34 Objek Wisata di Wonogiri Yang Wajib Kalian Kunjungi

Google Adsense Here

Wisata Wonogiri – Kabupaten Wonogiri merupakan sebuah Kabupaten yang masih masuk kedalam daerah Provinsi Jawa Tengah. Daerah Wonogiri juga merupakan batas paling timur dari Provinsi Jawa Tengah sehingga pribadi berbatasan dengan daerah Jawa Timur. Mungkin kalian sudah tau bahwa Kabupaten Wonogiri ini memiliki julukan sebagai Kota Gaplek, hal itu mungkin alasannya kebanyakan masyarakat Wonogiri sering membikin sebuah Gaplek (Singkong yang dikeringkan). Tetapi selain disamping itu semua daerah Wonogiri juga memiliki banyak sekali destinasi tempat wisata yang sangat menarik untuk dieksplor lebih lanjut. Pengin tau apa saja sih wisata yang ada di Wonogiri yuk kita simak bersama – sama.

1. Pantai banyutowo
Pantai Banyutowo berada di Desa Gudangharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Pantai Banyutowo memang tidak jauh dari Pantai Sembukan. Uniknya, jikalau air di Pantai Sembukan benar-benar pribadi dari laut, di Pantai Banyutowo terdapat campuran antara air tawar dan air laut. Air tawar ini bersumber dari sungai-sungai yang ada di sekitar pantai. Pemandangan di Pantai Bnayutowo bisa memanjakan mata alasannya keeksotisannya. Selain melihat pribadi percampuran antara air tawar dan air laut, Anda juga bisa menikmati pemandangan alam nerupa batu-batu karang yang sangat mempesona. Karena pemandangan inilah yang menyebabkan Pantai Banyutowo sebagai wisata di Wonogiri yang wajib Anda kunjungi.

Google Adsense Here
 foto oleh Ig

2. Bukit Janambang
Wisata Bukit Janambang mungkin tempat ini masih sedikit yang tau, mungkin alasannya masih jarang yang mempromosikan padahal jikalau kita berada di atas puncak bukit kalian dapat melihat indahnyapemandangan alam serta hamparan luasnya waduk gajah mungkur yang berada dibagian selatan dan bahkan jikalau cuaca cerah dapat melihat pribadi pemandangan gunung Merapi. Selain itu juga masih ada hal menarik yang bias kalian eksplor dari tempat ini yaitu kalian bias menikmat keindahan sunset. Bukit jonambang ini sendiri terletak di desa Watuagung Kecamatan Baturetno Kabupaten wonogiri.

foto oleh Ig

 3. Air terjun Seloresi
Wisata Air terjun seloresi salah satu objek wisata gres yang mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya, padahal tempat wisata riam ini memiliki keunikan dan bias menjadi salah satu pilihan destinasi wisata yang ada di Wonogiri. Memang tempat ini masih dalam pengembangan infastruktur dan sarana sehingga belum terlalu maksimal. Air terjun seloresi ini memiliki ketinggian sekitar 50 m dengan debit air yang cukup lumayan deras. Obyek wisata riam Seloresi ini terdapat di Desa Setren Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri.

foto oleh Ig

4. Waterboom Gajah Mungkur
Wisata Waterboom Gajah Mungkur ini merupakan salah satu kerjasama dari pihak pengelola pihak pariwisata waduk gajah mungkur dengan pihak swasta. Di tempat ini memang sangat unik beda dengan waterboom-waterboom yang ada ditempat lain alasannya di tempat ini selain kita bias puas bermain air kita juga disuguhi panorama pemandangan perbukitan serta luasnya hamparan waduk gajah mungkur. Selain itu wahana air ditempat ini juga bias dibilang cukup memiliki banyak pilihan, jadi kalian bias mencoba semuannya. Untuk Tiket masuk ke Waduk Gajah Mungkur kalau hari biasa, tarifnya Rp. 5.000. Hari libur dan hari Minggu Rp. 10.000. Dengan membayar tiket ini kita belum pribadi bisa masuk ke arena waterboom. Tiket ini hanyalah untuk masuk arena wisata Waduk Gajah Mungkur. Memasuki arena waterboom, dikenakan karcis, yang jikalau hari biasa Rp. 10.000 , sedangkan hari Minggu dan hari libur Rp. 12.500 tetapi semua itu akan terbayarkan dengan kemudahan yang ada.

