Waduk Gunung Rowo, Tempat Wisata di Pati yang Indah

Google Adsense Here

Waduk Gunung Rowo, Tempat Wisata di Pati yang Indah – Pati merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Tengah yang berdekatan dengan pantai utara Jawa Tengah. Kabupaten Pati memiliki banyak sekali tempat wisata dengan pemandanga yang menawan. Namun sayang banyak sekali tempat wisata kawasan ini masih belu digarap dengan serius oleh Pemerintah Kabupaten sehingga tempat wisata ini masih sepi pengunjung.

Wisata Waduk Gunung Rowo di Pati Jawa Tengah


Salah satu tempat wisata yang masih sepi di Pati yaitu Waduk Gunung Rowo. Waduk Gunung Rowo terletak di Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong Kab Pati. Waduk ini berada di lereng Gunung Muria sebelah timur dan memiliki luas sekitar 320 ha. Dengan luas tersebut Waduk Gunung Rowo dapat menampung air sebanyak 5,5 juta meter kubik. Air yang berada di di Waduk Gunung Rowo dapat menyuplai Waduk Seloromo yang letaknya berdekatan. Kedua waduk ini bisa mengairi sawah di beberapa Kecamatan di Pati menyerupai Kecamatan Margorejo, Wedarijaksa, Juwana, Tlogowungu dan Pati yang luasnya sekitar 10.000 ha.

Google Adsense Here

Waduk Gunung Rowo dibangun pada masa Penjajahan Belanda sekitar tahun 1928. Tujuan pembangunan waduk ini tentu saja untuk menampung air pada animo penghujan dan menggunakannya untuk mengairi persawahan pada animo kemarau. Saat ini sudah banyak warga Pati yang memanfaatkan Waduk Gunung Rowo sebagai tempat wisata. Untuk menjangkaunya juga tidaklah sulit alasannya ialah sudah ada angkutan kota dengan trayek Terminal pati – Waduk Gunung Rowo. Namun kebanyakan pengunjung menggunakan kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil. Tempat ini juga sering dijadikan tujuan untuk bersepeda di hari libur. Banyak rombongan / klub sepeda yang menyusuri tempat ini. Dengan rute yang sedikit naik turun pastinya akan mengakibatkan kesan tersendiri. Meskipun capek, jika sudah hingga Waduk Gunung Rowo dan melihat pemandangannya yang rupawan pastinya capek akan eksklusif hilang.

Aktivitas yang dilakukan di Waduk Gunung Rowo sangat beragam. Anda dapat sekedar duduk-duduk menikmati pemandangan, atau bisa juga memancing ikan di pinggir danau. bagi pehobi mancing, mancing di Gunung Rowo pasti akan sangat menarik. apabila tidak ingin memancing dan ingin menikmati ikan, anda dapat membelinya di warung sekitar Waduk. Di sekitar waduk ada banyak warung yang menjual aneka jajanan dan juga kuliner ikan.

Gambar Waduk Gunung Rowo Pati Jawa Tengah

Google Adsense Here