Tempat Wisata Belanja Khas Kota Jepara

Google Adsense Here

Masih wacana “Wisata Belanja Murah”, lanjut kita ubek-ubek kota Jepara nih, ini dia tempat belanja di Jepara dan oleh-oleh khas Jepara. Jika Anda menikmati liburan di Jepara, pasti tidak akan lengkap tanpa berburu untuk barang-barang khas dari sana. Banyak tempat menarik yang dapat ditemukan di sepanjang jalan-jalan Jepara. Setiap langkah yang tertuju, Anda dapat menemukan aneka macam tempat untuk membeli souvenir atau hadiah lainnya.

Banyak orang menganggap jepara sebagai tempat untuk jalan-jalan, terutama bagi mereka yang pernah menimbulkan kota ini sebagai tempat berkeliaran. Tapi tidak hanya pariwisata yang terkenal, Jepara juga surga wisata bagi kaum hawa untuk hunting kebutuhan fashion. Ada tujuan seabreg tersembunyi yang dapat anda temukan di provinsi Jawa Tengah yang terletak di episode utara dari pulau Jawa. Dari puluhan pulau, gua hingga teladas kemudian mencebur dinginnya air pantai di animo liburan, Curug di Jepara ialah kesan memang tak tergantikan.

Google Adsense Here
Jepara ini juga bisa memenuhi impian Anda yang satu ini: belanja! Ya, Anda tidak perlu berburu hal mahal di mal di kota besar untuk menemukan pengalaman berbelanja yang tidak ditemukan di kota lainnya. Jepara menunjukkan segala hal, mulai dari kerajinan untuk pakaian berkualitas tinggi dengan jahitan rapi yang bisa Anda bawa pulang, serta industri kreatif yang beraneka ragam bakal anda jumpai ketika sedang liburan di Jepara. 

Mana saja sih area di Jepara yang menjadi surga hangat bagi para penggemar wisata belanja? nah saya akan tunjukkan dulu nih, apa saja oleh-oleh khas jepara yang paling top untuk dibawa pulang, simak ya.

Krupuk Tengiri & Udang Jepara “Echo”

Pembuatan krupuk udang dan krupuk tengiri pada awalnya ialah sebagai acara ibu-ibu rumah tangga di Jepara dan sekitarnya. Kegiatan yang sudah menjadi tradisi mulai dari tahun 1950an, akan tetapi ketika ini sangat jarang dijumpai. Seiring dengan berkembangnya, orang jepara menyebut dengan krupuk ECHO (Bahasa Jawa: yang mempunyai rasa enak). Maka nama Echo dipakai sebagai merek identitas produk dan secara pribadi dipasarkan melalui Toko Ramayana Jepara.

Untuk persoalan harga sangat berfareatif, anda dapat menemukan aneka krupuk tengiri dan udang bermacam-macam, lantas dimana anda bisa menerima oleh-oleh ini? sekitar 200m dari Alun-alun Jepara menuju ke barat anda bisa menemukan krupuk tengiri dan udang echo, tepatnya di Jl. Yos Sudarso No. 7 (Sebelah Utara Klenteng Jepara)

Sentra Kerajinan Patung dan Ukiran

Mau beli oleh-oleh gesekan khas jepara? Mulyoharjo, yups sempurna sekali, Mulyoharjo merupakan kampung pusat gesekan asli Jepara yang mendunia. disini anda dapat banyak menjumpai aneka macam seni ukir yang berbahan dasar kayu ini, dari pembuatan figura, almari, meja, kursi, ayunan, gazebo pernak-pernik, dll. Tak hanya itu disini anda juga bisa memesan custom desain yang sesuai dengan impian anda. 
Kampung Mulyoharjo terletak sekitar 6 km menuju ke utara dari Alun-alun Jepara atau sekitar 10 menit berkendara. Jika menggunakan kendaraan umum kalian bisa menggunakan angkutan umum dengan rute menuju Kecamatan Mlonggo.

Batik Jepara (Batik Kartini)

Mungkin batik merupakan identitas kota Pekalongan, akan tetapi di Jepara juga mempunyai batik yang khas, yang berbeda dengan batik-batik pada umumnya menyerupai batik solo, jogja, dll. Bagi anda yang ingin mempunyai atau membeli oleh-oleh khas Jepara yang satu ini, anda bisa menemukannya di desa Slagi, Kecamatan Pakis Aji, Kab. Jepara.

Batik Jepara disebut juga Batik Kartini, sebab motifnya diubahsuaikan dengan motif yang diciptkan oleh R.A. Kartini dan motif tersebut tetap dipertahankan hingga ketika ini.
Konon R.A. Kartini pernah mengirim batik ciptaanya tersebut kepada para sahabatnya di Belanda, sehingga diakui bahwa R.A. Kartini-lah yang awalnya memperkenalkan Batik ke negeri Belanda.

Beberapa motif Batik Kartini dapat dikenali, diantaranya: Motif Srikaton, Motif Srigunung,Motif Parang Gandosuli, Motif Bunga Kantil.
Umumnya Batik Jepara model Batik Kartini ini dipakai oleh kaum bangsawan.

