Wisata Seru Naik Sepur Kluthuk Jaladara

Google Adsense Here

Wisata Seru Naik Sepur Kluthuk Jaladara, – Tahukah kau keunikan Kota Solo ? Jawabannya banyak, salah satunya yakni kereta uap Jaladara. Kereta dalam bahasa jawa disebut dengan sepur, sedangkan kluthuk artinya kuno. Oleh alasannya itu orang solo lebih familiar menyebut kereta uap Jaladara dengan Sepur Kluthuk Jaladara. Sepur Kluthuk Jaladara ini merupakan salah satu terobosan dari Pemerintah Kota Solo untuk menarik perhatian para wisatawan, sehingga wisatawan lebih banyak berkunjung ke Kota Solo.

Sepur Kluthuk Jaladara diluncurkan mula tanggal 27 September 2009 yang merupakan kereta api buatan Jerman tahun 1896 dengan gerbong terbuat dari kayu. Dalam satu rangkaian kereta uap Jaladara ini terdiri atas satu lokomotif Seri C 1218 dan dua gerbong penumpang dengan Seri TR 144 dan TR 16. Pada ketika peresmian dihadiri oleh Menteri Perhubungan Jusman Syafi’i Djamal bersama Gubernur Jawa Tengah dan Walikota Solo Joko Widodo bertempat di Loji Gandrung, Rumah Dinas Walikota Solo. Kereta ini menggunakan materi bakar dari kayu dan untuk sekali jalan membutuhkan sekitar 3 kubik kayu. Lumayan besar biaya yang harus dikeluarkan untuk ukuran transportasi masal. Namun alasannya tujuannya untuk pariwisata, tidak ada salahnya menunjukkan kepada pengunjung pengalaman tersendiri yaitu menaiki kereta api model lama yang begitu klasik.

Google Adsense Here

Rute yang dilewati Sepur kluthuk Jaladara ini yakni dari Stasiun Purwosari hingga Stasiun Kota Sangkrah yang kira-kira berjarak 5.6 kilometer melewati Jalan Slamet Riyadi. Dalam perjalannya Sepur Kluthuk Jaladara ini juga akan singgah di beberapa lokasi wisata Kota Solo seperti  Kampung Laweyan, Loji Gandrung, Ngapeman, Pasar Pon, Keraton, Gladak, dan lain-lain.

Lantas pertanyaannya yakni berapa tarif tiket Sepur Kluthuk Jaladara ini ? Tarif Kereta Uap Jaladara ini mampu dibilang cukup mahal. Untuk menaikinya pun juga tidak mampu dilakukan secara sendiri-sendiri,  namun harus dipesan secara rombongan. Sepur Kluthuk Jaladara dapat membawa maksimal 80 penumpang dengan biaya Rp 3.250.000,00. Biaya ini dipergunakan untuk membiayai materi bakar berupa lima meter kubik kayu jati dan 3 masinis serta 3 tangan kanan masinis yang menyalakan kereta tersebut. Untuk menikmati kemudahan paket layanan ini, tarif satu kali perjalanan pulang pergi biaya yang dikenakan Rp 360.000,00 per orang (paket 25 penumpang), Rp 290.000,00 (paket 35 orang penumpang), dan Rp 150.000,00 (paket 80 orang penumpang).

Baca : 12 Tempat wisata Solo Paling Ramai

Demikian tadi isu wisata Solo wacana Wisata seru naik sepur Jaladara. Semoga dapat menunjukkan isu yang ekurat wacana wisata Solo untuk liburan anda selanjutnya.

Google Adsense Here