Menikmati Kesegaran Wisata Air Terjun Liawan – Mamasa

Google Adsense Here
Jika anda ingin berwisata ke Sulawesi barat, maka Air Terjun Liawan merupakan objek wiasata disini yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Air terjun ini terletak di Sumarorong (sekitar 1.8 KM dari sentra kota Sumarorong ke arah sebelah timur), Kabupaten Mamasa, Popinsi Sulawesi Barat, berjarak sekitar 6KM dari jalan poros Mamasa – Polewali.

Wilayah Kabupaten Mamasa berada di atas pegunungan yang masih hijau. Beberapa suku terkenal juga tinggal di tempat itu, di antaranya suku Toraja, Mandar, Bugis, dan Makassar. Daerah yang luasnya mencapai 2.759,23 km2 itu ternyata menyimpan potensi wisata yang menggiurkan. Tak terkucuali dengan potensi Objek Wisata Air terjun Liawan.

Dari kejauhan pengunjung akan melihat menyerupai suatu fatwa berwarna putih yang terus mengalir membelah kehijauan pepohonan di sekitarnya, membuat Anda segera bergegas seolah tidak tabah mencicipi kesegaran dan kesegaran teladas Liawan. Dan benar, begitu Anda tiba di hadapan teladas yang ternyata besar dan luas, maka percikan-percikan teladas yang membentur danau dan kerikil di bawahnya, memperlihatkan percikan kesegaran bagi Anda. Ada mampu puas berenang atau sekedar mandi, menikmati kesegaran sang air. Atau Anda sekedar ingin mencoba melompat dari atas tebing air terjun, menghujam deras menembus kumpulan air di bawahnya.  Dan dari jarak masih relatif cukup jauh, pengunjung sudah mampu mencicipi kesegaran dari percikan-percikan halus kolam embun dari Air Terjun ini.

Lokasi di sekitar teladas Liawan ini tidak hanya sekedar menikmati air terjun. pengunjung pun dapat menikmati ketika kalem dan damai bersama keluarga atau teman-teman, alasannya yaitu di bersahabat teladas ada beberapa bangunan menyerupai dangau tempat duduk-duduk dan bersantai, sambil menikmati suasana alamnya yang hijau dan menyegarkan.

Kalau mau menginap, di lokasi ini juga ada 5 bangunan pondok penginapan, apalagi jikalau Anda mengadakan program kolektif menyerupai api unggun, outbound, retreat atau program lainnya yang membutuhkan pengenalan dan persahabatan dengan alam.

bagi anda yang ingin bertandang ke Sumarorong, Sebagai gosip udara di Sumarorong cukup dingin, alasannya yaitu berada  pada ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara sekitar 17 derajat celcius. Karcis masuk ke lokasi ini yaitu Rp. 3.000/orang/satu kali kunjungan.

Untuk mencapai Mamasa-Sumarorong ini, Anda dapat menggunakan kendaraan umum (bus/minibus/panther), mampu dari Mamuju, ibu kota propinsi Sulawesi Barat, atau melalui Makassar, Sulawesi Selatan. Jaraknya hampir sama, ditempuh sekitar 10 jam, biaya kendaraan pun sama sekitar Rp. 100.000,-. Jadi, jangan lewatkan kesegaran teladas Liawan ketika Anda berkunjung ke Sulawesi Barat. (Vibizlife.com, dll)



Google Adsense Here