Ritual Daerah Bakar Tongkak

Google Adsense Here
Ritual bakar tongkak dikenal sebagai GO CEK CAP LAK ialah sebuah ritual tahunan masyarakat di Bagansiapiapi yang telah terkenal di mancanegara dan masuk dalam kalender visit Indonesia. Tradisi bakar tongkak ini biasanya dilakukan pada tanggal 16 bulan kelima setelah tahun gres china. Ritual bakar tongkak ini biasanya dilakukan oleh bangsa tionghoa yang ada di bagansiapiapi Provinsi Riau. 
Inti terpenting dari peringatan ritual daerah bakar tongkak yakni suksesnya para leluhur membawa keluarga mereka menetap di kawasan perantauan hingga ketika ini. Makara para peranatau tionghua bagansiapiapi bertekat tidak kembali ketempat asalnya dengan aben kapal tongkak. Manfaat yang didapat warga Tionghoa dalam perayaan ini menurutnya ialah kesuksesan dalam meniti hidup dan kehidupan. Dalam ritual ini masyarakat membuat kapal kemudian diinapkan di kelenteng Eng Hok King, tempat ibadah tertua milik umat Konghucu  yang terletak di tengah kota. Selain itu digelar juga panggung hiburan yang mendatangkan penyanyi-penyanyi membawakan lagu berbahasa Hokkian. Keesokan harinya, barulah kemudian kapal itu diarak warga dalam sebuah pawai dan dibakar ritual ini dilakukan setiap tahun nya.
Walaupun tempat wisata daerah ini berbeda dengan tempat wisata lainnya, peristiwa  bakar tongkak ini bisa mengundang para wisatawan aneh untuk menyaksikan acra Ritual Bakar Tongkak ini. Makara tidak hanya masyarakat setempat saja yang besar hati dengan program Ritual Bakar Tongkak ini. Begitu banyaknya pengunjung datang baik dari masyarakat lokal maupun mancanegara. Makara masyarakat Rokan Hilir memanfaat kan kegiatan ini dengan sebagai mata pencaharian buat mereka yaitu dengan menyampaikan jasa penginapan, alat transportasi menyerupai tukang bejak dan jasa ojek harganya relative tergantung tujuan dan tranportasi yang digunakan.
Bahkan pemerintah Rokan Hilir sudah memasukan kegiatan Ritual Bakar Tongkak ini sebagai wisata nasional yang dapat mempromosikan Provinsi Riau ke mancanegara sehingga bisa menjadi devisit Negara Indonesia.
Demikian yang bisa saya sampaikan dan tulis didalam artikel wacana Ritual Daerah Bakar Tongkak ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi pelengkap wawasan anda. Selamat mengujungi dan menyaksikan acaranya. Terima kasih.

Google Adsense Here