24 Tempat Wisata Baru di Karanganyar yang sedang hits

Google Adsense Here

Wisata Karanganyar – walaupun kabupaten Karanganyar tidak memiliki luas wilayah yang cukup besar, akan tetapi Kabupaten Karanganyar tidak pernah mau ketingalan dari daerah yang lain dari segala bidang, dari perkembangan kota dan juga perihal tempat wisata. Untuk itu dikesempatan kali ini aku ingi membahas perihal objek wisata apasaja yang berada di Karanganyar. Berikut pilihannya.

1. Jembatan selfy 

Google Adsense Here
Wisata Karanganyar atau wisata jembatan selfy ini terbilang sebagai tempat wisata yang masih sangat gres yang dimiliki Pemerintah Karanganyar. Wisata jembatan selfy ini terletak di Dukuh Tempel, Desa Anggrasmanis, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Wisata jembatan selfy dikelola oleh penduduk sekitar dan Warga sekitar sering menamai Jembatan Selfie ini dengan nama wisata jembatan selfy Thuk Mangklung Indah (TMI).
Karena melihat prospek yang sangat baik, sehingga pengelola selalu ingin memberi kepuasan bagi setiap pengunjung dengan cara menambah akomodasi pendukung, serta menyediakan spot-spot untuk berfotoria. Karena sudah tak heran lagi bila pengunjung yang datang bukan hanya sekedar menikmati panorama alam sikar melainkan untuk berburu tempat-tempat gres yang bagus untuk berfoto. Dan nantinya foto tersebut akan di upload kedalam media social atau medsos menyerupai instagram, facebook, twitter dan lain-lain. 
 foto by Ig @luqman_muaziz  

2. Gunung Lawu
Wisata Karanganyar atau Wisata Gunung Lawu karanganyar terletak di antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Status dari Wisata gunung lawu karanganyar ini yaitu gunung api yang telah lama tidak aktif tetapi di lerengnya masih terdapat kepundan kecil yang masih mengeluarkan uap air (fumarol) dan welirang (solfatara) sehingga bias dikatakan sebagai gunung api istirahat.
Wisata Gunung Lawu karanganyar memiliki tiga puncak, Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan sebagi puncak tertinggi yaitu Hargo Dumilah. Dan terdapat beberapa tempat yang populer sebagai tujuan wisata, terutama di daerah Tawangmangu, Cemorosewu, dan Sarangan. Banyak hal menarik perihal Gunung Lawu karanganyar ini, salah satunya yaitu sebagai sumber pandangan gres dari nama kereta api Argo Lawu, yaitu kereta api direktur yang melayani Solo Balapan-Gambir.

foto by Ig @insta_magetan

3. Air Terjun Grojogan Sewu
Wisata Karanganyar atau Wisata Air terjun Grojogan Sewu karanganyar terletak di lereng Gunung Lawu lebih tepatnya di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Air terjun Grojogan Sewu terletak sekitar 27 km di sebelah timur Kota Karanganyar. Wisata Air terjun Grojogan Sewu karanganyar merupakan bab dari Hutan Wisata Air terjun Grojogan Sewu karanganyar.
Wisata Air terjun Grojogan Sewu karanganyar memiliki ketinggiaa sekitar 80 meter dengan debit air yang cukup deras . Bila sedang demam isu hujan, sekeliling tebing akan terdapat gerojokan lain, tetapi ketika demam isu kemarau, banyak gerojokan yang kering. Tempat Wisata Air terjun Grojogan Sewu karanganyar selalu ramai pengunjung dihari libur maupun dihari biasa.

foto by Ig @agung5141

4. Candi Ceto
Wisata Karanganyar atau Wisata Candi Ceto karanganya yaitu salah satu dari beberapa kompleks candi Hindu yang diduga dibangun pada masa-masa final masa Kerajaan Majapahit. Lokasi Wisata Candi Ceto karanganya berada di lereng Gunung Lawu pada dengan ketinggian 1496 m di atas permukaan laut, dan berada di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupate Karanganyar
Berdasarkan keadaannya ketika reruntuhannya mulai diteliti, Wisata Candi Ceto karanganya ini diperkirakan berusia tidak jauh berbeda dari Wisata Candi Sukuh karanganya, yang cukup berdekatan lokasinya. Dengan semakin perkembagan daerah maka Wisata Candi Ceto karanganya ini dimasukan kedalam destinasi wisata di Karanganyar.

