Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Google Adsense Here

Di Sumatra begitu banyak Taman Nasional satu diantaranya yaitu taman nasional bukit tiga puluh. Taman Nasional ini terletak di antara Provinsi Riau dan Jambi. Taman seluas 144.223 hektar ini merupakan daerah hutan tropis dataran rendah yang terkenal dengan tempat tinggal terakhir spesies yang hampir punah. Seperti spesies orangutan sumatera, harimau sumatera, gajah sumatera, warak sumatera, tapir asia, beruang madu dan aneka macam spesies burung yang terancam. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh juga berfungsi sebagai pengendali hidrologi bagi Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Indragiri dan Batanghari.
Taman Nasional Bukit Tiga Puluh memiliki keaneka ragaman flora dan fauna juga memiliki begitu banyak keindahan yang luar biasa. Disini terdapat 660 spesies tumbuhan dan 246 merupakan tumbuhan obat. Ada beberapa jenis spesies langkah ibarat cendawan muka rimau (rafflessia hasselti), jernang (daemonorops draco), pulai (alstonia scholaris), getah merah (palaguyum sopi), jelutung (dyeracosculata) dan pohon nibung (oncosperma tigilarium). Keistimewaan yang lain dari Taman Nasional Bukit Tiga Puluh yaitu sebagai tempat tinggal suku Talang mamak dan suku Kubu, dua suku ini dianggap sebagai keturunan ras proto–mlayu. 
Disini pengunjung mampu pengunjung mampu menikmati beberapa objek wisata, diantaranya :
  • Air Hitam Dalam, air hitam dalam merupakan tempat hidup habitat Harimau Sumatra. Disini pengunjung mampu menyusuri sungai dan melihat aneka macam tumbuhan/satwa.
  • Tembelung Berasap, disini pengunjung dimanjakan dengan pemandangan penderasan yang begitu indah,disi pengunjung juga mampu mandi dan melaksanakan pengamatan pada tumbuhan,
  • Batu Belipat dan Batu Gatal, ini merupakan wisata budaya arung jeram.
  • Kamantan, merupakan wisata budaya yaitu upacara agama suku talang mamak.
  • Menyaksikan Atraksi Budaya Diluar Taman Nasional, berupa siak Bermandah dilakukan pada bulan Juni dan Pacu Jalurpada bulan Agustus.

Google Adsense Here
Untuk hingga di tempat wisata daerah Taman Nasional Bukit Tiga Puluh ini pengunjung mampu mendarat di Pekanbaru, Riau. Ambil rute Pekanbaru – Siberida yang berjarak sekitar 285 Km dan mampu ditempuh dengan menggunakan kendaraan eksklusif atau kendaraan umum (Bus), waktu tempuh diperkirakan kurang lebih 4 jam. Untuk biaya masuk di Taman Nasional Bukit Tiga Puluh ini masih dalam proses konfirmasi.
Demikian isu wacana tempat wisata daerah Taman Nasional Bukit Tiga Puluh yang mampu saya sajikan dalam artikel ini. Semoga bermanfaat dan selamat berkunjung. 

Google Adsense Here