Nuansa Alami Danau Tondano

Google Adsense Here
Danau Tondano dikelilingi oleh pegunungan setinggi 700 meter, yaitu Gunung Lembena,  Kaweng, Tampusu dan Masarang. Danau ini mencakup tiga kecamatan yaitu Eris, Kakas dan Remboken. Dari sisi danau, Anda dapat melihat dengan terang Gunung Kaweng, sehingga pemandangan Danau dan sekelilingnya sangat indah. Potensi Danau Tondano cukup besar, selain dikelilingi pegunungan yang sangat cantik sebagaimana Danau Toba, danau ini punya keunggulan, yakni dapat dijangkau dengan mudah dari Kota Manado sebagai ibu kota Provinsi Sulut. Jarak tempuhnya yang hanya sekitar kurang dari satu jam dari Bandara Internasional ‘Sam Ratulangi’ maupun ‘Indonesia Main Port’ (IMP) Pelabuhan Samudera Bitung, membuat jalan masuk ke Danau Tondano sangat mulus.
Terletak pada ketimggian 684 m di atas permukaan laut membuat daerah danau tersebut berhawa sejuk. Secara admistratif Danau Tondano berada di kabupaten Minahasa, propinsi Sulawesi Utara. Danau Tondano merupakan danau  terluas di propinsi Sulawesi utara. Luasnya mencapai 4.278 ha dengan ukuran sekitar 5 km x 11 km. Danau ini dilingkari dengan jalan provinsi dan menghubungkan kota Tondano, Kecamatan Tondano Timur, Kecamatan Eris, Kecamatan Kakas, Kecamatan Remboken, dan Kecamatan Tondano Selatan.
Jika di Danau Toba ada pulau terkenal yaitu Pulau Samosir, di Danau Tondano pun punya Pulau Likri dengan segala keindahannya, sehingga sering jadi sentra doa warga sekitar. Bahkan ada ‘mithe’ yang menuturkan, di bawa pulau ini ada fatwa sungai alam terhubung dengan Danau Tondangouw di Kecamatan Tombatu, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), melewati bahagian bawah Gunung Soputan, gunung api teraktif di Indonesia.
Karena itu, wajar saja jikalau Danau Tondano sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata yang bisa menyaingi Danau Toba. Tak cuma wisata alam, tapi juga masakan dan wisata petualangan serta ‘tourism relious’. Danau tersebut juga dikala ini menjadi sumber listrik untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Tonsea Lama serta Tanggari I dan II, ini menjadi nilai plus untuk dikembangkan menjadi lokasi pariwisata potensial.
Beberapa obyek wisata di sekitar danau tondano ialah “Sumaru Endo” Remboken, dan Resort Wisata Bukit Pinus (Tondano arah Toliang Oki).Gua tikus tasuka, Dari tepian danau Tondano (Toliang Oki). Anda dapat juga naik ke gunung Makawembein . Dari situ anda dapat menikmati keindahan pemandangan di danau Tondano, kota Bitung dan Pantainya serta kota Manado dan pantainya. (teks:berbagai sumber – Foto: devianart)



Google Adsense Here
Google Adsense Here