Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Kudus Jawa Tengah

Google Adsense Here

Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Kudus Jawa Tengah, potensi wisata yang terdapat di Kabupaten Kudus.

Wisata Kudus Jawa Tengah Paling Populer



1. Makam Sunan Kudus
Makam Sunan Kudus terletak tidak jauh dari Kota Kudus. Di dalam kompleks Makam Sunan Kudus terdapat Menara Kudus dan Masjid Menara Kudus. Menara Kudus memiliki arsitektur bangunan yang sangat unik. Bangunan ini merupakan peninggala dari Sunan Kudus.

Google Adsense Here

2. Makam Sunan Muria
Makam Sunan Muria terdapat di Desa Colo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Berbeda dengan Makam Sunan Kudus, Makam Sunan Muria letaknya agak jauh dari Kota Kudus. Tepatnya Makam Sunan Muria terdapat di lereng Gunung Muria, sehingga loksinya agak keatas. Namun jangan khawatir di tempat ini banyak tukang ojek yang siap mengantarkan peziarah ke lokasi Makam Sunan Muria.

3. Air Terjun Monthel
Air Terjun Monthel berdekatan dengan Makam Sunan Muria. Air terjun ini memiliki ketinggian 25 meter. Lokasi wisata Air Terjun Monthel belum begitu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Hal itu mungkin alasannya yakni tempat ini belum digarap secara maksimal oleh Pemerintah Kabupaten Kudus.

4. Museum Kretek Kudus
Museum Kretek didedikasikan khusus oleh masyarakat Kudus yang telah bebuyutan menyebarkan industri rokok kretek hingga sekarang. Dalam Musium ini banyak menyimpan benda-benda yang bekerjasama dengan Industri Rokok Nasional. Selain itu juga mengoleksi banyak sekali macam bungkus rokok yang pernah diproduksi, diorama pembuatan rokok kretek secara tradisional dll.

5. Situs Pati Ayam
Situs Pati Ayam terdapat di Desa Terban Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Situs Pati Ayam merupakan sebuah museum tempat penyimpanan banyak sekali macam fosil yang pernah ditemukan warga sekitar. Kawasan Pati ayam ditengarai merupakan sentra peradaban insan purba, sehingga banyak ditemukan banyak sekali acam fosil menyerupai gading gajah purba, gigi geraham dll

6. Air Tiga Rasa
Air Tiga Rasa juga berlokasi di bersahabat Kompleks Makam Sunan Muria. Dinamakan Air Tiga Raa alasannya yakni di tempat ini terdapat sumber mata air yang memiliki 3 macam varian rasa.

7. Rahtawu
Rahtawu merupakan sebuah nama desa yang berlokasi di lereng Muria sebelah selatan/barat. Desa rahtawu ini merupakan sebuah desa yang berada di Kec. Gebog, Kab. Kudus. Rahtawu berada pada ketinggian 1.627 mdpl. Kita mampu menikmati suasana pegunungan dengan udara yang sejuk dan segar yang masih sedikit terkena polusi. Selain itu kita mampu memandang indahnya pemandangan khas pegunungan ketika menuju ke desa Rahtawu. Di rahtawu kita mampu mencoba mandi di sungai yang masih jernih yang dihiasi kerikil kali. Selain itu kita mampu mengunjungi beberapa  bangunan pertapaan.

8. Waterboom Mulia Wisata
Waterboom Mulia Wisata terletak di Jalan Kudus-Colo, kilometer 12, Desa Lau, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Waterboom ini merupakan satu satunya wahana air yang ada di Kudus yang gres saja diresmikan pada tahun 2011. Terdapat banyak sekali wahana permainan air menyerupai bejana besar, bak arus, dan bak renang standar. Jika tak ingin bermain air, kita mampu juga mencoba ATV atau hanya sekedar mancing. Terdapat juga mini market, warung makan, kantin dan aneka buah dan jus. Kaprikornus tidak usah khawatir dan repot membawa bekal dari rumah. Waterboom ini buka mulai jam 08.00 hingga 17.00 setiap hari.

9. Wisata Kuliner
Di setiap kawasan pasti ada makanan yang khas termasuk kota kudus, makanan khas kota kudus antara lain soto kudus, soto kerbau, sate kerbau, swike entog, kasar asem dan lenthog tanjung. Sedangkan untuk jajanan khas Kota Kudus yakni Jenang Kudus.

Google Adsense Here