Keindahan Wisata Air terjun Sambabo – Mamasa

Google Adsense Here

Google Adsense Here
Air terjun Sambabo tepatnya terletak di Desa Ulumambi Kecamatan Bambam. Air terjun yang berasal dari kata Samba dan Botto ini berada pada ketinggian 400 meter dan berada sekitar 10 kilometer dari Kota Mamasa atau sekitar 300 kilometer dari Kabupaten Polewali Mandar. Air terjun ini menjadi pujian tersendiri bagi propinsi sulawesi tenggara, sebab gerojokan ini merupakan gerojokan tertinggi di Pulau Sulawesi.

Air terjun Sambabo memiliki keindahan yang cukup menakjubkan tak hanya bagi wisatawan lokal bagi para tapi juga untuk wisatawan mancanegara. Air terjun bertingkat-tingkat dan terletak di kawasan yang cukup tinggi ini bisa menjadi daya pikat, bahkan ada diantara para wisatawan abnormal yang menganggap bahwa keindahan Air Terjun Sambabo tidak kalah hebatnya dengan gerojokan Niagara di Amerika. Kemegahan tidak hanya berpusat di Air Terjun Sambabo saja, alam sekelilingnya pun menarik, terpampang di lereng pegunungan dan berada di antara batu-batu besar, juga dihiasi dekorasi hutan alami yang mengelilingi air terjun. Untuk mencapai Air Terjun Sambabo, terlebih dahulu kita harus melewati jembatan gantung, tentu ini akan menjadi sesnsasi tersendiri, lalu mendaki lembah sekitar 500 meter, dan kita juga akan lewati kebun kopi dan kakao.

Seperti halnya tempat-tempat lainnya di Indonesia yang mempunyai dongeng mitos, Air terjun Sambabo sendiri konon memiliki penjaga berupa burung raksasa yang menghuni gua kerikil dibalik derasnya gerojokan , burung ini sekali keluar dalam setahun menjalajahi wilayah sekitarnya  sampai pantai barat Sulawesi diteluk Mandar Sehingga gerojokan ini diberi nama samba botto disingkat Sambabo sebab burung raksasa ini mengembarai wilayah luas dalam Bahasa Bambang “ Ussambai Botto “.

Bagi Anda yang ingin berkunjung dan berasal dari Luar Sulawesi Barat, untuk hingga ke Air Terjun Sambabo, jalan masuk yang termudah hanyalah dari Makassar, Sulawesi Selatan. Ada transportasi udara dari Makassar menuju Bandar Udara Tampa Padang, Mamuju. Setelah itu, perjalanan bisa dilanjutkan ke Mamasa dengan menggunakan kendaraan beroda empat sewaan atau angkutan umum. Setibanya di kota Mamasa, disarankan istirahat sejenak sebelum meneruskan perjalanan ke Kecamatan Bambam, kawasan di mana obyek wisata gerojokan Sambabo berada.

Di kota Mamasa, banyak kemudahan yang disediakan untuk para wisatawan, diantaranya hotel, penginapan, restoran, rental mobil, hingga sentra penjualan buah tangan khas Mamasa. Oleh karenanya, sebelum mengunjungi Air Terjun Sambabo, alangkah baiknya kita bertandang ke kota Mamasa terlebih dahulu. Tapi yang sangat disayangkan ialah bahwa kawasan seindah ini tidak terpublikasi dan diurus dengan profesional sehingga menjadi surga yang teraniaya.

Google Adsense Here