Nuansa Kesejukan Air Terjun Saluopa

Google Adsense Here
Air terjun ini biasa juga disebut dengan Air Luncur Saluopa Saluopa terletak di desa Tonusu atau sekitar 12 kilometer arah barat dari kota Tentena, ibukota Kecamatan Pamona Utara, atau 54 kilometer arah tenggara dari kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah. Karena keindahannya jeram saluopa sudah cukup dikenal oleh wisatawan luar negeri maupun lokal. Dari Palu ke kota Tentena dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua dalam waktu sekitar 7-8 jam. Apabila sudah berada di Tentena dan ingin jalan-jalan ke Air Terjun Saluopa, Anda dapat menggunakan kendaraan bermotor. Kemudian, dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 500 meter.

Menurut beberapa pengunjung, jeram Saluopa merupakan jeram yang terbaik di Indonesia. Namun sayangnya, air yang dahulu mengalir deras menutupi bebatuan di setiap tingkatan tersebut, kini debit airnya mulai berkurang.

Air terjun Saluopa bersumber dari mata air yang mengalir dari puncak gunung dengan ketinggian 25 meter. Air terjun ini melewati batuan gunung sebanyak 12 tingkatan yang mengalir deras mengalir sampai ke tingkat paling bawah yang berakhir di sungai kecil Desa Leboni. Keunikan jeram ini yaitu adanya undakan batu-batu yang membentuk setiap tingkatan berupa sebuah bak kecil. Tingkatan jeram ini dapat dijelajahi atau didaki sampai ke tingkat teratas  karena tidak berlumut walaupun dibawah derasnya air.  Juga di bawah jeram ini terdapat beberapa bak dengan air yang sangat jernih.
Menurut catatan petugas jaga, jumlah pengunjung ke jeram saluopa ketika hari libur mencapai 200 orang lebih. Namun pengunjung terbanyak ketika perayaan Tahun Baru yang mencapai 400 pengunjung. Bertambahnya pengunjung sudah tentu menambah pemasukan bagi Pemkab Poso yang menetapkan tiket masuk Rp 1.000 per orang.

Selain itu, di tujuan wisata area jeram saluopa yang terletak di perbukitan ini Anda juga dapat menikmati panorama alam berupa hutan tropis yang masih asri sambil menghirup udara yang segar. Walaupun Anda akan dihadapkan dengan mendaki hutan namun jalur trekking yang ada sudah disiapkan dengan baik. Namun beberapa bab masih berupa tanah berbatu.

Trekking ini akan menguras energi Anda untuk mampu mencapai titik paling atas jeram ini. Namun, semuanya akan terbayarkan ketika Anda mendengarkan kicauan burung yang bertengger di atas pepohonan serta curahan jeram Saluopa yang jernih. Bahkan terkadang di antara percikan jeram terkadang muncul warna pelangi yang sangat mengagumkan dan mempesona. Anda dapat bermain-main air di atas bebatuan tersebut sambil berfoto-foto dengan latar belakang air terjun.
Keindahan juga kita rasakan ketika sebelum masuk ke area jeram saluopa. Sekitar 500 meter dari area parkir. Menyusuri kebun coklat dengan jalan yang berliku. Terlihat juga kehijauan alam disekitarnya. Warna itu memberi aura tersendiri. Begitu kayanya Indonesia dalam balutan lebatnya hutan. Silahkan datang dan nikmati keindahan alam raya Indonesia.

Google Adsense Here
Google Adsense Here