foto by Ig  @wahyupangestutii

5. Wisata Kebun Teh Kemuning Karanganyar
Wisata Karanganyar atau Wisata Kebun Teh Kemuning Karanganyar berada di Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah. Perkebunan teh ini merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat diminati oleh para wisatawan dari banyak sekali daerah di sekitar Karanganyar dan lainnya. Pesona alam pegunungan yang masih asri, dan Udara yang sejuk sehingga menarik minat para pengunjung untuk dating ketempat ini. Apalagi Jalur yang ditempuh untuk menuju ke Wisata Kebun Teh Kemuning Karanganyar ini sejalan dengan jalur yang ditempuh apabila ingin ke Wisata Candi Ceto Karanganyar, Wisata Candi Sukuh Karanganyar dan Wisata Air terjun Jumog Karanganyar sehingga sangat menarik sekali untuk dikunjungi.

foto by Ig @mutiara_nuraini22

6. Agrowisata Sondokoro Tasikmadu
Wisata Karanganyar atau Wisata Sondokoro Tasikmadu Karanganyar, terletak di Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Tempat wisata ini awalmulanya merupakan pabrik gula saja. Namun, pada perjalanannya untuk mendorong peningkatan industri pariwisata di Kabupaten Karanganyar, semenjak tahun 2005 dibangun suatu tempat agrowisata yang lebih mengenalkan perihal pabrik gula sebagai ikon wisata.
Wisata Sondokoro Tasikmadu Karanganyar memiliki hawa sejuk dan teduh, alasannya yaitu terdapat banyak pohon-pohon besar yang rindang yang berada di area wisata. Untuk tiket masuk area Wisata Sondokoro Tasikmadu Karanganyar ini per orangnya dikenakan retribusi sekitar kurang lebih Rp5.000 dihari libur nasional.

foto by Ig @imanatahira

7. Air Terjun Jumog
Wisata Karanganyar atau Wisata Air terjun Jumog Karanganyar merupakan salah objek wisata gerojokan di lereng Gunung Lawu. Daya tarik utama dari Wisata Air terjun Jumog Karanganyar ini yaitu bentuk air terjunnya yang memiliki ajaran berjumlah dua buah air terjun, sehingga sering disebut sebagai gerojokan kembar. Selain itu sumber air dari Wisata Air terjun Jumog Karanganyar ini bias dibilang cukup deras. Kaprikornus tak adasalahnya bila Keindahan Wisata Air terjun Jumog Karanganyar layak disandingkan dengan wisata gerojokan yang sudah cukup dikenal di sekitar Karanganyar yaitu Wisata Air Terjun Grojogan Sewu Karanganyar di Tawangmangu.
Air Terjun Jumog terletak di desa Berjo, kecamatan Ngargoyoso, kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Lokasi Air Terjun Grojogan Sewu berada di lereng Gunung Lawu wilayah kabupaten Karanganyar. Rute termudah dengan mengikuti Jalan Raya Tawangmangu dan memasuki daerah Wisata Alam Tawangmangu.

foto by Ig @jateng.keren

8. Bukit Sekipan
Wisata Karanganyar atau Nah, berbicara mengenai wisata alam, di Karanganyar terdapat sebuah wisata alam yang sangat cepat menarik wisatawan, namanya wisata Bukit Sekipan karanganyar. Sebenarnya daerah wisata Bukit Sekipan karanganyar merupakanb tempat latihan TNI, namun kini wisata Bukit Sekipan karanganyar mulai sudah resmi dijadikan tempat wisata.
Wisata Bukit Sekipan karanganyar telah diresmikan pada bulan Juli 2015, semenjak ketika itu wisata Bukit Sekipan karanganyar pribadi menjadi tempat wisata faforit di Karanganyar sehingga menarik minat banyak wisatawan, terutama wisatawan yang mencari wisata alam untuk berkumpul bersama keluarga.
Wisata Bukit Sekipan karanganyar menunjukkan banyak sekali macam wahana seru yang mampu kita coba. Beberapa wahana atau akomodasi unggulan di Wisata Bukit Sekipan karanganyar, yaitu :Waterboom, Taman, Rumah Halloween, Outbond dan masih banyak lainnya.

