Pesona Kecantikan Pulau Samalona

Google Adsense Here
Kota Makassar tidak hanya terkenal dengan wisata masakan dan situs sejarahnya tapi juga mempunyai banyak potensi wisata kelautan yang memukau, salah satunya yaitu Pulau Samalona yang jaraknya 7 Km dari Makassar.  Pulau ini termasuk ke dalam wilayah kota Makassar, kecamatan ujung pandang, Sulawesi Selatan.

Luas pulau Samalona yang hanya mencapai 2 hektar, seolah menyebabkan Pulau Samalona terasa sebagai pulau langsung bagi wisatawan yang berkunjung, Keindahan pulau yang sangat cantik menyebabkan tempat wisata satu ini menjadi destinasi favorit di waktu liburan. Selaian menikmati pemandangannya, acara snorkeling dan diving menjadi acara yang harus dilakukan.

Surga bawah laut Pulau Samalona yang mempesona. Terumbu karang dan fauna laut yang langka akan mampu lo temukan di sini. Ditambah lagi peninggalan sejarah yang hanya ada di Pulau Samalona. Di bawah laut Samalona terdapat bangkai pesawat terbang ketika Perang Dunia II.

Airnya yang jernih dan pasir putih menjadi spot yang mempesona untuk menikmati senja. Bukan hanya itu, di Pulau Samalona juga mampu menyewa kapal untuk mengelilingi keindahan pulau-pulau kecil yang berada di sekitarnya. Keindahan Samalona masih sangat terjaga. So, tidak salah bila kita menyebabkan Pulau Samalona sebagai destinasi weekend spesial bersama teman, pasangan, dan keluarga. Dijamin dengan alam yang mempesona akan membantu untuk menghilangkan penat setelah lelah bekerja.

Pulau Samalona juga menyimpan sejuta misteri perihal karamnya sejumlah kapal peninggalan Perang Dunia Ke-II. Ada sekitar 7 buah kapal yang tenggelam di daerah pulau ini, di antaranya: kapal Maru, kapal perang milik Jepang yang tenggelam pada kedalaman sekitar 30 meter; kapal Lancaster Bomber yang juga tenggelam pada kedalaman sekitar 30 meter; kapal selam pemburu (gunboat) milik Jepang kapal kargo Hakko Maru buatan Belanda; serta kapal selam milik Jepang. Kapal-kapal yang tenggelam tersebut telah berubah wujud menjadi karang dan menjadi “rumah” atau “tempat tinggal” bagi ratusan biota laut yang beraneka ragam bentuk, dan jenis serta warna yang sangat mengagumkan. Keindahan inilah yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk datang berenang di antara bangkai-bangkai kapal tenggelam tersebut.
Selain misteri dan keindahan taman lautnya, para wisatawan juga dapat menyaksikan matahari terbit (sunrise) dan terbenamnya matahari (sunset) pada satu posisi yang sama. Di pulau ini, wisatawan juga dapat menikmati kelezatan aneka macam macam seafood segar yang dimasak dengan cara yang cukup unik, yaitu diletakkan di atas tempurung kelapa kemudian ditutupi dengan daun pohon yang tumbuh di sekitar pulau Samalona. Dengan cara demikian, aroma asap arang tempurung kelapa tersebut segera tercium dan dapat menggugah selera makan.
Untuk jalan masuk ke pulau Samalona cukup mudah, sebab hanya berjarak 20 – 30 menit laut, dengan menyewa boat milik nelayan yang banyak ditemukan di penyeberangan kayu bangkoa. Saya sendiri kemarin menyeberang dari depan benteng Fort Rotterdam, sebab ternyata juga terdapat dermaga kapal nelayan di depan benteng Fort Rotterdam. Harga sewa untuk satu perahu 300 ribu untuk pulang pergi dalam satu hari, dan 400 ribu bila kita ingin menginap dan di jemput keesokan paginya (mungkin harga mampu turun lagi sebab saya kurang mampu menawar). (dikutip dari aneka macam sumber)

Google Adsense Here
Google Adsense Here