Wisata Gunung Sindoro Temanggung

Google Adsense Here
Wisata Gunung Sindoro, ya gunung sindoro merupakan salah satu gurung berapi yang masih aktif di Pulau Jawa, gunung sindoro ini terletak di Kabupaten Temanggung Provinsi Jawa Tengah. Gunung Sindoro ini memiliki ketinggian sekitar 3.150 meter dan sekitar 10.335 kaki dari permukaan laut dengan ketinggiannya dan indahnya alam tersebet maka banyak pendaki yang ingin mencoba sensasi dan mengeksplor gunung berapi Sindoro tersebut.
Selain gunung sindoro sebetulnya ada satu gunung lagi yang berada di Temanggung yaitu gunung sumbing kedua gunung tersebut memang saling berdekatan, sangat elok jikalau dilihat dari kejauhan kedua gunung tersebut. Memang Sang pencipta menciptakan suatuhal dengan keindahan dan kelebihannya. Rute untuk menuju sindoro jikalau kalian dari arah jogja anda mampu gunakan jalur magelang – wonosobo, dan jikalau dari arah barat anda mampu lewat jalur banjarnegara-wonosobo, jikalau kalian dari arah semarang ada mampu melewati jalur alternatif menuju temanggung.
Nah Sekarang saya akan ceritakan pengalaman menarik saat kami akan mendaki gunung sindoro tersebut. Semua berawal saat selesai pekan tiba dan saat semua orang binggung untuk mengisi hari libur untuk melaksanakan hal apa, nah maka terbesit dalam pemikiran salah satu sahabat untuk mendaki gunung , tetapi sayangnya kita beliau mempunyai inspirasi tersebut kami belum tau gunung apa yang akan kita daki. Karena kami berasal dari jogja dan jikalau kita mendaki gunung Merapi atau gunung Merbabu itu ialah yang sudah biasa maka hari itu pun kita pastikan untuk mendaki gunung sindoro yang ada di Kabupaten Temanggung.
Ya Semua memang serba dadakan dan sangat kurang persiapan tetapi alasannya semua sudah sering mendaki jadi hal semacam itu sudah sangat biasa, mungkin hal ibarat ini juga yang dilakukan para backpaker dalam menjelajahi suatu tempat mereka tidak merencanakan jauh-jauh hari hehehe. kita lanjutkan. setelah tempat yang kita tuju sudah pasti maka di hari itu juga kita menyiapkan peralatan untuk pendakian ibarat tenda, alat masak dan lain-lainnya.
Kami berangkat dari kota jogja sudah sangat sore sekali kira-kira pukul 04.00 sore, padahal tempat yang kita akan tuju sama sekali belum ada yang tahu posisinnya dimana, kita hanya mengandalkan salah satu sahabat yang tau jalan untuk menuju tempat Temanggung. Ya beginilah resiko jikalau kita tidak merencanakan sesuatu hal, tetapi hal tersebut malah mengasikkan bagi kami hehehe. Kitapun akirnya berangkat dan mengikuti aba-aba dari salah satu sahabat kita, tak semulus yang kita duga banyak duduk perkara yang terjadi saat diperjalanan dari kita tersesah dan lainnya.
Singkat dongeng kita pun kesannya sudah hingga di tujuan kira pukul 08.00 itu terlalu lama untuk ditempuh padahal biasanya untuk perjalanan Jogja – wonosobo hanya 2,5 jam saja. Karena sudah malam kita pun kesannya pribadi menuju basecamp yang pertama untuk melaksanakan pendaftaran kepada pengelola tempat tersebut. Dan kita mulai berdoa untuk perjalanan pendakian ini dan go kitapun pribadi naik.
Dengan tubuh yang masih sangat lelah alasannya perjalanan yang cukup jauh, kitapun berlahan – lahan menyusuri jalan pendakian, ya semua terasa biasa saja saat kita menuju ke basecamp yang kedua perjalanan masih sangat landai dan belum ada rintangan yang berarti, tetapi setelah basecamp yang kedua maka pendakian yang bekerjsama gres kita lakukan. Untuk medan di gunung sindoro ini mampu dibilang cukup menguras tenaga alasannya medan yang ada terdiri dari tanjakan berbatuan semua, tidak ada landai – landainnya, heheh. Tetapi dengan perjalanan tersebut jikalau kita lakukan dengan senang hati dan juga saling bercanda dengan sahabat maka semua medan yang cukup berat sama sekali tidak berasa.
Berjalan mendaki terus dan terus dan Kita kesannya hingga juga di basecamp saat kira-kira pukul 03.00 dinihari. Taara semua diluar perkiraan yang tadinya kita sudah rencanakan, untuk basecamp ketiga ini memang merupakan basecamp terakhir jadi semua pendaki telah mendirikan tenda-tenda disini dan akhirnnya kitapun tidak ada tempat untuk mendirikan tenda alhasil kita hanya mampu beristirahat di tempat-tempat yang rimbun dengan rerumputan dan dijalur anutan air yang kering, semua itu dikarenakan udara disana memang sangatlah hirau taacuh ,tetapi ada juga sahabat yang tidak beristirahat mereka mencoba membuat api unggun untuk menghilangkan rasa hirau taacuh yang menusuk tulang sambil menunggu sunrise, ternyata benar saja tidak lama kemudian yang kita tunggu kesannya menampakkan cahayannya yaitu matahari sudah mulai muncul dari arah timur dan pemangangan jadi sangat cantik dengan menampilkan gunung – gunung disisi lain. memang kuasa sangat pencipta benar-benar tiada duannya. 

Google Adsense Here
Setelah semua pemandangan yang cantik itu kita nikmati kesannya kita putuskan untuk melanjutkan menuju puncak sindoro. Badan memang terasa sangat lelah tapi impian untuk mampu hingga puncak sindoro itu yang membuat kami merasa bahwa perjalanan tersebut sangatlah menarik dan menantang. Memang benar sepanjang perjalanan pemandangan disekitar sangatlah cantik apalagi saat ada awan yang lewat kita berasa ibarat diatas awan atau negeri diatas awan heheh. Akhirnya kita hingga puncak dan semua rasa lelah terbayar dengan kepuasan dari indahnnya pemandangan dari Puncak sindoro.

Sekian pengalaman menarik yang mampu saya share ke temen-teman memang saat kita mendaki sebuah gunung maka rasa bahwa diri kita itu tidak ada apa-apanya dibandingkan Yang Mahakuasa itu sangat berasa, selain itu juga kita mampu mengenal lebih jauh ihwal diri kita sebenarnya. Dan initnya juga saat kita mengunjungi tempat gres jangan hingga kita meningalkan hal apapun itu kecuali kenangan yang indah. Oke sekian salam Traveller.

Google Adsense Here