foto by Ig@chaoecha

9. Wisata Karanganyar Taman Pancasila
Wisata Karanganyar atau menyimpan beraneka ragam tempat-tempat menarik yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi ketika liburan. Taman Pancasila sendiri merupakan wisata Karanganyar yang dapat dikategorikan sebagai wisata tempat menarik di kota Karanganyar, selain ada Alun-alun kota Karanganyar, Masjid Agung Karanganyar, Agrowisata Sondokoro dan tempat-tempat menarik lainnya. Taman Pancasila ini terletak di depan rumah dinas Bupati Karanganyar, tepatnya di sebelah timur kantor Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Karanganyar.
Tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk menumbuhkan rasa nasionalis pada dirikita, selain itu sangat baik juga untuk dikenalkan dengan adik-adik kita perihal rasa cinta tanah air jadi tempat ini sangat direkomendasikan sekali untuk dikunjungi.

foto by Ig @taman_pancasila_karanganyar

10. Candi Kethek
Wisata Karanganyar atau Wisata Candi Kethek karanganyar merupakan salah satu dari situs bekas bangunan candi yang memiliki empat teras bertingkat yang menghadap ke arah barat. Masing-masing teras tersebut dihubungkan dengan undakan watu yang tersusun dengan sangat rapi. Nama Wisata Candi Kethek karanganyar tersendiri diambil dari banyaknya monyel (jika di artikan ke bahasa jawa yaitu Kethek) yang dahulu banyak ditemukan di daerah ini, sehingga masyarakat sekitar menamai tempat ini dengan Wisata Candi Kethek. Untuk mencapai tempat ini, pengunjung harus berjalan kaki sejauh sekitar 300 m dari wisata Candi Ceto, searah dengan jalur jalan menuju ke wisata Puri Taman Saraswati.
Lokasi Wisata Candi Kethek karanganyar berada di wilayah Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, dan tidak jauh dari lokasi Wisata Candi Ceto karanganyar, yang sudah masuk kedalam lahan milik Perum Perhutani.

foto by Ig @atin_ning

11. Air Terjun Parang Ijo
Wisata Karanganyar atau Wisata Air Terjun Parang Ijo ini merupakan sebagian dari wisata alam yang berada di Kabupaten Karanganyar yang cukup menarik untuk dieksplor. Letaknya yang berada di Lereng Gunung Lawu, membuat suasana semakin menyegarkan jiwa. Apa lagi ditambah dengan panorama disekitar pasti membuat kalian betah untuk berlama-lama dilokasi ini. Wisata Air Terjun Parang Ijo ini sendiri memiliki ketinggian sekitar 50 m dengan debit air yang lumayan deras.
Wisata Air Terjun Parang Ijo ini dapat tempuh sekitar 20 menit dari komplek wisata candi Cetho, dan Berjarak sekitar 2 km dari pertigaan Ngloro, sehingga membuat Wisata Air Terjun Parang Ijo ini selalu ramai oleh pengunjung, alasannya yaitu memiliki letak yang strategis dan saling berdekatan dengan objek wisata lainnya.

foto by Ig @octavianasusi

12. Agrowisata Kampung Karet
Wisata Karanganyar atau Agrowisata Kampung Karet terletak di Desa Puntukrejo Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar yang sudah masuk kedalam PT Perkebunan Nusantara IX. Kawasan wisata Agrowisata Kampung Karet bias dibilang sebagai daerah wisata Edukasi dan cocok untuk liburan bersama sobat dan keluarga. Agrowisata Kampung Karet telah dikemas dalam paket wisata yang menyediakan akomodasi menyerupai outbond, jogging track dan resto.
Agrowisata Kampung Karet berada di daerah wisata alam lereng Lawu dengan suasana yang sejuk, nyaman cocok untuk berakhir pekan bersama keluarga dan teman-teman pastinya.