foto oleh Ig

5. Taman Satwa Waduk Gajah Mungkur
Wisata Taman Satwa Waduk gajah mungkur inimerupakan salah satu tempat wisata yang masih sangat gres yang dikelola oleh pihak pariwisata waduk. Meskipun masih gres tetapi tempat ini kini sudsah memiliki beberapa koleksi satwa mirip buaya, rusa, siamang, lutung jawa, jalak bali, elang bondol, elang hitam, elang brontok, merak, dan orang utan. Ada juga satwa lain yang tidak dilindungi, mirip babi hutan, ular sanca, burung jalak, nuri, gagak, derkuku, merpati gondok, ayam mutiara, ayam hutan, ayam ketawa, kelinci, kura-kura brasil, dan angsa, ada juga primadona gres yaitu gajah. Oh iya jadi tempat ini sangat cocok sekali untuk liburan keluarga serta mengenalkan beberapa jenis satwa kepada anak-anak.


6. Bukit Secokro
Wisata Bukit Secokro tempat wisata ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang ada di Wonogiri. Alamat berada di Desa Bakalan, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri. Tempat wisata ini menyampaikan pemandangan alam yang begitu cantik dan mempesona sangat cocok untuk dijadikan tempat refreshing.. Selain itu juga pengelola menambahkan beberapa gardu pandang yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung untuk mengabadikan dengan berfotoria, sehingga menyebabkan tempat ini sebagai wahana gres bagi para cowok untuk melalukan selfie dengan berlatar belakang pemandang yang sangat indah.

foto oleh Ig

7. Waduk Gajah Mungkur
Wisata Waduk gajah mungkur siapa yang tak kenal dengantempat ini, tempat ini merupakan salah satu tempat peningalan sejarah yang berfungsi sebagai irigasi bagi warga wonogiri. Tetapi selain berfungsi sebagai irigasi tempat ini sudah banyak berkembang dan bias juga dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata alternative yang ada di wilayah Wonogiri. Di tempat ini juga banyak dikembangkan aneka macam macam objek wisata lainnya mirip taman satwa, waterboom, serta yang terbaru yakni spot untuk rumah terbalik.

foto oleh Ig

8. Bukit Cumbri
Wisata Bukit Cumbri Wisata Baru-baru ini warga wonogiri sering mengunggah salah satu tempat yang bisa dibilang cukup cantik dan eksotis sehingga membuat para pengguna media social merasa penasaran dan ingin mencoba berada disitu. Nama dari tempat yang sedang firal ini yakni Bukti Cumbri yakni tempat yang memiliki panorama alam yang sangat cantik dan dapat membius mata setiap siapa saja yang dating apalagi ditempat ini juga biasa dijadikan sebagai spot untuk melihat sunrise ataupun sunset. Bukit Cumbri sendiri berada di Desa Kapyar, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Biaya masuk kesini sangat murah, hanya Rp. 3.000 saja.

foto oleh Ig

9. Pantai pringjono
Wisata Pantai Pringjono Wonogiri merupakan salah satu kekayaan alam yang begitu mempesona alasannya pantai ini diapit oleh dua buah tebing dengan garis pantai yang sempit memanjang kurang dari 100 meter. Pemandangan pantai kecil ini mirip mirip daerah pantai pribadi yang tertutup dan tersembunyi. Bebatuan karang banyak ditemukan di tepi atau bawah tebing. Hamparan pasir pantai berwarna putih dengan butiran pasir yang cukup halus. Sebagian area pasir pantai tertutup oleh tanaman liar yang tumbuh merambat. Pantai Pringjono Wonogiri merupakan daerah pantai yang berada di Desa Gunturharjo, kecamatan Paranggupito, kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

foto oleh Ig

10. Gunung Tunggangan
Gunung Tunggangan ini semacam daerah perbukitan yang memiliki aneka macam jenis macam pepohonan yang rimbun dan mungkin bias dijadikan salah satu tempat untuk berfotoria. Lokasi dari gunung tunggang terletak di sebelah selatan kecamatan Jatiroto, Wonogiri. Berbatasan dengan kecamatan Tirtomoyo, Wonogiri.

