Keindahan Goa Barat, Wisata Menantang di Kebumen

Google Adsense Here

Wisata Kebumen – Kalian ingin mencicipi suasana wisata yang berbeda dan lebih menantang di Kabupaten Kebumen? Nih saya memiliki kawasan destinasi wisata yang unik dan mampu di bilang cukup ekstrime yang masih berada di Kabupaten Kebumen. Wisata ini berjulukan wisata goa barat.

Wisata Goa barat merupakan wisata alam cukup menantang dan ekstrim, alasannya yaitu Wisata Goa barat ini memiliki kedalaman yg belum mampu ditentukan , tetapi gres 6,1 km sudah dipetakan. Sehingga kawasan wisata ini sudah cukup aman untuk dieksplor.

Google Adsense Here
foto by Ig @hoods_son

Nama Gua Barat ini berasal dari huruf alamiah sekitar goa, yaitu saat badai dari arah dalam seringkali menerpa lisan gua. Angin kencang tersebut dalam bahasa Jawa dijuluki angin barat sehingga masyarakat sekitar menamai goa ini dengan goa barat.

Tenang saja untuk masuk kedalam goa kalian akan dipandu oleh seseorang pengelola yang sudah terbiasa memandu para wisatawan yang ingin mengeksplor dan menelusuri goa barat ini. Setiap pemandu akan menerangkan kawasan – kawasan yang keren untuk kalian mengabadikan lewan foto, serta pemandu juga akan menjelaskan ihwal sejarah yang pernah ada di wisata goa barat ini.

Tapi sekalilagi Wisata Goa barat bias dibilang cukup ekstrim meskipun bahwasanya sudah aman, tetapi sebaiknya kalian harus benar-benar siap mental terlebih dahulu sebelum mengeksplor kawasan ini, jangan hingga kalian mengeluh saat sudah masuk kedalam goa ya.

foto by Ig @anggaaaaar

Wisata Goa barat memiliki tipe goa yang cukup unik yaitu trek yang digunakan untuk menelusuri goa yaitu berupa trek air. Tapi damai penelola sudah menyediakan alat savety menyerupai pelampung, helm, dan sepatu khusus caving, selain itu senter juga sangat penting kalian mampu bawa sendiri atau menyewa.

Yang lebih menarik dari Gua Barat yaitu memiliki setidaknya seratus teladas yang terletak di dalam goa. Air terjun yang ada didalam goa cukup berfariasi bias dari ketinggian 8 meter ada juga yang hingga ketinggian 32 meter sehingga orang-orang menamai teladas tersebut yaitu Superman’s Big Sister.

Selain itu panorama bebatuan runcing yang menjulur dari atas langit-langit gua atau stalaktit sangat eksotis dan menajubkan, sehingga kita tidak akan berhenti mensyukuri dan takjub akan ciptaan Yang Mahakuasa ini.

foto by Ig @andregorie

Oh iya untuk biaya retribusi masuknya tersendiri sebesar Rp. 50.000/orang. Tetapi semua itu sudah termasuk biaya pemandu dan peralatan menyerupai pelampung, helm, dan sepatu khusus caving.

Lokasi atau alamat Wisata Goa barat Kebumen
Wisata Goa barat ini Terletak di pegunungan karts Gombong Selatan, lebih tepatnya berada di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah. Atau berada di sebelah timur Goa Jatijajar. Goa ini juga dikenal dengan goa 100 air terjun.

Rute menuju Wisata Goa barat Kebumen
Adapun rute yang kalian gunakan bila dari Gombong ambil Ke arah barat menuju Jalan Dewi Satika, kemudian Belok kanan ke Jl. Nasional III trus ambil ke Jl. Karang Bolong, trus ke Jl. Kuwarasan-Jatijajar/Jl. Raya Banyumudal dan tingal ikuti saja papan petunjuk ke Goa Barat, yang berada di Jl. Pala Marta KM. 0, RT. 2 / RW. 7, Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Jika kalian dari kebumen ambil saja jalan ke Jl. Karang Bolong, trus ke Jl. Kuwarasan-Jatijajar/Jl. Raya Banyumudal dan tingal ikuti saja papan petunjuk ke Goa Barat, yang berada di Jl. Pala Marta KM. 0, RT. 2 / RW. 7, Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Google Adsense Here