foto by Ig  @haii_nurra

13. Taman Hutan Raya (Tahura) Karanganyar
Wisata Karanganyar yang satu ini hampir sama dengan tempat wisata sebelumnya daerah wisata taman hutan raya atau tahura memiliki aneka akomodasi menarik bagi para wisatawan. Fasilitas tersebut di antaranya yaitu camping ground, outbond, dan . Tak hanya itu, Tahura juga punya jalur trekking tertata bagi pecinta hiking untuk jalur pendakian Gunung Lawu, serta wisata pendidikan flora fauna.
Selain itu didalam daerah wisata taman hutan raya atau tahura memiliki puluhan koleksi tumbuhan asli Gunung Lawu. Selain memiliki puluhan koleksi tumbuhan asli daerah wisata taman hutan raya juga mengkoleksi bermacam hewan, menyerupai rusa timor, rusa tutul, kancil, merak, ayam hutan, dan aneka burung.

foto by Ig @ratih_putri48

14. Puri Taman Saraswati Karanganyar
Wisata Karanganyar atau wisata Puri Taman Saraswati yang satu ini berlokasi di Dukuh Cetha, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Ditempat wisata Puri Taman Saraswati memiliki daerah yang cukup luas dengan lantai keramik yang disusun rapi dengan satu undakan rendah di sekeliling dinding kolam. Selain terdapat sebuah patung suasana di tempat ini sangat mendukung untuk berrefreshing alasannya yaitu udara di tempat ini sagat sejuk dan menyegarkan.
Wisata Puri Taman Saraswati selalu ramai dengan pengunjung, tidak hanya dihari libur saja tetapi hampir setiap hari selalu saja ada wisatawan yang mengunjungi wisata Puri Taman Saraswati ini.

foto by Ig @ayes__

15. waduk Lalung
Wisata Karanganyar yang satu ini Letaknya di sentra Kabupaten Karanganyar, tepatnya di wilayah Kelurahan Lalung, Kecamatan Karanganyar Kota, Kabupaten Karanganyar. Merupakan salah satu waduk buatan di bawah kelola BKSDA Bengawan Solo. Sejak dicanangkan agenda pengairan dari pemerintah maka dibuatlah waduk yang diberi nama sesuai dengan lokasi berdirinya yaitu waduk Lalung. Kaprikornus fungsi utama dari waduk ini yaitu untuk irigari bagi warga sekitar.

foto by Ig @reskadevia

16. Telaga Madirda
Wisata Karanganyar atau wisata Telaga Madirda terletak di di Dusun Tlogo, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Telaga Madirda merupakan salah satu telaga alami yang berada di lereng Gunung Lawu wilayah kabupaten Karanganyar. Memang keberadaannya wisata Telaga Madirda masih jarang diketahui wisatawan alasannya yaitu belum sepenuhnya dikembangkan sebagai daerah wisata. Hampir seluruh wisatawan yang berkunjung di lereng Gunung Lawu hanya mengetahui Telaga Sarangan sebagai obyek wisata telaga atau danau. Kaprikornus sangat disayangkan sekali bila tidak dikembangkan, tetapi mungkin ketika ini sudah ada pihak yang mengembangkannya. Tempat ini sebenarnya memiliki dayatarik panorama yang yang cukup mengagumkan dan eksotis, jadi sangat menarik untuk dieksplor lebih jauh.

