Taman Mini Indonesia Indah Miniatur Keragaman Indonesia

Google Adsense Here

Taman Mini Indonesia Indah Miniatur Keragaman Indonesia, – Taman Mini Indonesia Indah  yang disingkat TMII yaitu suatu area taman wisata  seluas 150 hektar yang menggambarkan keragaman dan keindahan budaya Indonesia dari sabang sampai merauke. Singkatnya TMII yaitu gambaran kecil dari aneka ragam suku, bentuk bangunan rumah tradisional tiap provinsi yang ada di Indonesia. Mencakup aneka macam macam rujukan kecil aspek kehidupan yang terdapat di 26 provinsi di seluruh wilayah Indonesia. Alamat taman mini indonesia mengagumkan yaitu di Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Taman Mini Indonesia Indah  memiliki banyak keindahan didalamnya. Didalamnya terdapat banyak sekali  bangunan  seni budaya asli Indonesia, yang beraneka ragam mewakili setiap identitas provinsi yang ada diseluruh wilayah Negara Indonesia, menyerupai rumah panggung, Rumah adab minangkabau, Rumah adab bali dsb. Selain bangunan-bangunan tersebut ada juga danau buatan yang menggambarkan wilayah Indonesia dalam bentuk miniatur pulau. Ada aneka macam macam kemudahan yang disediakan sebagai tempat wisata di Taman Mini Indonesia Indah, diantaranya yaitu Kereta gantung yang siap membawa pengunjung melihat pemandangan dari atas, Istana Anak-anak Indonesia, SnowBay Water Park, Teater IMAX Keong Mas, Teater 4 Dimensi, Teater Tanah Airku, Hotel Desa Wisata, Graha Wisata Remaja, Resto Puri Caping Gunung, Titihan Samirono/Aeromovel, Taman Bunga Keong Emas, Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga, Taman Burung dan Taman Bekisar, Museum Indonesia, Museum Keprajuritan, Museum Prangko Indonesia, Museum Pusaka, Museum Transportasi, Museum Listrik dan Energi Baru, Museum Telekomunikasi, Museum Penerangan, Museum Olahraga, Museum Asmat, Museum Komodo dan Taman Reptilia, Museum Timor-Timor, Pusat Peragaan IPTEK dll. Tempat-tempat wisata tersebut diatas semuanya terdapat di dalam kompleks TMII dan memiliki harga tiket masuk yang berbeda-beda. Untuk lebih lengkapnya persoalan tiket masuk anda dapat melihat di daftar harga tiket masuk Taman Mini ndonesia Indah di situs resminya Disini.

Google Adsense Here

Karena memiliki sarana yang komplit TMII menjadi tujuan wisata yang ramai jika ekspresi dominan liburan tiba. Kebanyakan pengunjung yaitu warga ibu kota. Banyak pula turis dari negara lain yang singgah ke TMII. Mereka beranggapan bahwa mengunjungi TMII sama halnya dengan mengunjungi seluruh wilayah Indonesia secara singkat dan praktis. TMII mempunyai ikon maskot dari tokoh pewayangan Hanoman berjulukan Anjani Putra ( NITRA ). Penggunaan maskot NITRA  diresmikan oleh Ibu Tien Soeharto pada tahun 1991 bertepatan  dwi windu usia TMII.

Sejarah Pembangunan Taman Mini Indonesia Indah diawali dari inspirasi cemerlang ibu Negara ketika Presiden Soeharto berkuasa. Yakni Ibu Siti hartinah atau yang lebih dikenal dengan nama Ibu Tien Soeharto. Ide dia muncul ketika pertemuan di cendana pada tanggal 13 maret 1970. Beliau berkeyakinan dengan dibangunnya TMII dibutuhkan seluruh warga Indonesia mempunyai rasa besar hati dan rasa cinta tanah air. Maka setelah melaksanakan perbincangan dengan aneka macam pihak terkait, dimulailah proyek miniatur Indonesia mengagumkan yang ditangani oleh Yayasan Harapan Kita.
Pembangunan dimulai tahun 1972, Arsitek perancang TMII memanfaatkan luas areal pembangunan seluas 150 hektar dengan topo grafi agak berbukit  Sebagai penggambaran penuh aspek kekayaan alam Indonesia. baik budaya, bangunan, sampai teknologi modern yang sedang berkembang. Tim perancang terbantu dengan topografi alami tempat lahan pembangunan TMII yang tinggi tidak merata untuk menunjukan kondisi alam Indonesia secara landscape diatas permukaan tanah secara detail. Pada hari ahad biasanya digelar pertunjukan musik daerah, atau aneka macam upacara adab yang ada di indinonesia. Di aneka macam anjungan juga menyediakan macam-macam item khas provinsi yang diwakilinya. Berupa masakan daerah, jajanan  ringan, ataupun hiasan cinderamata.

Setelah provinsi timor timur memisahkan diri dari Indonesia pada tahun 2002. Anjungan timor timur  TMII berubah statusnya sebagai museum timor timur. Nah karna pada ketika ini Negara kita terdiri atas 33 provinsi. Maka pembangunan anjungan gres juga dilaksanakan. Meliputi provinsi gres menyerupai provinsi Papua Barat, Kepulauan Riau, Gorontalo, Maluku utara,Bangka Belitung, banten, dan  Sulawesi barat. Itulah sedikit gambaran tempat wisata Taman Mini Indonesia Indah

Peta Taman Mini Indonesia Indah

Berikut kami tampilkan Peta Taman Mini Indonesia Indah

Gambar dan Foto Taman Mini Indonesia Indah

 

Demikian tadi sekilas ihwal tempat wisata Taman Mini Indonesia Indah. Tempat wisata alam yang ada di Jakarta sangat banyak, salah satunya anda dapat mengunjungi Kepulauan Seribu. (Baca : Tempat Wisata di Jakarta yang Wajib anda Kunjungi )

Google Adsense Here