbatasan dengan Sragen dan Boyolali. Tempat wisata Waduk Kedung Ombo bergotong-royong berfungsi sebagai penampung air yang digunakan sebagai irigasi bagi wilayah-wilayah Demak, Kudus, Blora, Semarang, Jepara, Blora, Sragen, Boyolali dan Grobogan. Selain itu juga waduk ini digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Memang awal mula didirikan waduk ini yaitu bertujuan sebagai pembangkit listrik dan irigasi, tetapi alasannya yaitu melihat keindahan dan keeksotisannya maka tak jarang banyak orang yang menimbulkan tempat ini sebagai salah satu destinasi wisata.

foto oleh Ig @septi_qyl

5. Gunung Kemukus Sragen

Wisata Sragen – Wisata Gunung Kemukus bergotong-royong memiliki daya tarik wisata yang cukup menjanjikan, selain itu ditempat inu juga merupakan peristirahatan terakhir Pangeran Samudro sehingga masuk kedalam salah satu destinasi wisata religi di Sragen. Tetapi sangat di sayangkan tempat ini sangat kental dengan mitos dan kepercayaan, sehingga disalah gunakan fungsinya oleh para oknum tidak bertangung jawab. Sebenarnya Pemerintah Sragen tidak duduk membisu dan terus berupaya keras untuk merubah fungsi yang disalahgunakan untuk menjadi fungsi hutan yang sebenarnya, tetapi alasannya yaitu mitos yang berkembang sudah terlalu berpengaruh sehingga pemerintah juga agak kesulitan.

foto oleh Ig @herikaze

6. Kolam Renang Kartika Sragen

Wisata Sragen – wisata Kolam Renang Kartika merupakan tempat wisata di Sragen yang sering dikunjungi oleh para wisatawan local maupun wisatawan dari tempat lain. Lokasi dari wisata Kolam Renang Kartika berada di bersahabat Stadion Sepak Bola Sragen lebih tepatnya berada di Jalan Veteran, Kota Sragen. Tempat wisata ini sangat cocok untuk mengisi libur selesai pekan atau hari libur nasional bersama dengan keluarga atau teman-teman kalian. Selain itu kemudahan dari wisata Kolam Renang Kartika sudah cukup lengkap dari segi permainannya, serta disini juga terdapat sebuah kolam pemancingan. Sehingga bagi kalian yang memiliki hobby mincing tempat ini rekomendet banget. Memang para pengelola sudah cukup baik dalam menciptakan kenyamanan bagi pengunjung, sehingga wisata Kolam Renang Kartika ini selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama ketika hari libur tiba.

foto oleh Ig @achmady_m

7. Wisata Alam Betisrejo

Wisata Sragen – wisata alam Betis Rejo merupakan salah satu destinasi wisata alam yang ada di Kabupaten Sragen. Tepat wisata ini memiliki pemandangan alamnya yang cantik dan tentunya memiliki udara yang menyejukan. Tempat ini berlokasi di Desa Wisata ( Dewi ) Betisrejo, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen. Memang Desa Betis Rejo memang sudah ditetapkan sebagai salah satu tempat wisata yang menerapkan materi organik dalam pengelolaannya, sehingga tidak menggunakan campuran bahan-bahan kimia pada umumnya. Nama Betis Rejo sendiri bergotong-royong diambil dari tiga desa yang meliputi Desa Jambeyan, Jetis dan Sukorejo.
Di tempat ini bukan hanya memiliki hamparan sawah di perbukitan yang memanjakan mata kita, akan tetapi ada hal yang menarik disini yaitu anda mampu berguru mengolah pertanian secara organik. Dan kalau anda menginap disini tidak perlu khawatir mencari penginapan alasannya yaitu sudah disediakan Homestay, dan yang lebih menarik lagi disini ada juga Pemandian air panas, pijit tradisional, tempe tradisional dan suaka margasatwa. Sehingga kalian pasti akan merasanyaman berada ditempat ini.

