wisata Pemandian Jolotundo atau umbul Jolotundo Klaten

Google Adsense Here

Pemandian Jolotundo atan umbul Jolotundo terletak di Desa Jambeyan Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten, dan sekitar 8 kilometer dari arah Utara sentra Kabupaten Klaten. Pemandian Jolotundo atan umbul Jolotundo ini memiliki luas sekitar 220 meter persegi dari kompleks areal objek wisata seluas 500 meter persegi. Terdapat 3 bak renang yang memiliki kedalaman yang berbeda, dari mulai 50cm hingga kira-kira 2 meter.

foto by Ig @pemandianjolotundo

Pemandian Jolotundo atan umbul Jolotundo ini merupakan sebuah sumber mata air alami atau umbul yang keluar dari tanah dan kemudian dimanfaatkan sebagai salah satu kawasan wisata alternative di Kabupaten Klaten.

Google Adsense Here

Baca Juga : Menikmati Jernihnya Air di Wisata Umbul Manten Klaten

Memang kawasan ini masih sangat jarang terdengar oleh masyarakat atau para wisatawan, tak ibarat kawasan wisata umbul atau sumber mata air lainnya ibarat umbul pongok, umbul manten dan yang lainnya yang sudah terkenal hingga keseluruh negri.

Makara sangat di sayangkan padahal bila dilihat dari prospek serta pendukung lainnya, seharusnya kawasan ini dapat bersain denga kawasan wisata umbul lainnya. Makara ayo coba eksplor kawasan wisata ini dijamin gak bkal nyesel deh.

foto by Ig @dyaharymarwati 

Selain itu terdapat sebuah kisah rakyat yang terkenal yakni adanya seorang gadis yang memiliki suatu penyakit, dan kemudian mandi ditempat ini dan karenanya dapat sembuh setelah terkena /tertusuk sebuah siput. Dan ada mitos lain yakni masyarakat sekitar sangat mempercayai atau menganggap akan celaka bila menanam pohon pisang di sekitar umbul.

Disini juga terdapat watu yang membentuk tapak kaki, konon watu tersebut pernah diinjak oleh Bisma, tokoh ksatria dalam pewayangan, watu tersebut hingga sekarang masih ada, dan orang-orang menyebut watu tersebut ‘Tepak Bisma’.

Baca Juga : 6 Tempat Wisata Di Klaten Yang Paling Sering Dikunjugi Wisatawan

Untuk Tiket masuk ke kawasan wisata pemandian ini Rp.4000,-/orang. Air di pemandian ini masih alami, tidak dikasih kaporit kaya pemandian-pemandian umum kebanyakan. Ada banyak sekali kemudahan yang disediakan pengelola, antara lain: toilet, kamar ganti pakaian, mushola, dan kantin.

Google Adsense Here