Pulau Beras Basah, Pulau Imut nan Eksotis di Bontang

Google Adsense Here
Di Kalimantan memang terdapat banyak sekali pantai yang indah, salah yang paling eksotis ialah Beras Basah, Pantai ini terdapat di sebuah pulau imut (baca: kecil) yang berjulukan sama dengan pantainya, yaitu Pulau Beras Basah. Terletak di Kota Bontang, Kalimantan Timur. Pulau ini terbilang kecil. Saking kecilnya mungkin luasnya hanya sekitar satu atau dua kali luas lapangan bola. Namun demikian, pulau ini terlihat bersih dengan pantai yang landai dan berpasir putih. Ombaknya pun tidak terlalu besar. Oleh alasannya yaitu itu anda mampu berenang sepuasnya ditempat ini.

Dinamakan Pulau Beras Basah alasannya yaitu dulunya ada kapal besar yang membawa beras dari Sulawesi. Dalam perjalanannya, kapal ini diterjang ombak besar. Khawatir tenggelam, muatan pun diturunkan di pulau ini. Beras pun menjadi lembap oleh siraman ombak, sehingga semenjak itu disebut Pulau Beras Basah.

Google Adsense Here
Di pantai pulau beras lembap ini, Air laut terlihat begitu jernih. Kita dapat melihat banyak sekali tumbuhan laut dan ikan-ikan kecil dengan mata telanjang. Mercusuar yang terlihat dari kejauhan, menunjukan kita sudah bersahabat dengan bibir Pantai Beras Basah. Pantai Beras Basah memiliki pasir yang putih. Cocok untuk melepas lelah sambil berwisata menikmati pemandangan alamnya yang masih sangat alami.

Pantainya yang berpasir putih lembut sangat memesona dengan air laut yang sebening Kristal. Pulau Beras Basah mempunyai daya tarik sendiri dengan keheningan alami yang menakjubkan. Garis pantainya yang melengkung membingkai air laut yang berwarna biru kehijauan. Bentangan pasirnya yang berwarna putih kecokelatan menyerupai merica. Lapisan pasir yang kelembutannya menyerupai sebuah bentangan karpet tebal yang empuk sehingga  kaki terasa karam dalam pasir dan telapak kakimu menyerupai dipijat digelitiki oleh butiran halusnya.


Pulau ini sangat cocok bagi anda ingin berlibur bersama keluarga, teman-teman ataupun bagi anda yang ingin menikmati suasana ketenangan. Panorama pohon kelapa yang tidak terlalu tinggi membuat keunikan tersendiri di pulau ini.

Salah satu ciri khas dari Pulau Beras Basah yaitu menara putih. Menara ini berbentuk kerucut berwarna putih menyerupai menara mercusuar. Entah semenjak kapan menara ini dibangun. Kata orang-orang sudah lama menara ini ada dan hingga sekarang masih kokoh berdiri. Dari kejauhan menara ini tampak tinggi menjulang dan terletak di bab ujung pulau.

Bukan hanya itu saja, para pengunjung Pulau Beras Basah juga mampu melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan alam bawah laut yang ada di wilayah itu. Pulau beras lembap juga berdekatan dengan pulau menarik lainnya menyerupai Pulau Segajah, pulau yang hanya muncul ketika air laut surut dan kemudian karam ketika air Dan juga  berdekatan dengan perkampungan nelayan yaitu Selangan. Di daerah itu, terdapat banyak keramba ikan. Anda mampu membeli ikan dan membakarnya eksklusif disana. (src:  berbagai sumber)


Google Adsense Here