11. Hutan pinus bukit suwondo
Wisata Hutan pinus Gumuwang Wuryantoro Wonogiri terletak di desa Suwondo. Tempat wisata ini memang mungkin belum seterkenal hutan pinus yang ada di magelang atau yang ada di Jogja tetapi tempat ini bersama-sama juga tidak kalah dengan hutan pinus yang sudah sayasebutkan tadi, ditempat ini biasa juga dijadikan pilihan untuk foto priwedding banyak sekali yang sudah melakukannya dan tidak di pungut biaya juga. Disini cukup menjaga lingkungan supaya tetap bersih udara segar,apalagi disiang hari terasa sejuk .

foto oleh Ig

12. Pantai klothok
Nama Pantai Klotok mungkin masih terdengar abnormal di indera pendengaran para pecinta wisata bahari. Pantai yang terletak di Kecamatan Paranggupito Kabupaten Wonogiri ini memang masih tergolong jarang dikunjungi para wisatawan. Terlebih, meskipun memiliki keindahan berupa perbukitan yang berada di kanan dan kiri daerah pantai, pengunjung tidak dapat bermain pasir dan air secara bebas di lokasi wisata ini. Tetapi jangan takut kalian bisa melaksanakan hal lain ditempat ini mirip mengeksplor dengan berfotoria.

foto oleh Ig

13. Alun-alun kota
Wisata Alun – alun Kota setiap daerah pasti memiliki sebuah alu-alun atau sentra kota yang biasanya dijadikan tempat untuk menghabiskan waktu malam kalian tak kalah halnya dengan Kabupaten Wonogiri ini, Kabupaten ini juga memiliki sebuah alun-alun yang keren dan pastinya ramai dipadati oleh para pengunjung ketika malam hari. Alun – Alun Giri Krida Bakti Wonogiri nampak cukup bagus , rapih dan dominasi warna merah yang begitu kuat.

foto oleh Ig

14. Sendang siwani
Sendang siwani ini merupakan salah satu tempat yang bisa dibilang sangat alasannya ditempat ini terdapat sebuah sejarah. Menurut aneka macam kisah dan literatur, tempat itu terkait erat dengan sosok Raden Mas Said atau kerap disapa Pangeran Sambernyawa. Ceritanya, beliau mengalami kekalahan ketika berperang melawan pasukan Kongsi Dagang Belanda di Hindia Timur (Vereenigde Oost-Indische Compagnie). Tetapi bagi kalian yang suka dengan wisata sejarah mungkin tempat ini bisa dijadikan salah satu tempat atau destinasi yang perlu dicoba.

foto oleh Ig

15. Goa ngantap
Gua Ngantap yakni salah satu gua yang terdapat di kelurahan Bayemharjo, kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri, provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Gua ini yakni salah satu gua tujuan wisatawan di Kabupaten Wonogiri selain gua Platar. Hamper sama dengan wisata goa-goalainnya, di goa ini juga terdapat sebuah stalagtit dan stalagmit yang sangat cantik dan unik dengan luas goa yang cukup besar goa ini biasanya banyak dikunjungi oleh para wisatawan, tidak hanya wisatawan local yang berkunjung ditempat ini tetapi ada juga wisatawan yang dating dari luar daeerah Wonogiri.

 foto oleh Ig

16. Air terjun sentren girimanik
Air Terjun Setren Girimanik merupakan salah satu wisata alam berupa Air terjun yang berada di Desa Setren, Kecamatan Slogohirmo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Air terjun ini memiliki kontur dengan air yang cukup deras serta dengan ketingian yang cukup tinggi. Banyak hal yang bisa kalian eksplor dari tempat ini mirip bermain air atau juga berfotoria dengan latar belakang sebuah air terjun.

foto oleh Ig

17. Air terjun binangun
Air Terjun Bingangun Watu Jadah – tak kalah dengan wisata riam gilimanik sekarang juga ada salah satu destinasi wisata air terjunyang disebut riam binangun. Mungkin masih jarang orang yang tau wacana wisata riam ini tetapi alasannya semakin basnyak yang mengeksplor wisata ini dan membagikannya dimedia social maka akhir-akhir ini riam binangun mulai ramai dikunjungi. Air Terjun Binangun Watu Jadah bisa dibilang masih perawan alasannya belum tersentuh oleh tangan-tangan usil yang biasanya merubah atau meningalkan tulisan—tulisan yang tidak bermutu. Oh iya jikalau kalian ingin ke Air terjun ini letaknya berada di Desa Girimulyo, Kecamtan Jatipurmo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah.

