Pantai Ngurbloat dan Ngurtafur Siapa yang Tak Bermimpi Bisa ke Sana?

Google Adsense Here
Pantai Ngurbloat – Pulau Kei Kecil
Pantai Ngurbloat yang terletak di Desa Ngilngof di adegan barat Pulau Kei Kecil dan berjarak sekitar 20 kilometer dari Tual, ibukota Kabupaten Maluku Tenggara. Daerah Pantai Ngurbloat dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan beroda empat sewaan ataupun angkutan umum yang berpangkalan di Pasar Ohoijang, Langgur. Perjalanan dari Tual ke Pantai Ngurbloat ditempuh sekitar satu jam. Tanah di daerah Pulau Kei Kecil yang berupa kerikil karang menyebabkan hanya tanaman jenis tertentu yang dapat tumbuh disana. Jarang sekali ditemukan pohon-pohon besar dan rimbun. Untuk ke Maluku Tenggara sendiri, wisatawan dapat menggunakan pesawat ataupun kapal laut dari Kota Ambon. Perjalanan dari Bandara Pattimura, Ambon, menuju bandara Dumatubun di Langgur ditempuh sekitar 1,5 jam dengan menggunakan pesawat berbadan kecil. Hampir setiap hari terdapat penerbangan dari Kota Ambon menuju Langgur dengan maskapai yang berbeda-beda.

Bagi yang ingin menggunakan angkutan laut, perjalanan dapat ditempuh dari Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, menuju Pelabuhan Tual. Perjalanan ini berlangsung sekitar 18 jam dengan menggunakan kapal penumpang milik PT Pelni. Waktu tempuh tersebut termasuk singgah sekitar dua jam di Pelabuhan Banda Naira. Namun, perjalanan laut ini biasanya hanya satu kali dalam satu minggu. Selain Pantai Ngurbloat, Maluku Tenggara, juga memiliki sejumlah obyek wisata pantai lain.


Di Pulau Dullah terdapat Pantai Difur dan Pantai Nam Indah yang dirindangi aneka pepohonan. Di Pulau Kei Kecil terdapat Pantai Ngursamadan di Desa Ohoililir, Pantai Disuk, dan Pantai Nadiun Ohoidertawun. Ciri utama dari pantai-pantai itu airnya yang amat jernih dan sekitar pantai teduh oleh rimbunnya pepohonan. Di Pulau Kei Besar juga ada Pantai Walar yang lokasinya antara Desa Ohoiwait dan Desa Ohoiel, serta Pantai Udar di
Desa Tamngil Nuhuten. Ada juga Pulau Kelapa dan Taman Sos yang memiliki panorama pantai yang memesona dan kerikil karang indah.

Pantai Ngurbloat yang mempunyai arti “Pantai Pasir Panjang” sudah menjadi salah satu pantai yang menjadi tempat wisata utama di Maluku Tenggara. Sesuai dengan artinya, pantai pasir putih ini memanjang sampai tiga kilometer. Keistimewaan Pantai Ngurbloat ialah pasir pantainya. Selain bentangan pasir pantai yang sangat luas, warna pasir pantai Ngurbloat putih cerah dan memiliki tekstur yang sangat lembut dan halus. Kondisi itulah yang membedakan Ngurbloat dengan pantai lainnya. Dalam kondisi mendung pun, pasir pantai tetap terlihat berkilau dan cukup menyilaukan mata. Kelembutan pasir yang ada di Pantai Ngurbloat konon diyakini masyarakat hanya dapat ditandingi oleh kelembutan tepung.

Saat memasuki areal pantai yang hanya berjarak sekitar 100 meter dari jalan raya Desa Ngilngof, para wisatawan akan disambut oleh lambaian pohon kelapa yang menjulang tinggi. Namun, hati-hati ketika menapaki jalan pantai, terutama kalau animo hujan. Jalan masuk menuju pantai yang terbuat dari kerikil karang sangat licin. Hamparan luas pasir putih di Ngurbloat itu sangat menyenangkan bagi mereka yang senang berjalan-jalan dan bermain di pinggir pantai. Bagi yang hobi berolahraga, Ngurbloat cocok untuk tempat bermain voli pantai, sepak bola, atau lari pagi.

Pengunjung yang berolahraga tidak perlu kuatir akan berdesak-desakan dengan wisatawan lainnya.
Bagi wisatawan yang membawa anak balita, jangan lupa membawa peralatan untuk bermain pasir. Butiran pasir pantai yang halus menyebabkan kulit terasa nyaman ketika bersentuhan dengannya.
Di tempat pantai itu wisatawan juga mampu berenang. Lokasinya cukup aman dan luas sebab Pantai Ngurbloat sangat landai. Pulau-kecil yang terletak berhadapan dengan pantai itu membuat ombak laut di pantai tersebut tidak terlalu besar dan arusnya pun tidak terlalu kuat.

Gamber Pantai Ngurbloat:


Google Adsense Here




Pantai Ngurtafur – Pulau Warbal
Selain pantai Ngurbloat, di Kabupaten Maluku Tenggara juga terdapat sebuah pantai lagi yang cukup unik, yaitu pantai Ngurtafur. Yang unik dari pantai Ngurtafur ialah sebab pantainya sangat berbeda dengan pantai pasir putih pada umumnya yang terletak memanjang di tepian pulau, pantai Ngurtafur ini memanjang dari tepi Pulau Warbal ke arah laut sepanjang dua kilo meter dengan lebar lebih kurang tujuh meter. Selain itu di daerah perairan sekitar pulau Warbal merupakan tempat Tabob atau penyu Blimbing mencari makan. Tabob merupakan salah satu hewan purba yang dilindungi, jadi disini merupakan wilayah konservasi Tabob yang dikelola WWF. Pulau Warbal terletak disebelah selatan pulau Kei kecil, dan dari Tual untuk menuju ke pulau warbal memakan waktu perjalanan sekitar selama satu setengah jam dengan menggunakan speed boat.

Gambar Pantai Ngurtafur:


Google Adsense Here