Batang Hari Dan Keindahannya

Google Adsense Here

Apakah anda tahu sungai terpanjang di Sumatera ? Ya sungai Batang Hari ialah sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Sungai merupakan sungai yang mengalir dari mata air Gunung Rasan dan berakhir di Muara Sabak. Panjang dari sungai ± 800 km yang melewati beberapa kabupaten menyerupai Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Bungo, Kabupaten Tebo, Kabupaten Batang Hari, Kabupaten Muora Jambi, Kota Jambi dan terakhir Kabupaten Tanjung Jabung Timur. DAM yang dibangun merupakan DAM terbesar nomer 2 di Indonesia, DAM ini terletak di Provinsi Jambi sedangkan sisanya terletak di Provinsi Sumatera Barat. DAM ini mencakup luas ± 4.9 Ha. 
Konon ada cerita bahwa ajaran sungai ini terdapat emas sehingga dijuluki Pulau Emas atau dalam bahasa Sansekerta ialah Swarnadwipa yang artinya ialah Pulau Sumatera. Keindahan sungai ini dapat anda nikmati dikala sore hari, tidak ada tarif masuk untuk mengunjungi sungai batang hari dan keindahannya tersebut. namun,untuk dikala ini,keindahan tersebut sudah hampir memudar alasannya adanya acara pertambangan di sekitar sungai yang menimbulkan perubahan pada alur air menyerupai pada waktu hujan cepat naik akan tetapi pada waktu kemarau air cepat surut. Perubahan akan berdampak pada populasi ikan serta tumbuhan yang hidup di sungai tersebut menyerupai rusaknya ekosistem ikan yang biasanya dikonsumsi oleh masyarakat setempat.
Hal ini diperburuk dengan bertambahnya populasi penduduk yang tinggal di sekitar  tempat wisata daerah sungai Batang Hari. Ini sangat perlu diperhatikan alasannya dari dampak – dampak inilah yang menimbulkan sungai tampak keruh dan kotor. Belum lagi adanya ekspolitasi perkebunan kelapa yang menimbulkan air sungai bertambah kotor. Meskipun keadaan sungai menyerupai itu ada sisi lain yang menjadi target keindahan sungai ini. Akan mendapatkanya dikala senja sore alasannya keindahan yang didapatkan sangat menakjubkan. 
Seharusnya pemerintah setempat melakukan jadwal pembersihan pada sungai biar tampak lebih mengagumkan dan enak dipandang menyerupai dulu. Sungai Batang Hari dulu sungai yang digunakan sebagai tempat perdagangan pada jaman Kerajaan Sriwijaya dan Dharmasraya. Demikian sedikit gosip yang mungkin mampu membantu pembaca jikalau mengunjungi dan menikmati Sungai Batang Haridan keindahannya tersebut. Semoga bermanfaat 

Google Adsense Here
Google Adsense Here