Eksotisme Telaga Warna Dieng Plateau Wonosobo

Google Adsense Here

Telaga Warna Dieng Plateau – Terletak 116 Km barat laut (sekitar 3 jam perjalanan) dari Yogyakarta, dan letaknya yang searah dengan Candi Borobudur membuat Dieng plateau menjadi satu destinasi yang wajib untuk dimasukkan ke daftar list perjalanan setelah mengunjungi Candi Borobudur.

Dataran Tinggi Dieng yang terletak di wilayah Kabupaten Wonosobo menyajikan keajaiban alam yang cantik dan menarik, menyerupai wisata ekstrim di kawah vulkanik, budaya lokal nan eksotik, dan fenomena anak gimbal yang unik. Tercatat sebagai dataran tertinggi di Pulau Jawa, Dieng memiliki ketinggian rata-rata sekitar 2.000m di atas permukaan laut. Suhunya berkisar antara 15-20° C di siang hari dan 10° C di malam hari.

Google Adsense Here

Berbagai penginapan layak sudah banyak tersedia dengan harga yang relatif murah. Beberapa perusahaan perkebunan bahkan menyediakan penginapan dengan komplemen paket untuk berwisata di kebun dan pabrik pembuatan teh di Desa Tambi. Sebuah pengalaman yang sangat menarik untuk dicoba.

Telaga Warna menjadi objek wisata yang wajib di kunjungi ketika kita mengunjungi Dieng. Sebuah telaga yang sering memunculkan nuansa warna merah, hijau, biru, putih, dan lembayung. Menurut kepercayaan warga sekitar Dieng, warna-warni tersebut dihasilkan telaga ini karena dulunya ada cincin keramat yang terjatuh ke dalamnya. Padahal, menurut ilmu pengetahuan, fenomena unik tersebut disebabkan oleh kandungan sulfur yang tinggi sehingga tampak berwarna-warni ketika tersiram sinar matahari. Tersedia juga pemandian air panas alami di sekitar Telaga Warna.

Di dataran tinggi Dieng, juga terdapat beberapa komplek candi peninggalan agama Hindu, salah satu yang paling terkenal yaitu Candi Arjuna.

Sama menyerupai dataran tinggi lainnya, Dieng juga menyampaikan keindahan matahari terbit, namun bedanya di Dieng kita tidak harus mendaki gunung berjam-jam yang melelahkan untuk mampu menikmatinya. Kita mampu menikmati golden sunrise Bukit Sikunir yang terkenal itu hanya dengan berjalan kaki kurang lebih 30 menit dari batas terakhir yang mampu dijangkau mobil. Jika berminat, wisatawan juga mampu melaksanakan acara berkemah di Bukit Sikunir tersebut.

Lengkapnya wisata yang ditawarkan dataran tinggi Dieng tentu menjadi usulan yang menggiurkan untuk kita kunjungi. Tertarik mengunjunginya, selamat berlibur di selesai tahun.

Google Adsense Here