Pesona Pantai Indrayanti di Wonosari Yogyakarta

Google Adsense Here

Wisata Gunung Kidul, Jogja, Mungkin bagi pencinta wisata pantai, nama Gunung Kidul sudah tidak abnormal lagi, alasannya yaitu wilayah Gunung Kidul Jogja tersebut banyak memiliki banyak sekali macam wisata pantai yang sangat diminati wisatawan alasannya yaitu keindahannya. Tetapi ada juga wisata yang memiliki daya tarik dan keindahan yang luarbiasa, salah satunnya yaitu Air Tejun Gedad, objek wisata gunung purba, beberapa embung atau danau diatas bukit dan masih banyak lainnya. Tetapi kali ini saya akan membahas wisata Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal.

Sejarah Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal
Pada Awalnya, pantai ini dikenal dengan Pantai Indrayanti. Penyebutan nama Pantai Indrayanti sebelumnya menuai banyak kontraversi dari banyak sekali pihak . nama Indrayanti sebenarnya bukanlah nama pantai, melainkan nama warung dan restoran. Tetapi alasannya yaitu kebanyakan dari wisatawan membaca papan nama warung atau restoran dan hasilnya masyarakat menyebut pantai ini dengan nama Pantai Indrayanti.
Sedangkan pemerintah Gunung Kidul menamai pantai ini dengan nama Pantai Pulang Syawal. Namun nama Indrayanti malah jauh lebih populer dibandingkan Pantai Pulang Syawal. Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal dikelola pihak swasta sehingga kebersihan pantainnta sangat terjaga berbeda dengan pantai-pantai lain.

Google Adsense Here
Pantai Indrayanti Yogyakarta www.wisatatiga.com

Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal
Pantai Indrayanti ini memiliki pantai berpasir putih yang sangat cantik dan eksotis dan dipadukan dengan debruyan ombak pantai selatan yang sudah memiliki ciri khas. Dan Uniknyya lagi saat kalian berkunjung kesini kalian mampu menikmati keindahan deretan pantai yang berada disebelah barat dari Pantai Indrayanti yaitu pantai Sundak, dan pantai Somadeng. Makara sekali berkunjung kalian mampu menikmati beberapa pantai sekaligus.
Banyak hal yang bias kalian lakukan disini menyerupai bermain pasir putih atau bermain air, namun ada yang harus kalian perhatikan bila ingin mandi di pantai, alasannya yaitu ombaknya yang kadang kurang bersahabat, sebaiknya berhati-hati dan jangan terlalu ketengah. Hal ini dikarenakan pantai Indrayanti eksklusif menghadap ke Samudra Hindia jadi tidak memiliki conture pantai yang landai.
Untuk duduk perkara akomodasi di Pantai Indrayanti ini mampu dibilang sangat lengkap, dimulai dari lahan parkir luas, penginapan yang banyak serta faslitas pendukung lainya yang sudah ada disediakan menyerupai gasebo ataupun payung yang ada dipinggir pantai selain itu juga banyak warung makan untuk orang yang ingin merasakan sea food.

Pantai Indrayanti Yogyakarta (JogjaAsik.com)

Harga Tiket Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal
Harga retribusi atau tiket masuk Pantai Indrayanti 2017 ini resmi dari TIC (Tourism Information Center) Gunungkidul berdasarkan Perda Kab. Gunungkidul No. 6 Tahun 2012 sebagaimana telah diubah dengan Perda Kab. Gunungkidul No. 17 Tahun 2013 maka Terhitung Mulai Tanggal 31 Januari 2014 diberlakukan Tarif Baru Tiket Masuk Obyek Wisata dengan ketentuan sebagai berikut :
1. Tiket masuk Obyek Wisata Kawasan Pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal, Sundak, Pulangsawal (indrayanti) dan Poktunggal sebesar Rp. 10.000,-/orang;
2. Tiket masuk obyek wisata tempat Pantai Wediombo sebesar Rp. 5.000,-/orang
3. Tiket masuk obyek wisata tempat Pantai Sadeng sebesar Rp. 5.000,-/orang
4. Tiket masuk obyek wisata tempat Pantai Siung sebesar Rp. 5.000,-/orang
5. Tiket masuk obyek wisata tempat Pantai Ngrenehan Rp. 5.000,-/orang

Pantai Indrayanti Yogyakarta www.pinterest.com

Lokasi Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal
Lokasi dari Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di sebelah timur Pantai Sundak dan Somandeng bila ditempuh dari jogja sekitar kurang lebih 2 jam.

Rute Pantai Pulang Sawal atau Indrayanti dari Jogja:
Ada beberapa rute yang bias kalian gunakan untuk menuju Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal yaitu :
rute alternative pertama :
Jika kalian dari Jogja ikuti jalan – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Arah Hutan Bunder – Bundaran Tugu BPD – Jalan Lingkar Selatan – Jalan Girisubo – Wonosari » Jalan Saptosari – Tepus – dan bila sebelum masuk tempat Pantai Baron ambil arah ke Timur menuju Pantai Sundak – Somandeng dan akirnya hingga Pantai Pulang Sawal (Indrayanti).
rute alternative kedua:
Jika kalian dari Jogja ikuti jalan – Imogiri – Panggang – Jalan Saptosari – Tepus – Ikuti Arah ke Pantai Baron – dan bila sebelum masuk tempat Pantai Baron ambil arah ke Timur menuju Pantai Sundak – Somandeng dan akirnya hingga Pantai Pulang Sawal (Indrayanti). Jika masih binggung buka google maps kalian.

Nah bila sedang berada di Jogja atau ingin liburan dijogja, Pantai Indrayanti ini mampu jadi pilihan, selain tempat yang sudah memadahi, saluran jalan juga mudah.

Google Adsense Here