Wisata Pantai Dampo Awang di Pusat Kota Rembang

Google Adsense Here

Wisata Pantai Dampo Awang di Pusat Kota Rembang, – Kalau bicara tetang daerah wisata di Kabupaten Rembang nampaknya tak mampu dilepaskan dari salah satu wisata yang terkenal ini yaitu Pantai Dampo Awang. Pantai ini sangat mudah ditemukan alasannya ialah berada sempurna di sentra Kota Rembang. Pantai Dampo Awang sendiri memiliki nama lain yang sangat terkenal yaitu Taman Kartini, bahkan ada juga yang menyebut dengan Pantai Kartini. Hal itu alasannya ialah dahulu Pantai Dampo Awang memiliki nama resmi Taman Rekreasi Pantai Kartini. Setelah pengelolaannya diserahkan ke pihak swasta namanya diubah menjadi Pantai Dampo Awang atau dalam bahasa Inggrisnya Dampo Awang Beach. Makara jangan hingga salah ya dengan wisata pantai yang ada di Jepara.

Fasilitas Pantai Dampo Awang

Pantai Damp Awang termasuk pantai yang sudah banyak dilakukan pembenahan dari pihak pengelolanya, sehinga kemudahan yang terdapat di dalamnya juga sudah dibangun sedemikian rupa. Pengunjung dapat menikmati bernagai macam kemudahan di Pantai Dampo Awang sebagai berikut :
    Taman bermain anak
    Kolam renang
    Pantai berpasir putih
    Jangkar Dampo Awang
    Anjungan
    Panggung hiburan
    Perahu wisata
    kios cinderamata
    Kolam buaya
    Permainan air (banana boat)

Google Adsense Here

Kenapa disebut Dampo Awang ?

Nama Dampo Awang diambil dari nama sebuah jangkar raksasa yang terdapat di pantai ini. Konon ceritanya, dahulu Sam Phoo Khong pernah berlayar melintasi Laut Jawa untuk tujuan ekspedisi, namun kapal yang dikemudikannya diterjang gelombang laut yang ganas. Akibat dari tornado ini rantai jangkar terlepas dan jangkarnya terdampar di Rembang. Sedangkan leyar kapal tertiup angin hingga jatuh di Pantai Bonang yang kemudian dikenal sebagai kerikil layar. Jangkar yang terdampar di Rembang ini konon sempurna di pantai Dampo Awang ketika ini sehingga pantai ini diberi nama Pantai Dampo Awang. Sedangkan Jangkar Dampo Awang sendiri ketika ini dipajang di lokasi pantai dan dapat dilihat oleh para pengunjung.


Demikian tadi sedikit dongeng wacana tempat wisata Pantai Dampo Awang di Rembang. Jika sedang melintasi Kota Rembang jangan hingga lupa untuk menyempatkan berkunjung ke daerah wisata ini dan tempat wisata di Kabupaten Rembang lainnya.

Google Adsense Here