Wisata Grojogan Sewu Tawangmangu yang Indah

Google Adsense Here

Wisata Grojogan Sewu Tawangmangu yang Indah, – Wisata alam berupa pegunungan merupakan salah satu tujuan wisata yang paling banyak diminati oleh para wisatawan. Selain ingin menikmati hawa udara yang sejuk, wisatawan biasanya juga ingin menikmati pemandangan berupa pegunungan yang hijau. Tempat wisata menyerupai ini sering dipadati oleh penginjung di ketika liburan atau weekend tiba. Di Jakarta anda dapat menikmati udara yang sejuk di daerah Puncak Bogor. Sudah sering dibahas di media televisi kalau tempat ini selalu menjadi favorit warga Jakarta yang ingn menghabiskan liburan bersama keluarga ataupun kerabat dekat. Jika di Jakarta orang menghabiskan waktu liburan di Puncak, di Solo, orang biasanya memilih daerah Tawangmangu untuk dijadikan sebagai lokasi wisata alam. Di tempat ini memiliki karakteristik hampir menyerupai dengan Kawasan Puncak Bogor dimana terdapat pemandangan berupa pegunungan yang hijau serta udara yang sejuk. Di Kawasan ini banyak terdapat Villa dan hotel yang siap dijadikan sebagai tempat menginap bersama rombongan.

Wisata Grojogan Sewu Tawangmangu yang Indah




Salah satu Tempat wisata yang ditawarkan di kawasan Tawangmangu yaitu Grojogan Sewu. Kata “Grojogan Sewu” merupakan sebuah kata dalam bahasa Jawa yang artinya Air Terjun Seribu. Orang Jawa menyebut sesuatu yang yang banyak dengan seribu, jadi mungkin kata seribu ini memiliki arti bahwa riam ini merupakan riam yang besar yang mengalirkan banyak air. Tempat wisata Grojogan Sewu ini menjadi pujian warga masyarakat Karanganyar Jawa Tengah alasannya yaitu memiliki keindahan alam yang luar biasa cantik serta pemandangan yang sangat eksotis.

Google Adsense Here

Lokasi Wisata Grojogan Sewu Tawangmangu

Obyek wisata Grojogan Sewu Tawangmangu terletak di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Lokasi wisata ini kurang lebih dapat ditempuh sekitar 1,5 jam dari Kota Surakarta. Suasana pegunungan di Tawangmangu alasannya yaitu letaknya terdapat di lereng Gunung Lawu.

Keindahan Alam Grojogan Sewu Tawangmangu

Destinasi wisata Grojogan Sewu di Tawangmangu merupakan sebuah riam dengan ketinggian sekitar 81 m. Bisa diayangkan betapa indahnya riam ini. Air terjun ini dikelilingi hutan yang masuk dalam Kawasan Konservasi yang dikelola oleh KSDA. Untuk hingga di lokasi Grojogan Sewu ini diharapkan perjuangan yang lumayan berat. Pengunjung harus menuruni anak tangga yang julahnya sekitar 1000 an anak tangga. Di beberapa tikungan anak tangga ini terdapat Gazebo yang dapat dimanfaatkan untuk istirahat apabila capek. Disepanjang anak tangga biasanya akan disambut oleh puluhan monyet yang hidup dengan liar. Tak jarang monyet-monyet ini “merampas” plastik yang dibawa oleh pengunjung. Oleh alasannya yaitu itu hati-hati ya. Setelah menuruni anak tangga barulah anda akan disuguhkan dengan pemandangan berupa air Terjun Grojogan Sewu. Di area Grojogan sewu sudah terdapat bak rengan yang digunakan untuk putra-putri kita untuk berenang.

Fasilitas di Grojogan Sewu Tawangmangu

Disekitar Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu kita dapat temui banyak sekali kemudahan yang diperuntukkan bagi wisatawan, menyerupai bak renang, warung yang menjajakan aneka makanan, dll. Selain itu di kawasaan Tawangmangu sendiri banyak ditemui hotel-hotel serta vila yang dapat anda sewa untuk keperluan liburan bersama keluarga anda.

Mitos Seputar Grojogan Sewu Tawangmangu

Air yang mengalir dari Wisata Grojogan Sewu Tawangmangu yang Indah kemudian mengalir melalui sebuah sungai yang cukup deras airnya. Sungai ini membelah daerah wisata Tawangmangu menjadi dua. Sebagai penghubungnya dibuatlah sebuah jembatan yang letaknya persis di depan Grojogan sewu. Jembatan ini sering dijadikan foto bersama alasannya yaitu pemandangnnya memang sangatlah bagus. Di sisi seberang sungai pengunjung dapat menikmati hutan wisata yang sangat lebat. Dengan ditumbuhi pohon pinus yang tinggi menjulang, mengakibatkan suasana lebih sejuk dan asri. Nah, ada sedikit mitos yang berkembang di lokasi Grojogan Sewu Tawangmangu ini. Konon katanya bila anda berkunjung ke Tawangmangu bersama kekasih yang belum menikah atau pacar, dan berjalan menyeberangi jembatan ini, maka hubungannya akan kandas dan tidak akan hingga ke jenjang pernikahan. Namun ini tidak berlaku bagi pasangan yang sudah menikah ya, hehe. Maka bila anda percaya dengan mitos ini, kalau pergi bersama pacar, jangan menyeberangi jembatan ya, cukup di area taman, tidak usah ke hutannya. Namun semua itu kembali lagi ke setiap individu masing-masing, apakah mau percaya atau tidak.

Kuliner seputar Kawasan Tawangmangu

Sebelum hingga ke Wisata Grojogan Sewu Tawangmangu yang Indah kalau dari arah Solo akan anda temui Pasar tradisional Tawangmangu. Disini anda dapat berbekanja banyak sekali macam buah tangan khas dari Tawangmangu. Jajanan yang khas dari sana yaitu berupa cemilan keripik ketela ungu. kemudian anda juga dapat menemui banyak sekali macam sayuran menyerupai wortel, kubis dll alasannya yaitu daerah Tawangmangu ini merupakan pusat budidaya sayuran alasannya yaitu iklimnya sangat mendukung. Oh ya apa bila berkunjung ke Tawangmangu jangan lupa menikmati sajian khas berupa sate kelinci. Di sepanjang jaan banyak sekali ditemui penjual sate kelinci ini. (Baca : Tempat Wisata di Karanganyar Jawa Tengah )

Google Adsense Here