Pantai Suweru Jepara, Pesona Pasir Hitam dari Kota Ukir

Google Adsense Here

Dari banyak sekali pantai di Jepara memang kebanyakan berpasir putih, tapi tidak untuk pantai yang satu ini, Pantai Suweru merupakan pantai cantik yang berpasir hitam terletak di desa balong kecamatan kembang, kabupaten Jepara dan mampu dituju lewat pertigaan di sebelah timur kantor kecamatan kembang atau di sebut juga pertigaan “ngeplas”.

Untuk menuju desa tersebut tidak ada angkutan jadi sebaiknya menggunangan kendraan pribadi, setelah melewati hutan jati sekitar 10KM kalian akan hingga di sebuah jembatan, itu yakni jembatan pembatas desa balong dan jinggotan kecamatan kembang, setelah melewati jembatan itu kalian akan menaiki sebuah bukit di tengah pohon karet disana ada pertigaan, lurus ke daerah sentul desa dermolo, dari pertigaan kekiri itu menuju ke simpang lima balong, atau juga disebut simpang ruwet atau proliman, menuju ke pantai suweru cukup bersahabat namun harus melewati jalan berbatu di tengah hutan karet.

Google Adsense Here

Pantai ini juga di sebut pantai waden atau juga banyu towo, setelah melewati hutan karet kalian akan menjumpai gereja tertua di desa balong yang bersebelahan dengan masjid, disana juga tempat balai desa balong, setelah melewati daerah tersebut kalian juga akan disuguhi jalan bebatuan menuju pantai dan melewati kebun kopi susu, meskipun jalannya terjal namun kalian akan mencicipi sebuah petualangan yang menakjubkan karena setelah melewati jalan tersebut akan telihat pantai berpasir hitam yang sangat rupawan dari atas bukit kebun kopi yang juga di kelilingi pohon kelapa menjulang tinggi, di sekitar pantai seweru terdapat dermaga kapal pengangkut pasir dan juga pantai lainnya yaitu pantai yang penuh dengan karang yang dikenal dengan nama pantai karangan.
Masuk pantai suweru ini cukup mambayar tiket masuk dan parkir Rp.2.000,- di hari biasa dan Rp.5.000,- di hari libur.

Pantai Suweru memiliki banyak pohon waru yang besar dan unik. Hal itu semakin menciptakan suatu pemandangan yang indah, bersih dan alami. Pada hari Minggu atau hari libur lainnya, pantai ini biasanya dipenuhi oleh wisatawan lokal yang ingin menghabiskan liburan mereka dengan menikmati panorama pantai.

Di pantai Suweru ini, kau mampu leluasa bermain di hamparan pasir hitam, terdapat beberapa buah gazebo yang dapat anda gunakan untuk bersantai menikmati pantai, atau juga anda mampu bernaung di bawah pohon waru yang berudara sejuk, biasanya kalo di pantai lain udaranya begitu lembab dan kulit tersa lembab, hening saja, di pantai ini, kulit anda tidak akan terasa lembab, mungkin ini disebabkan karena kadar garam air lautnya tidak begitu tinggi. Ombak di pantai ini pun tidak begitu besar dan airnya pun sangat bersih. Jadi, hal ini sangat cocok bagi kau yang hobi berolahraga air menyerupai berenang maupun snorkeling.

Google Adsense Here