foto by Ig@shofiaanis

17. Museum Manusia Purba Kalster
Wisata Karanganyar atau wisata Museum Manusia Purba berada di Desa Dayu, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar. Area wisata Museum Manusia Purba terdiri dari beberapa bangunan mulai dari ruang diaroma, museum dan ruang audio visual.
Komplek museum mempunyai kontur tanah yang berbeda sesuai tahun terbentuknya tanah. Seperti Anjungan Notopuro merupakan anjungan yang berdiri diatas lapisan tanah yang terbentuk 250.000 tahun lalu, yang berisi fosil berupa banteng purba. Kemudian kompleks museum ruang diaroma berada dibagian paling bawah yang berisi perihal gambaran kehidupan insan purba jaman dahulu lengkap dengan hewan-hewan yang hidup pada masa itu yang telah ditampilkan dengan tiga dimensi dan audio yang bagus, sehingga akan membuat pengunjung serasa dibawa kembali ke jaman peradaban insan purba.

foto by Ig @aminrahmadi 

18. Watu Kandang
Wisata Karanganyar atau wisata Situs Watu Kandang merupakan situs peninggalan jaman prasejarah yang terletak di Dukuh Ngasinan Lor, Desa Karangbangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, yang merupakan peniggalan jaman Megalithikum atau sekitar2500 – 1500 Sebelum Masehi. Wisata Situs Watu Kandang ini merupakan tatanan batu-batu alam yang terstruktur secara teratur dan digunakan sebagai tempat pemujaan kapada alam semesta terutama menyembah gunung-gunung pada zamat tersebut.
Tetapi sekarang wisata Situs Watu Kandang dijadikan tempat wisata sejarah dan menjadi salah satu destinasi tempat wisata yang berada di Kabupaten Karanganyar yang sangat banyak menarik para wisatawan untuk berkunjung ketempat ini.

foto by Ig @yemimabasuki

19. Air Terjun Sewawar dan gerojokan Sedinding Karanganya.
Wisata Karanganyar atau wisata Air Terjun Sewawar dan wisata gerojokan Sedinding berlokasi di Dusun Sekarang, Desa Trengguli, Kecamatan Jenawi, Karanganyar. Wisata Air Terjun Sewawar dan wisata gerojokan Sedindingini telah di tetapkan sebagai destinasi wisata di Kabupaten Karanganyar semenjak tahun 2015 dan sampai sekarang telah menarik banyak wisatawan. Tidak hanya wisatawan local atau wisata dari daerah Karanganyar saja yang sering mengunjungi tempat ini , tetapi banyak juga wisatawan dari daerah lain yang sering mengeksplor tempat ini.

 foto by Ig @ikhqayulianti

Jarak wisata Air Terjun Sewawar dan wisata gerojokan Sedinding bila dari sentra kota Karanganyar berjarak sekitar 25 kilometer. Kedua gerojokan ini memiliki ketinggian yang berbeda Tinggi gerojokan Sewawar sekitar 25 meter dengan lebar dasar ajaran sekitar 15 meter. Sementara itu tinggi gerojokan Sedinding sekitar 7 meter dengan lebar dasar ajaran sekitar 2 meter.

foto by Ig @qqordhowi

20. Waterboom Tirta Guwo Indah
Wisata Karanganyar atau wisata Waterboom (kolam renang) Tirta Guwo Indah berlokasi di Kampung Guworejo, Desa Sumberejo, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Bagi anda yang senang bermain air atau berenang cocok sekali bila memasukan tempat wisata ini sebagai daftar destinasi wisata di Karanganyar. dengan lokasi yang berada di tengah kampung di daerah hutan karet sehingga memiliki suasana yang sangat berbeda bila di bandingkan dengan wisata Waterboom pada umumnya.
Wisata Waterboom (kolam renang) Tirta Guwo Indah menempati lahan yang cukup luas kurang lebih hampir 2000 meter persegi dengan posisi di lereng bukit sehingga banyak menyampaikan keunikan tersendiri bagi tempat ini. Kaprikornus bagi wisatawan yang datang ketempat ini akan diberikan panorama yang mengagumkan dan selain itu juga akan melihat sebagian lereng gunung lawu.