8. Wisata Waduk Blimbing

Wisata Sragen – wisaata di Sragen yang satu ini merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi kalau kalian sedang berada di Kabupaten Sragen, alasannya yaitu pesona alam serta keindahan waduknya tidak ada duanya. Wisata Waduk Blimbing berlokasi di desa Blimbing, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen. Waduk ini memang tidak terlalu luas, tetapi alasannya yaitu letaknya yang dikelilingi oleh jalan raya sehingga banyak orang yang lewat menghentikan kendaraannya hanya untuk menikmati sejenak keindahan waduk.
bergotong-royong fungsi utama waduk ini sebagai irigasi, tetapi Sehari-hari banyak masyarakat yang mengunakan tempat ini untuk rekreasi keluarga dan banyak pula yang menggunakannya sebagai lokasi memancing. Waduk Blimbing cukup banyak ikannya sehingga bagi mereka yang hoby memancing, cocok sekali untuk menyalurkan hobi kalian.

foto oleh Ig @tiwimiharjo

9. Pemandian Air Panas Bayanan

Wisata Sragen – Pemandian Air Panas Bayanan atau yang lebih dikenal dengan nama Hyang Tirto Nirmolo merupakan salah satu Sumber Daya Alam yang sangat berpotensi untuk dijadikan salah satu destinasi andalan Kabupaten Sragen. Tempat ini mempunyai daya tarik yang sangat menajubkan, alasannya yaitu pemandian air panas atau Hyang Tirto Nirmolo memiliki sumber mata air panas yang dipercaya oleh masyarakat sekitar dapat membantu menyembuhkan banyak sekali macam penyakit ibarat gatal-gatal, rematik, menurunkan kolesterol, memulihkan kebugaran tubuh, memelihata kesegaran sendi dan otot, membuat abadi muda, dan masih banyak lagi.
Wisata Pemandian Air Panas sudah memiliki kemudahan pendukung yang cukup memuaskan bagi pengunjung. Fasilitas yang ada meliputi Taman rekreasi dan bermain anak, Kolam Memancing, Warung Makan, Hutan Wisata, dan lain masih banyak lainnya.untuk Lokasi dari wisata ini berada di Desa Jambean, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen.

foto oleh (melancongdiindonesia.blogspot.com)

10. Waduk Gebyar

Wisata Sragen – Waduk Gebyar atau disebut juga dengan Waduk Brayut merupakan sebuah bendungan yang difungsikan untuk menjadi tempat penampungan air yang nantinya akan menjadi sebuah irigasi yang digunakan untuk mengaliri lahan pertanian warga sekita . tetapi alasannya yaitu memiliki keindahan yang sangat menawan dengan latar belakang Gunung Lawu sehingga banyak orang yang menimbulkan tempat ini sebagai salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sragen. Keberadaannya yang ada di tengah-tengah perbukitan, membuat suasana lebih asri dan sangat cocok dijadikan lokasi berburu gambar bagi para pecinta fotografi.Suasana waduk Gebyar menunjukkan kesejukan. Banyak pengunjung menikmati sembari duduk di pinggir waduk. Wisata Waduk Gebyar berlokasi di Sambirejo Sragen Jawa Tengah .

foto oleh Ig @siska_w_28

11. Kolam renang Doeng

Wisata Sragen – Wisata Kolam renang Doeng merupakan salah satu tempat wisata keluarga yang sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari banyak sekali tempat disekitaran Sragen. Pada ketika selesai pecan atau hari libur tempat wisata ini selalu di penuhi para wisatawan yang ingin melepas penat serta mampu berkumpul beserta keluarga tercinta. Tempat wisata ini berlokasi di Karang malang Sragen Jawa Tengah

foto oleh http://areasoloraya.blogspot.com

12. Wisata Taman Sukowati

Wista Sragen – Wisata Taman Sukowati berlokasi di di Kelurahan Sine, Sragen, Jawa Tengah. Tempat wisata ini merupakan salah satu dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dibangun oleh pemerintah Sragen yang dapat difungsikan sebagai tempat Rekreasi atau bersantai Ria oleh para warga khususnya warga Sragen. Suasana Taman Sukowati ini mampu dibilang sangat nyaman untuk menikmati suasana yang berbeda dari Kabupaten Sragen. Selain tempatnya yang strategis, taman tersebut juga memiliki banyak sekali jenis pohon-pohon yang ditanam sehingga menimbulkan suasana taman ini menjadi lebih asri.