foto oleh Ig

18. Sendang asri
Wisata Sendang Asri di Wonogiri Jawa Tengah terletak di desa sendang, Kecamatan wonogiri, Kabupaten wonogiri, Provinsi jawa tengah. Wisata Sendang Asri di Wonogiri Jawa Tengah ini merupakan salah satu wisata favorit aneka macam kalangan. Bertempat di tepian Waduk Gajah Mungkur merupakan lokasi yang cukup strategis sehingga memudahkan para pengunjung menemuinya. Wisata ini hampir tidak pernah sepi, pengunjung selalu memadati lokasi ini setiap hari. Para pedagang juga terlihat berjualan secara rapi untuk menyediakan kebutuhan kuliner.

foto oleh Ig

19. Bukit/ Gunung Brojo
Wisata Bukit Brojo merupakan salah satu dari aneka macam macam wisata yang ada di Kabupaten Wonogiri. Wisata ini merupakan wisata alam berupa sebuah bukit yang memiliki ketinggian yang cukup lumayan tinggi. Dengan ketinggian tersebut jikalau kita sudah sampe puncak maka kita bisa melihat daerah Purwantoro, Ponorogo, Madiun , Magetan dengan cukup jelas, apalagi di pagi hari ketika matahari menampakkan wajah nya suasana yang tak pernah anda bayangkan akan bisa kita lihat dengan terperinci maka suasana akan semakin indah. Lokasi dari Bukit Brojo ini berada di Jl. Pd. Banaran, RT. 3 / RW. 5, Desa Joho, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57695

foto oleh Ig

20. Museum wayang
Museum Wayang Kulit yakni sebuah musem yang mengoleksi wayang bukan hanya dari daerah Jawa Tengah tetapi juga dari daerah lain di Indonesia yaitu Jawa Barat dan Bali. Jumlah koleksi yang dimiliki sebanyak 200 buah wayang kulit purwa, wayang golek, wayang Bali, wayang klitik, wayang suket (rumput), wayang beber dari Bali, topeng. Di museum ini terdapat juga lukisan Semar terkecil berukuran 3 X 3 cm buatan Ki Djoko Sutedjo yang menerima penghargaan dari MURI pada bulan Agustus 1998. Lokasi dari museum wayang ini berada di dalam kompleks Padepokan Pak Bei Tani M Ng. Prawirowihardjo di kecamatan Wuryantoro kabupaten Wonogiri pada Jalan Raya Wonogiri – Pracimantoro km 13. Museum ini dikelola oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri dan buka tiap hari kerja dari Senin – Sabtu pukul 07.00 – 14.00.

foto oleh Ig

21. Telaga claket
Telaga Claket terletak di Desa Sendang Ijo, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Letaknya erat dengan Bendungan Colo yang terletak di Kecamatan Nguter. Untuk saluran menuju Telaga ini cukup mudah yaitu dari jalan raya Sukoharjo-Wonogiri (Tepatnya Pasar Jamu Nguter, Sukoharjo) kurang lebih 20 menit dengan menggunakan kendaraan hingga ke lokasi tersebut. Dikelilingi oleh bukit-bukit Telaga Claket mirip surga yang tersembunyi dan masih natural menyatu dengan alam. Suasana hening bernafaskan hembusan angin membawa Kami merasa nyaman duduk di area Gazebo telaga sebelum turun ke telaga untuk mengambil gambar moment teristimewa.