 
Adapun motif lainnya dari Batik Jepara ini diambil dari aneka macam gesekan Jepara, seperti: Motif Parang Poro, Motif Lung – Lungan, Motif Kembang Setaman, Motif Elung Bimo Kurdo, danMotif Sido Arum.
Untuk warna khas yang dipakai pada Batik Jepara ini, adalah: gajah coklat, ulir hijau, lung hitam, dan beberapa jenis warna lainnya.

Souvenir Kaos Khas Jepara (Qimo)

Kalau di Yogyakarta ada Dagadu dan di Bali ada Joger, Jepara pun punya souvenir khas yang cocok untuk anda jadikan oleh-oleh buat keluarga, kerabat atau saudara anda dirumah. Sejak awal kelahirannya, Qimo Japara memposisikan diri sebagai produk cinderamata alternatif dari Jepara dengan mengusung tema utama: Everything about Jepara. Ya artefaknya, bahasanya, kultur kehidupannya, maupun remeh-temeh keseharian yang terjadi di dalamnya. 
Terminologi “alternatif” digunakan untuk membedakan produk Qimo Japara dengan cinderamata lain dengan karakteristik : memberi bingkai estetika pada hal-hal keseharian yang dianggap sederhana dan remeh; mengungkapkan gagasan dengan gaya bermain-main yang mudah dipahami; memberi pengutamaan pada aspek keatraktifan melalui bentuk-bentuk sederhana yang mencolok; memilih fabrikan ketimbang citra craft atau kerajinan, baik melalui material yang digunakan maupun unsur-unsur desain dari pemilihan warna hingga finishing.
Sebagaimana dimaklumi, Qimo Japara ialah sebuah ikon pariwisata Jepara setelah ukiran, batik, Monel, dan Tenun. alamat Outlet Qimo berada di Jl. KH.Moliki 02 Pengkol, 59415 anda juga bisa menghubunginya lewat telepon 0813-2540-9948

Souvenir Perhiasan Monel Kalinyamatan 

Sejak tahun 1988 desa Kriyan dinobatkan sebagai pusat monel oleh pemerintah Kabupaten Jepara. Tapi ketika itu belum ada satupun toko monel. Dulu yang banyak pengrajin rumahan, akan tetapi sekarang anda bisa menemukan deretan toko monel sepanjang Jl. Goa Kencana, Kriyan. Sebagian besar masyarakat desa Kriyan berprofesi sebagai pengrajin perhiasan monel. Seperti cincin, gelang, kalung, bros, dan beragam aksesoris lainnya.

Bagi wisatawan yang hendak mengunjungi pusat kerajinan monel Jepara untuk melihat hasil kerajinan monel, menyerupai aksesoris yang dapat dijadikan oleh-oleh tak perlu pusing mencari lokasinya. Sentra kerajinan seni monel Jepara berada di jalur provinsi penghubung Kabupaten Jepara dengan Kabupaten Kudus dan Kota Semarang. Tepatnya di Jl. Goa Kencana, Desa Kriyan Kecamatan Kalinyamatan, 59462.

Tenun Troso Jepara

Tenun ikat troso atau kain ikat troso ialah kriya tenun Jepara tepatnya dari Desa Troso. Tenun ikat troso berupa kain yang ditenun dari helaian benang pakan atau benang lungsin yang sebelumnya diikat dan dicelupkan ke dalam zat pewarna alami. Alat tenun yang dipakai ialah alat tenun bukan mesin. Kain ikat dapat dijahit untuk dijadikan pakaian dan perlengkapan busana, kain pelapis mebel, atau penghias interior rumah.

Kerajinan tenun ini tumbuh dan berkembang semenjak jaman Belanda dan terus dilestarikankan dari satu generasi ke generasi selanjutnya, yang ketika ini sudah pada generasi yang kelima.Terdapat 2 (dua) motif tenun hasil karya cipta komunitas Desa Troso, yaitu :

  • Motif/pola Cemara (pohon cemara)
  • Motif/pola Lompong (daun Tales)
Tenun motif cemara dan lompong ialah jenis motif yang ditorehkan pada kain sarung. Dengan kain sarung tersebut Desa -Troso menjadi dikenal oleh khalayak ramai (terkenal).
Produk tenun ikat yang banyak diproduksi oleh pengrajin ialah kain jok meubel, gorden, pakaian seragam & pakaian budbahasa Kabupaten Jepara serta beberapa jenis motif kain tenun ikat yang bermotifkan etnik dari kawasan lain di Indonesia menyerupai motif tenun dari kawasan Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan, Bali dan sebagainya, sebab motif dari kawasan yang telah disebutkan diatas, pasarnya masih terbuka luas.
Berbagai motif kain tenun troso dapat kita jumpai pada aneka macam showroom / ruang pamer yang ada di desa Troso, jaraknya sekitar 12 km dari ibukota Jepara. Tenun ikat troso merupakan salah satu oleh-oleh favorit wisatawan lokal maupun mancanegara yang sedang liburan di Jepara. di desa Troso anda akan banyak menjumpai warga yang sedang asyik menenun dengan citra nuansa Jepara yang khas.

Google Adsense Here