foto oleh Ig

13. Destinasi Wisata Ndayu Park

wisata Sragen – Destinasi Wisata Ndayu Park di Saradan Sragen Jawa Tengah memiliki pesona keindahan dan daya tarik yang wajib untuk kalian kunjungi. Sangat di sayangkan kalau anda berada di kota sragen tidak mengunjungi wisata air yang mempunyai keindahan serta permainan air yang tiada duanya tersebut. Tempat wisata berlokasi di Desa Saradan, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah. Destinasi Wisata Ndayu Park di Saradan Sragen Jawa Tengah yaitu tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat cantik dan mampu menyampaikan sensasi yang berbeda dengan kegiatan kita sehari hari.

foto oleh http://reportaseharga.com

14. Destinasi Wisata Gunung Banyak

Wisata Sragen – Destinasi Wisata Gunung Banyak di Srawung Sragen Jawa Tengah merupakan obyek wisata berupa pegunungan yang ada di Kabupaten Sragen Jawa Tengah. Destinasi Wisata Gunung Banyak di Srawung Sragen Jawa Tengah ini sangat cocok sekali di kunjunggi oleh para pecinta alam maupun para pecinta traveling, alasannya yaitu ditempat wisata ini menunjukkan pemandangan yang sangat cantik dan pastinya akan membuat kalian terkagum-kagum dengan kebesaran Allah sang pencipta alam. Tetapi untuk menikmati panorama yang cantik tersebut butuh perjuangan yang cukup lumayan melelahkan untuk samapi di Destinasi Wisata Gunung Banyak di Srawung Sragen Jawa Tengah ini, namun apabila kalian sudah hingga semua hal perihal rasa lelah akan terbayar setelah hingga dan melihat panorama di Destinasi Wisata Gunung Banyak di Srawung Sragen Jawa Tengah.

15. Destinasi Wisata Gunung Tugel

Wisata Sragen – Destinasi Wisata Gunung Tugel di Sambirejo Sragen Jawa Tengah merupakan nama sebuah bukit setinggi sekitar 50 meter yang berada di Desa Jambeyan, Kecamatan Sambirejo, Sragen. Kata tugel berasal dari bahasa Jawa yang berarti patah atau terbelah. Disebut tugel alasannya yaitu pada bab tengah bukit itu terbelah menjadi dua bagian. Jalan yang membelah Gunung Tugel menjadi dua bab itu dibangun pada zaman penjajah Belanda. Jalan itu menghubungkan Desa Jambeyan Kecamatan Sambirejo dengan Desa Winong Kecamatan Gondang, Sragen.Kata tugel berasal dari bahasa Jawa yang berarti patah. Semakin perkembangan jaman tempat ini dijadikan salah satu destinasi wisata alternative yang ada di Kabupaten Sragen.

foto oleh tempatwisataindonesia.id

16. Petilasan /makam Joko Tingkir

Wisata Sragen – siapa yang tak kenal dengan Joko Tingkir. Dia merupakan salah satu Raja Kerajaan Pajang yang berkuasa pada tahun 1550-1582. Joko tingkir atau yang berjulukan lain Sultan Hadiwijaya memang sangatlah disegani pada zamannya. Kerajaan Pajang sendiri merupakan pewaris Kerajaan Demak dan cikal bakal kerajaan Mataram yang balasannya melahirkan Kasultanan Yogyakarta dan Kerajaan Surakarta ketika ini. Kompleks pemakaman ini ketika ini menjadi salah satu destinasi wisata religi di Kabupaten Sragen. Tempat ini sangatlah sederhana, dan lokasinya di Desa Butuh, Kecamatan Plupuh, di pinggir Bengawan Solo. Di dalam kompleks itu juga terdapat makam orangtua Joko Tingkir, yakni Ki Kebo Kenanga dan Nyi Kebo Kenanga.

17. Air Terjun Dung Jengglong atau Dung Pleret

Wisata Sragen – wisata Air terjun Jengglong meruakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di Kabuapaten Sragen yang memiliki keindahan dan keeksotisan yang teramat luar biasa. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 4 meter dengan lebar teladas ini sendiri mencapai sekitar 7 meter, dan memiliki warna air yang kehijau-hijauan. Air terjun Jengglong merupakan salah satu potensi wisata di Kecamatan Miri yang belum terlallu banyak dieksplor sehingga belum dimaksimalkan. Lokasi dari Air terjun ini sendiri berada di Desa Brojol, Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen.

foto oleh Ig @soloindonesia sumber @oziekswr

Google Adsense Here