foto oleh Ig

22. Telaga rowo batuwarno
Wisata Telaga Batuwarno merupakan esuah telaga yang terbentuk secara. Awalnya, telaga yang menampung air hujan tersebut kerap dimanfaatkan warga untuk kebutuhan air sehari-hari. Tapi, setelah ada fatwa air PDAM, telaga itu mulai jarang dimanfaatkan warga tetapi dengan hal tersebut membuat telaga ini semakin unik dan bisa dijadikan salah satu destinasi wi9sata alternative, telaga ini memiliki sumber air yang tidak pernah kering dan hanya volume airnya yang berkurang. Wisata Telaga Rowo Batuwarno berada di desa sumberejo, kabupaten wonogiri, provinsi jawa tengah

foto oleh Ig

23. Pantai puyangan
Wisata Pantai Puyangan ini terletak masih dalam satu daerah dengan Pantai Nampu. Posisinya berada di sebelah barat daerah Pantai Pringjono yang terletak di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Pantai puyangan ini merupakan pantai yang memiliki postur pantai yang landai serta berpasir putih, sehingga memiliki keunikan tersendiri selain itu panorama gugusan karang juga menambah kesan eksotis dari pantai puyungan ini sendiri.

foto oleh Ig


24. Cagar alam danalaya
Cagar Alam Danalaya terletak di kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Objek wisata cagar alam ini merupakan hutan jati. Kayu jati di hutan ini khusus diperuntukkan untuk membangun istana raja Surakarta. Apabila Raja Surakarta membutuhkan kayu jati untuk membangun atau memperbaiki kraton, maka diambilah kayu dari hutan jati Danalaya ini. Objek wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang mempunyai latar belakang minat khusus atau pecinta alam selain itu banyak hal yang bisa dieksplor dari tempat ini mirip berfotoria. Lokasi dari wisata ini yaitu berada diKecamatan Slogohimo, Wonogiri, Solo, Jawa Tengah,

25. Alas kethu
Wisata Wonogiri Jateng selanjutnya yakni wisata alam yang sudah pasti akan membuat Anda menyukai tempat ini begitu melihatnya. Tempat ini yakni Alas Kethu. Alas Kethu yakni objek wisata Wonogiri terdekat yang menyajikan hutan jati, kayu putih, dan mahono yang rindang. Alas Kethu yakni wisata kota Wonogiri, sehingga letaknya berada di jantung Kota Wonogiri. Berada di AlasKethu mirip berada di tempat lain alasannya disini hawanya sejuk, Anda mirip tidak berada di sebuah kota. Akses menuju Alas Kethu tentu saja sangat mudah alasannya berada di sentra kota. Alas Kethu sering dijadikan sebagai tempat syuting yang membutuhkan episode di sebuah hutan yang rindang. Selain sebagai tempat wisata, Alas Kethu juga dijadikan sebagai paru-paru Kota Wonogiri juga. Rasanya sangat menyenangkan ketika berada di Alas Kethu untuk menghilangkan penat setelah beraktivitas selama seminggu ini.

26. Objek wisata kahyangan Tirtomoyo
Obyek Wisata Alam Kahyangan ini berada di Desa Dlepih Kecamatan Tirotomoyo. Wisata Alam Kahyangan menyajikan satu suasana alam bukit dengan pepohonan besar menjulang dilengkapi mata air yang membentuk fatwa sungai yang cukup deras. Lokasi ini juga bisa dibilang cukup unik alasannya banyak petilasan Raja – Raja Jawa dalam mengasah kemampuan spiritual, mendekatkan diri kepada Sang Khalik dengan cara bersemedi atau berdiam diri ditempat ini.

foto oleh Ig

27. Wisata Alam Karangtalun
Wisata Alam Karangtalun ini terletak di Dusun Ciman, Desa Semagar, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri. Wisata Karangtalun ini merupakan rintisan dari warga sekitar dan siap untuk dijadikan salah satu destinasi wisata alternative yang ada di Kabupaten Wonogiri. Tempat wisata ini menyampaikan paket komplit alasannya di Kompleks wisata ini terdapat sejumlah obyek menarik, mirip riam Kalikotak, riam Kricikan, Watu Sumyang, Tanggul Asri, dan Pinus Asri. Sehingga tempat ini wajib untuk dikunjungi ketika berada di Kabupaten Wonogiri.

foto oleh Ig

28. Waduk Parangjoho
Waduk Parangjoho merupakan tempat yang asik buat dikunjungi lokasinya berada di Desa Parangjoho, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Waduk ini yang berafiliasi pribadi dengan Sungai Bengawan Solo yang menyuplai kebutuhan air di sepanjang fatwa sungai untuk kebutuhan pertanian pada umumnya tanaman padi, alasannya persawahan masih menjadi prioritas utama. Tetapi damai saja di lokasi ini kalian bisa mengkeksplor dengan cara berfoto ria serta menikmati luasnya hamparan waduk.