foto by Ig @tirtaebietkecil

21. Taman Air Mancur Laser
Wisata Karanganyar atau wisata Air mancur laser menjadi Ikon Baru di Karanganyar yang memadukan atraksi air mancur dengan permainan laser digital. Tetapi yang lebih membanggakan wisata air mancur laser menyerupai ini gres pertama yang ada di Jawa Tengah. Air mancur ini sudah memiliki teknologi canggih. Lokasinya berada di tengah Taman Gajah, kompleks Alun-alun Karanganyar. Keberadaan air mancur ini kini menjadi ikon gres di Karanganyar. Sehingga menjadi daya tarik wisata di malam hari di Karanganyar. Tak heran, tempat ini cukup menarik lebih banyak lagi wisatawan untuk berkunjung ke Karanganyar. Setiap masyarakat akan terpesona dengan keindahan warna-warni permainan air mancur yang meliuk-liuk dengan cahaya lampu yang berubah-ubah.

foto by Ig @sucisetiani_

22. Sapta Tirta Pablengan
Wisata Karanganyar atau wisata Sapta Tirta Pablengan Terletak sekitar 3 kilometer dari sentra Kota Karanganyar, tepatnya di Desa Pablengan, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar. Sesuai dengan namanya, sapta kalau dalam bahasa Indonesia berarti 7(tujuh) tirta (mata air) jadi wisata Sapta Tirta Pablengan merupakan tempat wisata yang memiliki 7 sumber mata air.
wisata Sapta Tirta Pablengan sering dianggap sakral oleh masyarakat setempat dan sering dianggap memiliki khasiat yang berbeda dari setiap sumbermata airnya. Letak ketujuh mata air di daerah ini pun saling berdekatan. Jarak dari setiap sumbermata air berkisar 1 – 13 meter. Tetapi uniknya, meski letaknya saling berdekatan, ketujuh mata air di sini memiliki kandungan berbeda-beda.

foto by Ig@inayah.sekar

23. Grojogan Jurang Jero
Wisata Karanganyar atau wisata grojogan Jurang Jero merupakan salah satu wisata alam yang berupa gerojokan yang dimiliki Kabupaten Karanganyar. Nama Jurang Jero sendiri diambil dari nama dukuh yang terdekat dengan tempat ini yaitu dukuh Jurang Jero.
Wisata grojogan Jurang Jero atau Air terjun Jurang Jero ini menunjukkan panorama gerojokan yang mengagumkan serta panorama alam sekitar yang hijau dan menyejukan. Wisata grojogan Jurang Jero atau Air terjun Jurang Jero berlokasi di Desa Ndoplang, Kecamatan Karangpandan, Karanganyar.

foto by Ig @ghalang_angga

24. Candi Sukuh
Wisata Karanganyar atau Wisata Candi Sukuh karanganyar yaitu salah satu dari beberapa kompleks candi agama Hindu yang berada di pulau Jawa lebih tepatnya di Karanganyar, Jawa Tengah. Wisata Candi Sukuh karanganyar ini dikategorikan sebagai salah satu candi Hindu, alasannya yaitu ditemukannya obyek pujaan menyerupai lingga dan yoni. Wisata Candi Sukuh karanganyar ini memiliki arsiterkur yang cukup unik alasannya yaitu bentuknya yang kurang lazim dan alasannya yaitu terdapat penggambaran alat-alat kelamin insan secara eksplisit pada beberapa figurnya.
Lokasi Wisata candi Sukuh karanganyar terletak di lereng kaki Gunung Lawu tepatnya di di wilayah Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, eks Karesidenan Surakarta, Jawa Tengah. Dan memiliki jarak kurang lebih 20 kilometer dari kota Karanganyar dan 36 kilometer dari Surakarta.

foto by Ig @yudha_zena10

Kaprikornus demikian beberapa destinasi wisata yang berada di Karanganyar, dan semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin berwisata di Karanganyar. Yang terpenting lagi semoga Selalu ingat bila kita berwisata jagalah selalu kebersihan dan jagan pernah merusah sesuatu apapun yang ada dikawasan objek wisata. Oke salam piknik.

Google Adsense Here