foto oleh Ig

29. Museum karts
Museum Karst yakni museum yang berisi koleksi informasi dan pola batuan kapur (Karst), terletak di Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri dinilai merupakan museum karst terbesar dan terunik di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Bagi kalian yang hobi dengan wisata museum atau dengan dunia geografi atau ingin mengenalkan kepada anak wacana dunia geografi maka tak ada salahnya untuk mengunjungi tempat wisata ini.

foto oleh Ig

30. Gua putri kencono
Goa Putri Kencana Wonogiri, terletak di desa Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro, Kabuapten Wonogiri . wisata goa putrid kencono ini sering dikunjungi oleh para wisatawan ketika berada di Kabupaten Wonogiri. Goa ini juga memiliki keindahan arsitektur stalagtit dan stalagmit yang begitu luarbiasa indahnya senhingga bisa membuat kita terkagum-kagum. Banyak pengunjung yang dating ketempat ini, pengunjung yang dating tidak hanya dari daerah Wonogiri tetapi ada juga yang dari daerah lain disekitaran Wonogiri

foto oleh Ig

31. Bukit gantole
Bukit gantole merupakan tempat yang mempunyai pemandangan alam yang sangat eksotis. Siapa yang tidak terpukau dengan hamparan pemandangan cantik dari atas ketinggian? Lokasi Gantole ini erat sekali dengan Waduk Gajah Mungkur. Anda bisa menyaksikan view air waduk kolam lautan dari landasan Gantole Wonogiri. Tidak hanya landasan ini saja yang bisa Anda kunjungi. Ada tempat-tempat menarik dengan panorama cantik yang dapat Anda datangi. Memang lokasi Gantole Wonogiri ini hanya satu tempat, akan tetapi, ada titik-titik tertentu yang memang disediakan oleh pengelola wisata setempat dengan lokasi yang sudah tertata, sehingga meskipun berada di puncak gunung, namun tetap bisa Anda nikmati dengan nyaman. lokasi bukit Gantole berada di Desa Sendang, sebuah Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah

foto oleh Ig

32. Pantai sembukan
Pantai Sembukan merupakansalah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Wonogiri yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan. Pantai Sembukan berada di Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Pantai Sembukan memiliki air laut yang berwarna biru jernih dan bersih, pemandangan alam di sekitar pantai juga sangat cantik sehingga bisa mensugesti mata kalian. Selain menimati suasana pantai kalian juga bisa melaksanakan kegiatan berfotoria.

foto oleh Ig

33. Pantai nampu
Pantai Nampu adalah pantai pasir putih yang dihiasi oleh airnya yang biru kehijauan dan karang-karang yang menakjubkan. Pantai Nampu menajdi salah satu primadona pantai di Wonogiri. Akses jalan menuju Pantai Nampu sangat mudah dan bisa dilewati oleh bis dan kendaraan pribadi. Petunjuk jalannya pun sangat mudah. Masih di Kecamatan Paranggupito, jikalau Anda melihat peta wisata Wonogiri, maka Anda akan melihat bahwa didekat Pantai Banyutowo terdapat Pantai Nampu yang harus Anda kunjungi. Ini yakni pantai yang tidak boleh Anda lewatkan jikalau sedang berada di Pantai Banyutowo.

foto oleh Ig

34. Rumah terbalik Wonogiri
Rumah jungkir atau rumah terbalik ini ini terdiri terdiri dari empat ruang. Tiga ruang memiliki perabot yang terbalik 180 derajat. Satu ruang lagi hanya terbalik 90 derajat. Ruang pertama yakni sebuah ruang keluarga, ruang berikutnya yakni sebuah dapur yang ketiga ruangan toilet yang ruangan yang terakhir yakni sebuah warung mie ayam. Semua prabotan atau perlengkapan rumah yang ada dirumah terbalikk atau rumah jungkir dibuat semirip mungkin dengan aslinnya jadi sangat terlihat positif ketika di abadikan difoto. Lokasi dari tempat wisata ini berada di daerah Waduk Gajah Mungkur.

 foto oleh Ig

Google Adsense Here